Proteksi Smartphone Punyamu dari Malware dan Virus Mulai dari Sekarang. Ini Alasan Kamu Harus Melakukannya!

photo credit: radins

Proteksi Smartphone Punyamu dari Malware dan Virus Mulai dari Sekarang. Ini Alasan Kamu Harus Melakukannya!

754
Kini marak terjadinya pembobolan akun media sosial, baik itu Instagram, Twitter, maupun Facebook. Hal itu dikarenakan para pengguna yang sembrono seringkali mengabaikan perihal proteksi.

Kini marak terjadinya pembobolan akun media sosial, baik itu Instagram, Twitter, maupun Facebook. Hal itu dikarenakan para pengguna yang sembrono seringkali mengabaikan perihal proteksi. Banyak para publik figur yang menjadi sasaran pembobolan tersebut, contohnya Youtubers kondang Bimo PickyPicks. Akun aslinya terkena hack oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Kemudian akun tersebut dijual ke orang lain untuk keperluan bisnis dan lucunya orang yang membeli akun tersebut juga menjualnya lagi kepada orang lain. Pada akhirnya akun tersebut dikembalikan kepada pemilik aslinya yaitu Bimo PickyPicks. Aneh kan! Agar dapat terhindar dari kejadian terebut, simak lima alasan mengapa kamu selalu melakukan proteksi ponsel terhadap serangan virus dan malware ya, Sahabat Trivia!


1. Mencegah agar smartphone tidak lelet


Salah satu tanda jika smartphone mulai terjangkit virus maupun malware adalah sistem berjalan dengan sangat berat. Hal itu dikarenakan karena ada suatu proses dibelakang layar yang sedang menyelinap dan mengakibatkan prosesor berjalan tidak semestinya. Hal ini juga bisa ditandai dengan smartphone yang terasa panas dan baterai cepat habis.


2. Menghindari spam


Pernahkan kalian membuka suatu aplikasi gratis entah itu game atau aplikasi yang belum terpercaya? Mungkin kotak iklan akan bertebaran disela-sela aplikasi tersebut. Nah, itulah yang dinamakan spam. Jangan pernah klik iklan tersebut karena akan membawamu ke tautan lain yang bisa saja virus lebih mudah untuk menjangkit ponselmu.


3. Melindungi dari virus


Install antivirus di smartphone kesayanganmu. Banyak tersedia di AppStore, kok. Bahkan, smartphone zaman sekarang hampir semua menanamkan anti virus bawaan yang sudah tergolong cukup aman. Lakukan pengecekan paling tidak satu bulan sekali agar potensi virus yang masuk semakin kecil.


4. Menghilangkan bloatware


Kamu pernah membeli smartphone yang mempunyai embel-embel garansi distributor? Hati-hati ya karena smartphone tersebut tidak dirilis dari provider resminya. Smartphone terebut sudah dimodifikasi oknum-oknum untuk dipasang sebuah aplikasi bawaan, namun sebenarnya aplikasi tersebut tidak berfungsi apa-apa dan berpotensi menyesakkan memori penyimpanan. Teliti sebelum membeli ya, Sahabat Trivia.


5. Data tidak bisa dibeli


Data tidak bisa dibeli! Siapa sangka foto liburanmu bersama teman teman hilang seketika? Siapa sangka data skripsi yang sudah kamu arsipkan ke email sudah tidak ada wujudnya? Mungkin di saat kamu tidak berada di situasi tersebut akan merasa tenang-tenang saja. Tapi, suatu saat kamu akan sangat menyesal apabila hal tersebut terjadi.

BACA JUGA


Gempa Guncang Deli Serdang, Sumatera Barat Pagi ini. Berikut Ini 9 Aplikasi Terbaik untuk Prediksi Gempa. Wajib Install Di Smartphone Kamu Nih!

Gempa Guncang Deli Serdang, Sumatera Barat Pagi ini. Berikut Ini 9 Aplikasi Terbaik untuk Prediksi Gempa. Wajib Install Di Smartphone Kamu Nih!

Gempa kembali mengguncang Indonesia. Kali ini gempa datang ke Deli Serdang, Sumatera Barat dengan kekuatan 4,5 SR. Berikut ini ada aplikasi ...

Read more..

Nah, itulah alasan mengapa kamu harus memproteksi smartphone dari malware dan virus. Semua hal memerlukan ketelitian dan konsistensi, jangan sampai kalian menyesal kemudian hari ya, Sahabat Trivia.





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Proteksi Smartphone Punyamu dari Malware dan Virus Mulai dari Sekarang. Ini Alasan Kamu Harus Melakukannya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Zaky Faz | @zakyfaz

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week