Qute, Bajaj Roda 4 dan Deretan Kendaraan dari Masa ke Masa di Indonesia

Qute - Photo credit: youtube

Qute, Bajaj Roda 4 dan Deretan Kendaraan dari Masa ke Masa di Indonesia

451
Qute, bajaj roda 4 sudah beroperasi nih di Jakarta. Kamu sudah mencobanya belum?

Hari ini, kamu sudah berkeliling Jakarta belum, Sahabat Trivia? Kalau sudah, pasti kamu tahu kalau ada alat transportasi baru di Jakarta yang imut dan nyaman banget loh! Kalau kamu lihat bentuknya, alat transportasi ini pasti mengingatkan kamu dengan bemo atau bajaj bahan bakar gas deh. Nama alat transportasi ini adalah Qute, bentuknya imut dan dapat ditumpangi 4 orang saja, termasuk supirnya. Kapasitas mesinnya sendiri 216 cc. Sekilas kendaraan ini mirip dengan mobil, namun dengan ukuran yang jauh lebih kecil. Karena bentuknya yang seperti mobil, dijamin para penumpangnya pun akan merasa nyaman saat berada di dalamnya.

Sebelum adanya Qute, Sahabat Trivia pasti sudah tahu kalau Jakarta ini banyak sekali alternatif atau pilihan alat transportasi yang bisa kamu gunakan. Mulai dari yang ternyaman hingga yang bisa bikin kamu banjir keringat. Nah, berikut ini deretan kendaraan dari masa ke masa di Indonesia.


Helicak

Masyarakat Komuter

Alat transportasi satu ini bisa dikatakan alat transportasi yang sudah sangat lama sekali. Helicak sendiri merupakan skuter Lambretta asal Italia. Nama Helicak sendiri berasal dari kata helikopter dan becak. Jadi deh helicak! Mungkin kamu belum pernah mencobanya karena memang transportasi ini sudah sangat lama sekali dan pemerintah tidak terlalu konsisten dalam pengembangan alat transportasi satu ini.


Trem

Historia

Kalau alat transportasi satu ini memang keberadaannya sudah bisa dipastikan tidak ada bahkan beroperasi di Jakarta karena alat transportasi ini sesungguhnya eksis pada zaman Hindia-Belanda. Saat itu Jakarta masih bernama Batavia. Keberadaan trem juga tidak berlangsung lama karena presiden Ir.Soekarno saat itu merasa kalau trem merupakan alat transportasi yang kurang cocok ada di Jakarta. Ir.Soekarno lebih menginginkan metro atau kereta bawah tanah.


Bus tingkat

MotoKARS

Tidak hanya masa kini saja yang ternyata ada bus tingkat berkeliling di Jakarta. Pada zaman dulu alat transportasi ini menjadi salah satu alat transportasi primadona di Jakarta. Karena banyak sekali orang yang memilih menggunakan bus tingkat ini sebagai alat transportasi mereka. Tidak heran kalau kini pemerintah kembali mengadakan kembali alat transportasi satu ini.


Becak

Sound Modif

Kamu pasti tidak asing dengan alat transportasi ini. Becak hingga kini memang masih ada di Indonesia, terutama di Jakarta. Kalau kamu ikut mama kamu ke pasar, mungkin saja di daerah rumah kamu akan ada becak yang berkeliaran dan siap buat kamu gunakan untuk bawa barang belanjaan kamu.


Delman

BelindoMag

Alat transportasi yang satu ini juga masih ada loh di Jakarta. Namun, bukan sebagai alat transportasi utama yang sering orang gunakan. Melainkan delman ini menjadi alat transportasi yang digunakan hanya untuk bernostalgia saja. Biasanya anak-anak suka banget deh naik alat transportasi ini karena selain bisa duduk di samping pak kusir, pemandangan kuda di depan mata menjadi hiburan sendiri bagi orang-orang masa kini.


Bemo

photo credit: blogspot

Nah, kalau yang satu ini masih ada. Namun, jarang juga sih berkeliaran di Jakarta. Tapi, kalau kamu ke daerah Kota, Glodok, dan sekitarnya, mungkin kamu masih bisa menemukan alat transportasi ini.


Oplet

Bintang

Oplet mengingatkan kita dengan sinetron si Doel Anak Sekolahan ya, Sahabat Trivia? Kamu sempat merasakan naik alat transportasi ini nggak, Sahabat Trivia? Oplet ini sebenarnya bentuknya mirip-mirip dengan bemo, hanya bedanya berada di posisi duduknya saja.


Bajaj

Info Bekasi

Bajaj mungkin salah satu alat transportasi tradisional yang bertahan hingga kini. Bahkan kini sudah lebih berkembang lagi. Kalau dulu bahan bakarnya bensin, kini sudah ada bajaj dengan bahan bakar gas.


KRL

Reporter nuovo

Mungkin alat transportasi ini kini menjadi alat transortasi yang paling sering digunakan oleh orang-orang di sekitar Jakarta bahkan Jabodetabek. Hampir semua orang pasti sudah merasakan naik alat trasnportasi satu ini. Kamu juga pasti sudah pernah naik KRL dong, Sahabat Trivia?


Trans Jakarta

Tabloid Bintang

Seiring berjalannya waktu, pemerintah semakin inovatif dalam mengembangkan alat transportasi. Salah satu alat transportasi kekinian yang tidak kalah menjadi primadona di Jalan Jakarta adalah Trans Jakarta. Kamu yang mengaku orang Jakarta, pasti sudah pernah coba alat transportasi ini.


Qute

Suara

Nah, ini nih yang dari tadi ditunggu-tunggu. Bentuk kendaraan ini, seperti yang sudah di katakan di awal, bentuknya seperti mobil, namun dalam bentuk mini. Sehingga akan membuat penumpangnya nyaman deh. Kamu wajib coba nih!

BACA JUGA


Transportasi Lokal yang Unik di Tiap Daerah di Indonesia. Kamu Pernah Coba Salah Satunya?

Transportasi Lokal yang Unik di Tiap Daerah di Indonesia. Kamu Pernah Coba Salah Satunya?

Zaman kecil, mungkin kamu hobi banget nih naik becak atau bajaj bahkan bemo. Jadi rindu ya sama alat transportasi lokal yang unik-unik ini

Read more..

Dari deretan alat transportasi di atas, mana yang paling pengin kamu gunakan, Sahabat Trivia? Sepertinya seru nih kalau mencoba alat transportasi zaman Hindia-Belanda di atas ya, Sahabat Trivia.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Qute, Bajaj Roda 4 dan Deretan Kendaraan dari Masa ke Masa di Indonesia". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar