Pesan Barrack Obama di Kongres Diaspora Indonesia. Mantan Presiden Amerika Serikat Ini Kasih Pesan-Pesan Inspiratif Berikut Kepada Generasi Muda Indonesia

Photocredit: antaranews

Pesan Barrack Obama di Kongres Diaspora Indonesia. Mantan Presiden Amerika Serikat Ini Kasih Pesan-Pesan Inspiratif Berikut Kepada Generasi Muda Indonesia

266
Beberapa poin penting dari pidato Barrack Obama saat Kongres Diaspora Indonesia.

Beberapa hari yang lalu, di Indonesia sedang berlangsung Kongres Diaspora Indonesia, tepatnya di Jakarta dengan Barrack Obama sebagai pembicara utama dalam kongres tersebut. Barrack Obama yang merupakan Mantan Presiden Amerika Serikat ke-44 berkunjung ke Indonesia untuk menghabiskan liburan di beberapa kota setelah lengser dari kursi kepresidenan. Indonesia merupakan negara pertama di Asia yang dikunjungi oleh Barrack Obama setelah ia tidak lagi menjabat sebagai presiden Amerika Serikat. Kedatangannya juga merupakan undangan dari Presiden Joko Widodo. Undangan dilayakngkan saat Barrack Obama masih menjabat sebagai Presiden Amerika Serikat.

Kongres Diaspora yang berlangsung beberapa hari yang lalu merupakan yang ke empat kalinya diadakan. Dengan mengambil tema "Bersinergi Membangun Negeri", kongres ini merupakan kongres terbesar dalam sejarah dengan dihadiri sekitar 9000 orang dari berbagai latar belakang profesi, baik itu politisi, pemimpin dari berbagai daerah, para menteri, pengusaha, rohaniwan, penyanyi nasional dan internasional, dan sebagainya. Pidato yang disampaikan Barrack Obama sangat menyentil kehidupan bangsa Indonesia saat ini ditambah ia juga menyerukan pada masyarakat untuk terus melakukan kebaikan demi terwujudnya Indonesia yang maju. Nah, bagi kamu, generasi muda, yuk simak poin penting dari pidato mantan Presiden Amerika Serikat ini.


Pentingnya menggaungkan toleransi dan melawan intoleransi

Pentingnya Menggaungkan Toleransi Dan Melawan Intoleransi - Photocredit: kompasiana
Photocredit: kompasiana

Akhir-akhir ini di Indonesia banyak orang mempermasalahkan mengenai toleransi. Indonesia yang memiliki beragam perbedaan harusnya bisa hidup dengan sikap toleransi. Dalam pidatonya, mantan Presiden Amerika Serikat ini mengagumi keberagaman yang hidup di sekitar masyarakat Indonesia. Salah satunya adalah tempat yang pernah masuk dalam 7 keajaiban dunia, Candi Borobudur. Candi Borobudur merupakan candi Buddha yang sudah berdiri kokoh ribuan tahun dan dijaga oleh kita sebagai warga negara Indonesia yang mayoritasnya beragama muslim.

Pernah terlintas nggak sih Sahabat Trivia bahwa dengan menjaga candi ini juga sudah merupakan bentuk toleransi?

Selain itu, mantan Presiden Barrack Obama menitikberatkan pada generasi muda untuk selalu menggaungkan toleransi dan melawan intoleransi. Bukankah yang akan memimpin nantinya adalah kita, Sahabat Trivia. Dengan sikap toleransi, kita mampu menghargai perbedaan dengan berkomunikasi bersama sehingga memperoleh titik temu, bukan dengan menjatuhkan satu sama lain. Benefit lainnya adalah kita mampu hidup berdampingan dan tidak akan adanya masyarakat yang terpecah belah. 


Generasi muda yang harus cepat beradapatasi dengan globalisasi, teknologi, dan informasi

Generasi Muda Yang Harus Cepat Beradapatasi Dengan Globalisasi, Teknologi, Dan Informasi - Photocredit: emaze
Photocredit: emaze

Tidak dipungkiri dengan kemajuan teknologi dan informasi saat ini membuat arus globalisasi cepat sekali menyerang. Salah satu dampaknya adalah lancarnya arus informasi dari berbagai belahan dunia melalui media sosial. Media sosial juga dijadikan sebagai ajang bersosialisasi dan mampu membuat koneksi antara satu dengan yang lainnya di seluruh dunia. Eits, jangan langsung terlena ya, Sahabat Trivia karena di balik itu semua terselip kebobrokan yang sering terjadi di media sosial beberapa tahun belakangan, yaitu maraknya propaganda dan berita palsu yang tersebar di kalangan masyarakat. Sahabat Trivia pastinya tahu bahwa di Indonesia sendiri marak sekali dengan berita palsu. Belum lagi media yang jarang menampilakan fakta yang seharusnya bisa menjadi problem solving. 

Barrack Obama memberi pesan untuk kita, generasi muda, agar cepat beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi.

Ia juga menyampaikan bahwa setiap perubahan belum tentu membawa kebaikan. Ambil keuntungan dari setiap perubahan jika itu menguntungkan bagi dirimu dan bangsamu karena kita yang hidup di tengah-tengah kepraktiksan terkadang terlena dengan apa yang sudah tersedia di depan mata.



Semboyan Bhinneka Tungga Ika bukan hanya semboyan semata, tetapi harus diterapkan di kehidupan sehari-hari

Semboyan Bhinneka Tungga Ika Bukan Hanya Semboyan Semata, Tetapi Harus Diterapkan Di Kehidupan Sehari-hari  - Photocredit: alkautsar
Photocredit: alkautsar

Bhinneka Tunggal Ika atau Unity in Diversity merupakan semboyan bangsa Indonesia yang artinya berbeda-beda, tetapi tetap satu. Sebelum merdeka, Indonesia memang sudah hidup dengan perbedaan hingga saat ini. Perbedaan agama, suku, budaya, adat, bahasa daerah membuat Indonesia tergolong negara yang memiliki keunikan tersendiri. Bukankah sesuatu yang unik itu tidak biasa, Sahabat Trivia?

Mantan Presiden Barrack Obama bahkan memuji keberagaman yang terjadi di Indonesia dan bangga menjadi bagian dari bangsa ini.

Dalam pidatonya, Barrack Obama mengatakan untuk selalu menjunjung tinggi keberagaman. Contoh kecil dari lingkungan sekitar yang bisa Sahabat Trivia ambil adalah saat kamu memiliki teman dari berbeda daerah. Setiap daerah memiliki budaya dan adat istiadat yang berbeda satu sama lain. Dengan berteman, kamu tidak hanya menghargai keberagaman, tetapi juga ikut mempelajarinya. Menarik kan, Sahabat Trivia? Sehingga semboyan Bhineka Tunggal Ika tidak hanya sebagai semboyan semata, tetapi bisa diterapkan di setiap aspek kehidupan yang nantinya akan menumbuhkan sikap solidaritas sesama masyarakat walaupun memiliki perbedaan.

BACA JUGA


Jadilah Generasi Muda yang Positif. Ini Hal-Hal yang Harus Kamu Hindari, Sahabat Trivia

Jadilah Generasi Muda yang Positif. Ini Hal-Hal yang Harus Kamu Hindari, Sahabat Trivia

Dunia remaja memang menyenangkan, banyak hal-hal baru yang bisa dilakukan secara individual maupun berkelompok dan tidak memberikan ...

Read more..

Nah, di atas merupakan poin penting dari pidato Mantan Presiden Amerika, Barrack Obama Serikat saat Kongres Diaspora Sabtu (1/7/2017) kepada generasi muda. Poin penting di atas harus banget Sahabat Trivia ingat dan juga terapkan di lingkungan sekitar. Jadi, jangan lupa ya, Sahabat Trivia! Semangat untuk kita sebagai Generasi Muda Indonesia!





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pesan Barrack Obama di Kongres Diaspora Indonesia. Mantan Presiden Amerika Serikat Ini Kasih Pesan-Pesan Inspiratif Berikut Kepada Generasi Muda Indonesia". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Zara Widya | @zarawdy

Visit hey-raa.blogspot.co.id

Silahkan login untuk memberi komentar