Polisi Umumkan 'Operasi Zebra'. Berikut 7 Tipe Orang Saat Ditilang. Kamu Masuk Tipe yang Mana Nih?

Image source: Republika

Polisi Umumkan 'Operasi Zebra'. Berikut 7 Tipe Orang Saat Ditilang. Kamu Masuk Tipe yang Mana Nih?

569
Sebagai warga negara yang baik, kamu harus mematuhi peraturan yang berlaku. Termasuk peraturan berkendara.

Kepolisian Republik Indonesia kembali mengumumkan adanya 'Operasi Zebra' yang akan dilaksanakan pada tanggal 1-14 November 2017. 'Operasi Zebra' ini akan dilaksanakan di seluruh ruas jalan di Indonesia. Diharapkan dengan adanya 'Operasi Zebra' ini seluruh pengguna jalan dapat mematuhi peraturan berkendara. Sebagai warga negara yang baik sudah seharusnya kita mentaati peraturan yang berlaku dimanapun kita berada.

Namun, banyak nih tipe orang yang ada saat operasi yang ditemui oleh petugas polisi. Tipe-tipe orang inilah yang selalu dihadapi oleh petugas saat sedang melaksanakan 'Operasi Zebra'. Pasti kamu pernah menjadi salah satu dari ketujuh tipe orang ini deh.


1. Menghadapi dengan pasrah

Image source: Tribunnews

Tipe yang seperti ini sudah nggak punya alasan lagi dan memilih untuk pasrah ditilang saja daripada urusan tambah panjang. Tadinya mau meminta keringanan sambil memberi "uang damai", tapi takut jadi pasrah saja saat ditilang. Sisi positif dari tipe orang ini, dia lebih bisa menerima akibat dari kesalahan yang dia perbuat dan ada kemungkinan dia tidak akan melakukan kesalahan yang sama lagi di kemudian hari.


2. Mengaku sebagai kerabat orang penting

Image source: Juraganunik

Tipe ini biasanya mengandalkan kerabatnya yang memiliki jabatan tertentu. Hal ini diharapkan dapat membantunya untuk lolos dari jeratan tilang. Ada yang benar kenal ada yang pura-pura kenal juga. Kebiasaan ini cukup lazim dilakukan oleh para pengemudi juga lho! Tak jarang hal ini malah dijadikan tameng oleh tipe orang ini agar dia disegani.


3. Mundur perlahan

Image source: twitter.com/thepopoh

Daripada ditilang, mending mundur saja deh pelan-pelan. Biasanya tipe pelanggar ini panik saat melihat polisi karena tahu dia melanggar dan tidak mau kena tilang. Apalagi kalau tipe orang ini sudah terlanjur dilihat petugas pemeriksa. Pasti semakin takut deh. Ingat, kalau tidak mau ditilang jangan melanggar peraturan ya!


4. Putar balik sih, tapi kok....

Image source: Kaskus

Sudah melanggar peraturan, terus mencoba menghindari 'Operasi Zebra' dengan melanggar peraturan lagi. Melanggar peraturan ganda seperti ini sering banget terjadi saat 'Operasi Zebra'. Tipe pengendara ini juga paling tidak disukai sama para pejalan kaki lho! Karena secara tidak langsung pengemudi ini sudah melanggar hak pejalan kaki yang diatur dalam Pasal 275 Ayat (1) UU No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (UU LLAJ). Pelanggaran pasal UU LLAJ ini bisa dikenakan pidana dengan kurungan paling lama 1 bulan atau denda paling banyak Rp250,000 lho! Belum lagi pelanggaran lain yang membuat kamu menghindari 'Operasi Zebra'. Jadi, tambah rugi, kan?


5. Memberikan "uang damai"

Image source: Dream

"Maaf ya pak/bu, saya tidak sengaja nih melanggar, apa tidak bisa diberi keringanan saja?". Biasanya kalimat ini diucapkan sambil menyisipkan uang di tangan polisinya. Trik ini sering banget dilakukan sama para pelanggar nih biasanya. Kebiasaan ini bahkan sudah lazim dilakukan banyak orang. Kelihatannya sepele, tapi kalau hal ini malah bisa menjerumuskanmu ke perkara lain dan kerugianmu akan semakin bertambah lho! Nggak mau kan hanya karena beberapa lembar uang masalahmu jadi bertambah? Hayo, ada yang pernah melakukan hal ini juga nggak?


6. Marah-marah


Sudah salah, tapi malah ngotot dan tidak terima saat ditilang. Terkadang petugas juga yang kena sasaran amarahnya. Tipe ini bisa saja sedang stres dengan pasangan tahu pekerjaannya sehingga meluapkan amarahnya tanpa berpikir panjang. Seharusnya sebanyak apapun masalahmu lebih baik tidak menambahkan masalah baru seperti tidak membawa kelengkapan berkendara. Agar tidak membuatmu semakin stres juga, kan? Petugas 'Operasi Zebra' harus kuat mental nih menghadapi tipe yang satu ini.


7. Taat peraturan tapi "khilaf"

Image source: terselubung.

Tipe yang seperti ini lagi kurang mujur saja, saat sedang tertinggal kelengkapan berkendara dan harus melewati area 'Operasi Zebra'. Tipe seperti ini akan bersedia untuk ditilang dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi dan benar-benar melaksanakan janjinya. Tapi, akan lebih baik jika kelengkapan berkendaramu selalu dibawa agar tidak merugikanmu saat diadakan pemeriksaan atau 'Operasi Zebra' seperti ini.

BACA JUGA


Qute, Bajaj Roda 4 dan Deretan Kendaraan dari Masa ke Masa di Indonesia

Qute, Bajaj Roda 4 dan Deretan Kendaraan dari Masa ke Masa di Indonesia

Qute, bajaj roda 4 sudah beroperasi nih di Jakarta. Kamu sudah mencobanya belum

Read more..

Kira-kira kamu masuk tipe orang yang mana nih, Sahabat Trivia? Sebagai generasi muda, kita harus bisa menjadi warga negara yang baik dengan mematuhi peraturan lalu lintas ya. Pastikan kelengkapan berkendara sudah dibawa sebelum berpergian bukan hanya selama 'Operasi Zebra' berlangsung saja, tetapi setiap hendak berpergian. Dengan mematuhi peraturan yang berlaku, kita sudah ikut andil dalam memajukan bangsa ini juga lho! Patuhi peraturan yang berlaku ya, Sahabat Trivia!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Polisi Umumkan 'Operasi Zebra'. Berikut 7 Tipe Orang Saat Ditilang. Kamu Masuk Tipe yang Mana Nih?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Nadhira Rahmania | @nadhirarahmania

Silahkan login untuk memberi komentar