Ramadan Segera Tiba, Berikut 6 Alasan Kamu Harus Bahagia Menyambut Bulan Puasa

Photo credit: wikipedia.org

Ramadan Segera Tiba, Berikut 6 Alasan Kamu Harus Bahagia Menyambut Bulan Puasa

2.3K
Ramadan datang, alam pun riang menyambut bulan yang berkah. Umat berdendang kumandang azan, pertanda hati yang senang. Hati yang gembira penuh suka cita. (Tompi, Ramadan Datang)

Tak terasa, kurang dari sebulan dari sekarang, umat muslim di seluruh penjuru dunia akan mulai menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan. Tentu setiap orang memiliki pemaknaannya masing-masing terhadap bulan suci ini. Ada yang mempersiapkan resep sahur dan berbuka. Ada yang merencanakan mudik. Ada juga yang menganggapnya biasa saja seperti bulan lainnya.

Padahal, bulan Ramadan sepatutnya kamu rayakan sejak hari pertama. Meski kamu harus menghadapi lapar dan haus, tapi pada hakikatnya, bulan Ramadan adalah bulan yang penuh kebahagiaan. Berikut 6 alasan kamu harus bahagia pada bulan Ramadan.


1. Lebih Banyak Waktu Berkualitas Bersama Keluarga

1. Lebih Banyak Waktu Berkualitas Bersama Keluarga - Photo credit : duniaiptek.com
Photo credit : duniaiptek.com

Ramadan selalu menjadi waktu yang ditunggu bersama keluarga. Biasanya, kantor menerapkan jam kerja yang lebih singkat sehingga orang tua bisa tiba di rumah lebih cepat. Buka puasa, tarawih, dan sahur menjadi momen yang akan mempererat kekeluargaan. Di hari biasa, kamu lebih sering berkumpul bersama teman sampai malam, tapi di bulan Ramadan, kamu akan merasa sayang jika tidak memaksimalkan waktu bersama keluarga.


2. Ramadan adalah Waktu Terbaik untuk 'Wisata Kuliner'

2. Ramadan Adalah Waktu Terbaik Untuk 'Wisata Kuliner' - Photo credit : abiummi.com
Photo credit : abiummi.com

Tahukah kamu mengapa hampir semua makanan menjadi sangat enak saat bulan Ramadan? Ketika kamu menahan lapar dan haus selama seharian, kamu jadi sangat menikmati dan bersyukur atas apa yang terhidang di meja makan. Di sisi lain, para pengusaha makanan sangat memahami kalau kamu jadi lebih selektif dalam merencanakan buka puasa. Kamu pasti sering memikirkan tentang ‘buka puasa dimana’ atau ‘apa’ sejak pagi. Makanya, mereka lebih kreatif dalam merancang menu, bahkan mengeluarkan menu khusus bulan Ramadan. Adanya beragam minuman seperti es cendol, es dawet, es campur, atau makanan kecil seperti kue kering, menambah semarak bulan ini. Yang penting, tetaplah makan seperlunya dan jangan terlalu kenyang hingga membuatmu malas tarawih.


3. Bukan Hanya Kamu yang Ingin Berbahagia, Perhatikan Lingkungan Sekitarmu

3. Bukan Hanya Kamu Yang Ingin Berbahagia, Perhatikan Lingkungan Sekitarmu - photo credit : Shutterstock / STILLFX
photo credit : Shutterstock / STILLFX

Selama bulan Ramadan, pahala dilipatgandakan. Jangan sia-siakan kesempatan ini. Kamu bisa memberikan amal dalam bentuk uang, hadiah, atau sekedar takjil untuk berbuka bagi yang membutuhkan. Kalau anggaranmu terbatas, kamu bisa bergabung dengan masjid terdekat untuk membantu penyelenggaraan tarawih atau penghitungan zakat. Kalau kamu punya blog, kamu mungkin ingin membagikan artikel-artikel yang berhubungan dengan wawasan kebaikan. Banyak cara untuk mengoptimalkan ibadah di bulan ini.

Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ramadan Segera Tiba, Berikut 6 Alasan Kamu Harus Bahagia Menyambut Bulan Puasa". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Putri Nabilah | @nabilahputri

nabilahbelerang.blogspot.com

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week