Pondok Pesantren dan Segudang Kegiatan Bermakna yang Akan Menginspirasimu Menjadi Santri

photo credit: eurekapendidikan

Pondok Pesantren dan Segudang Kegiatan Bermakna yang Akan Menginspirasimu Menjadi Santri

689
Menjadi santri, walau akan digembleng dengan penuh paksaan dan juga kewajiban, tapi akhirnya kamu pasti akan menjadi orang yang lebih mandiri dan juga teguh pendirian dibandingkan yang lain.

Banyak hal yang bisa diajarkan di pesantren dan bukan hanya kegiatan yang bentuknya mendekatkan diri kepada Allah. Ada hal lain di pesantren yang sering membuat para santri belajar banyak untuk memahami kehidupan bermasyarakat, saling memahami, saling toleransi, bahkan saling berbagi. Nah, penasaran dengan kisah seru para santri? Semoga kamu terinspirasi ya untuk menjadi santri!


1. Sholat berjamaah itu hukumnya wajib

photo credit: media.irham.asia

Kalau kamu sedang berada di pesantren dan berulang kali mendengar bunyi bel dan setelah itu adzan, berarti kegiatan para santri selanjutnya adalah sholat berjamaah. Tahukah kamu? Santri memang selalu punya banyak aturan yang harus dilakukan. Dan di saat kamu sedang berada di pesantren, kamu akan dihukumi wajib untuk melaksanakan semua kegiatan yang telah termaktub di dalam jadwal yang telah dibuat dan disepakati oleh para dewan pengajar. Sedangkan makna yang terkandung dalam sholat berjamaah adalah tentang disiplin dengan waktu dan juga taat pada Sang Maha Kekal. Santri yang telah terbiasa sholat jamaah dengan rajin, mereka akan merasakan manfaat dari sholat berjamaah ini. Mereka akan menjadi terbiasa untuk berdisiplin dan juga lebih menghargai waktu.


2. Setoran hafalan harus segera dirampungkan

photo credit: eurekapendidikan

Kamu belajar menghargai ilmu yang diberikan oleh Pak Kyai ketika kamu menyetorkan hafalanmu. Apa pun ilmu yang didapat oleh kamu saat di pesantren, akan diberi perintah untuk menghafalkan dan juga setor hafalan. Dari sini, kamu akan belajar menjadi orang yang menghargai dan juga bertanggung jawab. Kamu harus menyetorkan hafalan mengajimu dan juga bertanggung jawab dengan semua yang telah kamu hafalkan dengan cara mengamalkannya sedikit demi sedikit.

Makna dari setoran hafalan ini adalah belajar untuk mengamalkan apa yang kamu dapatkan ketika kamu sudah selesai mempelajarinya.


3. Makan bersama adalah tanda persahabatan yang tidak sebanding dengan apa pun

photo credit: gadgetlive

Jumlah santri yang banyak, akan memaksamu untuk saling mencari teman dan berkenalan bukan? Selain itu, kamu akan merasakan adanya persahabat di sana. Ketika kamu sudah mendapatkan teman di sana, kamu akan senang melakukan segala aktivitas secara bersama-sama dengan mereka. Makan bersama pun akan menjadi agenda yang melekatkan persahabatan. Saat kamu makan bersama dengan sahabat-sahabatmu tadi, kamu akan merasakan bagaimana indahnya kebersamaan.


4. Tidur bersama bukanlah hal yang tabu saat kamu di pesantren

photo credit: pesantrenrafah


Berbagi di pesantren bukan lagi hal yang aneh. Kamu akan terbiasa menjadi orang yang gemar berbagi saat kamu tahu bagaimana rasanya menjadi orang lain yang tidak seberuntung kamu atau mungkin sama-sama belum beruntung. Saat kamu akan tidur di rumah, kamu merasa tempatmu sangat luas. Berbeda lagi ceritanya jika kamu sedang tidur di pesantren, kamu akan menemukan tempat tidur yang hanya beralaskan kasur lantai dan satu kasur itu harus muat oleh 6 orang. Nah loh!


5. Budayakan antre saat mandi, ambil makan bahkan mengaji

photo credit: sharingdisini

Yang menjadi ciri khas lain dari santri adalah suka mengantre dan harus mau mengantre. Tahukah kamu makna di balik antrian yang panjang di pesantren? Semua itu adalah uji nyali tentang kesabaran. Jika kamu merasa tidak sabar dengan semua masalah yang ada di kehidupanmu, kamu bisa mencoba masuk ke pesantren dan merasakan langsung bagaimana rasanya mengantri untuk mengaji, mandi, bahkan antri saat mengambil makan.


6. Sangat menjaga barang pribadi, terutama sandal

photo credit: passionmagz


Bukan hanya masalah berbagi apa saja yang kamu punya saat kamu di pesantren, kamu juga harus berhati-hati dengan barang pribadimu. Memang, tidak akan ada yang mencuri atau sengaja mengambil barangmu jika kamu sudah menyimpannya dengan benar. Sandal misalnya, akan lari entah ke mana jika kamu tidak pernah tahu dimana sandal kamu berada. Kamu harus selalu siap siaga dengan barang yang rentan hilang di pesantren seperti ini. Jika kamu sudah terbiasa menjaga barang-barang pribadimu, maka kamu akan cenderung lebih rapi karena kamu selalu paham di mana saja kamu menempatkan barang-barangmu.


7. Sabar menunggu kiriman dari orangtua


Uji mental dengan menunggu kiriman yang diberikan oleh orang tua. Bukan hanya masalah uang, kamu akan merasakan bagaimana rasanya menjadi anak yang jauh dari orang tuanya. Kamu akan memiliki mental mandiri karena kamu telah terbiasa menjadi santri yang kehidupannya jauh dari orangtua dan kamu juga akan terbiasa untuk tidak memikirkan bagaimana hidup besok harus terlihat mewah, karena kamu sudah hidup dengan sederhana.


8. Sangat hormat dan patuh pada Kyai

photo credit: layar-tancep


Menghormati orang yang berilmu juga wajib loh! Kenapa seperti itu? Kamu yang tidak mempunyai ilmu jangan sampai sok pintar dengan orang yang sudah jelas-jelas punya pengalaman di bidangnya. Nah, santri inilah yang bisa membuktikan bahwa hidup memang harus menghormati yang lebih tua dan juga orang berilmu. Karena orang yang berilmu derajatnya lebih tinggi dari pada orang yang tidak memiliki ilmu. Iya kan?

BACA JUGA


Yuki Kato Jadi Anak Pesantren. Begini Transformasi Yuki Sebelum ‘Nyantri’

Yuki Kato Jadi Anak Pesantren. Begini Transformasi Yuki Sebelum ‘Nyantri’

Mengaku belajar banyak dari film, kali ini dia kembali dipercaya untuk berperan sebagai santri dalam layar lebar yang bertajuk Cahaya Cinta ...

Read more..

Apakah kamu ingin merasakan suasana di pesantren? Belajarlah banyak hal ketika kamu diberikan kesempatan belajar di sana ya! Tidak ada kesempatan kedua untuk menjadi orang pilihan yang akan digembleng dengan penuh paksaan dan juga kewajiban, tapi akhirnya kamu pasti akan menjadi orang yang lebih mandiri dan juga teguh pendirian dibandingkan yang lain.



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Pondok Pesantren dan Segudang Kegiatan Bermakna yang Akan Menginspirasimu Menjadi Santri". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Annida shf | @roshanaraannida

KEGAGALAN hanya terjadi bila kamu MENYERAH.

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week