Puasa Bukan Hambatan Berolahraga. Saat Puasa Nanti, Ini Dia Jenis Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan. Jangan Kasih Kendor!

photo credit: Youtube

Puasa Bukan Hambatan Berolahraga. Saat Puasa Nanti, Ini Dia Jenis Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan. Jangan Kasih Kendor!

2.3K
Kamu bisa melakukan olahraga setidaknya 30 menit saat menjelang waktu berbuka

Puasa jangan dijadikan sebagai alasan untuk kamu malas-malasan dan tidak bersemangat melakukan apa-apa, termasuk berolahraga. Meskipun puasa, kita ternyata tetap harus lho menjaga kesehatan agar tetap bugar, yaitu dengan tetap rutin berolahraga. Sebenarnya, ketika puasa tubuh kita menggunakan cadangan lemak yang ada pada tubuh dan digunakan sebagai energi. Nah, lemak inilah yang dibakar saat olahraga, tentu ini akan berpengaruh bagi kesehatan dan kebugaran tubuh kita, Sahabat Trivia. Namun, saat sedang puasa memang ada kalanya muncul kendala untuk berolahraga. Akan tetapi, kamu pun tetap bisa lho melakukan olahraga meskipun sedang puasa, dengan catatan berikut ini.


  • Kamu bisa melakukan olahraga setidaknya 30 menit saat menjelang waktu berbuka
  • Lakukan olahraga yang ringan
  • Berolahraga mendekati waktu tidur, baiknya dihindari. Alasannya, karena kita tetap harus membiarkan tubuh kita pun beristirahat
  • Usahakan cari tempat yang sejuk untuk melakukan olahraga

Nah, lalu apa saja jenis-jenis olahraga yang tetap bisa kita lakukan, saat puasa nanti? Simak yang berikut ini yuk, Sahabat Trivia!


Yoga

photo credit: The Chopra Center

Biarpun sedang berpuasa, penting untuk tetap menjaga pikiran agar rileks. Nah, yoga ini adalah olahraga yang tepat untuk kamu lakukan. Selain itu, dengan rutin yoga proses detoksifikasi dalam tubuh pun menjadi lebih cepat. Proses dalam menjalani yoga akan fokus pada latihan pernapasan, hal itu akan membantu proses suplai oksigen ke otak. Dengan begitu, pikiran kita pun akan tetap jernih, tenang, dan nyaman selama berpuasa. Untuk yoga, sebenarnya bisa dilakukan kapan saja karena tidak membutuhkan tenaga yang terlalu ekstra.


Bersepeda

photo credit: dream

Sambil menunggu waktu berbuka, sore hari kamu bisa bersepeda disekitaran rumahmu, Sahabat Trivia. Kamu bisa melakukannya pagi hari atau setelah shalat tubuh juga lho. Kamu bisa melakukannya selama 45 menit dengan jenis sepeda yang statis atau dinamis. Tahu nggak sih, hanya dalam waktu 45 menit kamu pun sudah bisa membakar kalori sebanyak 300 untuk wanita, dan 350 untuk pria. Ayo , cobain!


Jogging

photo credit: The Indian Express

Selain bersepeda, jogging dengan intensitas yang ringan sangat baik kalau dilakukan saat puasa. Waktu untuk melakukannya, bisa setelah sahur atau beberapa jam sebelum berbuka puasa. Biar lebih semangat dan seru, ajak juga teman-temanmu sambil ngabuburit. Hati senang, pikiran dan tubuhmu pun jadi lebih segar.


Jalan cepat

photo credit: viva

Alternatif olahraga ringan lainnya yaitu, berjalan cepat. Lakukan ini selama kurang lebih 30 menit, itu saja sudah bisa membantu kita menjaga keseimbangan tubuh selama berpuasa. Sebaiknya, lakukan ini saat menjelang berbuka puasa.


Naik turun tangga

photo credit: blibli

Jenis olahraga ini termasuk ringan, akan tetapi sebenarnya mampu menimbulkan dehidrasi kalau kita tidak melakukannya sesuai prosedur yang baik, Sahabat Trivia. Kalau yang ini, sebaiknya kamu lakukan 1 jam sebelum berbuka. Mungkin terdengar sepele, ternyata naik turun tangga selama kurang lebih 10 menit bisa membakar sebesar 178 kalori. Lumayan banget kan? Usahakan lakukan olahraga ini dengan tidak berlebihan ya, Sahabat Trivia!

BACA JUGA


Makanan Sehat Ini Wajib Dikonsumsi Selama Puasa Agar Kesehatanmu Tetap Terjaga. Puasa Harus Tetap Prima!

Makanan Sehat Ini Wajib Dikonsumsi Selama Puasa Agar Kesehatanmu Tetap Terjaga. Puasa Harus Tetap Prima!

Karena selama satu hari berpuasa, kita harus menyiapkan amunisi yang baik dan cukup untuk tubuh kita

Read more..

Nah, itu dia jenis-jenis olahraga yang bisa kamu lakukan selama puasa, Sahabat Trivia. Dengan olahraga, badanmu akan semakin sehat dan bugar, jadi puasanya pun nggak lemas. Ayo, jangan kasih kendor!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Puasa Bukan Hambatan Berolahraga. Saat Puasa Nanti, Ini Dia Jenis Olahraga yang Bisa Kamu Lakukan. Jangan Kasih Kendor!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Qiqi NurIndahSari | @qiqinurindahsari

Hi,Q! www.qiqinurindahsari.com

Silahkan login untuk memberi komentar