Resolusi Tahun Baru Ingin Tubuh Fit? Yuk, Coba 7 Senam yang Lagi Ngehits dan Bermanfaat Ini!

Resolusi Tahun Baru Ingin Tubuh Fit? Yuk, Coba 7 Senam yang Lagi Ngehits dan Bermanfaat Ini!

161
Ingin tubuh selalu fit dan sehat adalah dambaan semua orang. Rajin senam adalah salah satu cara meraihnya!

Sahabat Trivia, siapa di sini yang punya resolusi ingin senatiasa fit dan sehat sepanjang tahun 2018 dan seterusnya? Wah, pasti banyak, ya. Meski tidak mudah karena perlu ketekunan dan tekad yang kuat, hidup sehat bukan tidak mungkin dicapai. Ada banyak cara juga yang bisa kita jalani untuk mencapai cita-cita ini. Salah satunya adalah senam! Ya, olahraga yang termasuk sedang hits ini makin lama makin digandrungi berbagai kalangan. Dari anak kecil sampai lansia, semua suka senam. Apa saja ya senam ngehits yang bisa kita coba lakukan di tahun 2018 ini? Yuk, kita simak, Sahabat Trivia!


1. Pilates

Senam ini diciptakan oleh Joseph Pilates pada awal abad ke-20 dengan mengembangkan metode ‘contrology”. Pilates diklaim dapat mengencangkan dan memperbaiki bentuk tubuh dengan enam pilar utama, yaitu centering, control, flow (alur latihan yang teratur), breath (pengaturan pernapasan yang tepat), precision, dan concentration (pemusatan perhatian saat melakukan gerakan). Dasar penting dari pilates sendiri adalah kontrol keseimbangan tubuh. Teknik-teknik dalam pilates misalnya The Hundred, The Teaser, Bridge, dan Crisscrosser. Rajin melakukan pilates secara teratur dapat mempercepat proses pembentukan tubuh yang ideal dan menjaga keseimbangan bentuk tubuh itu sendiri. Selain menjaga tubuh tetap bugar, ilates mempercepat pemulihan cedera bagi para atlet.


2. Zumba

Siapa yang tidak kenal senam super hits ini? Zumba sendiri adalah senam dengan gerakan cepat dan gembira diiringi dengan musik yang juga sama serunya. Kata ‘zumba’ sendiri berasal dari bahasa Kolombia yang artinya ‘bersenang-senang’ atau ‘bergerak cepat’. Senam ini merupakan rangkaian gerakan aerobik berbasis tarian yang melatih kardiovaskular dengan menyenangkan, mudah, dan asyik karena diiringi musik cepat maupun sedang. Alberto Perez, instruktur aerobik pencetus zumba awalnya tidak sengaja menciptakan senam ini. Ia lupa membawa musik yang biasa ia gunakan untuk aerobik dan malah menggunakan musik dansa pengiring tarian. Tak disangka, para peserta menyukainya.

Sampai saat ini, zumba sangat populer di setidaknya 40 negara. Manfaat dari zumba sendiri meliputi membakar kelebihan kalori (60 menit bisa membakar sekitar 450 kalori), membentuk tubuh ideal, membuat pikiran lebih tajam karena harus mengingat tahapan gerakan, meningkatkan koordinasi antar anggota tubuh, meningkatkan stamina, meningkatkkan massa otot dan kepadatan tulang, menurunkan tekanan darah dan lemak tubuh, dan yang pastinya membuat hati bahagia.


3. Yoga

Olahraga yang sangat populer di dunia ini memang sudah dipraktikkan oleh masyarakat kerajaan India sejak ribuan tahun sebelum Masehi. Kata yoga sendiri berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti memusatkan seluruh pikiran agar bisa mengendalikan panca indra. Dalam pelaksanaannya, seseorang yang tengah melakukan yoga memang harus mampu berkonsentrasi penuh, mengatur dan mengontrol dirinya untuk dapat menciptakan keselarasan dan keseimbangan antara jiwa, pikiran, dan tubuh. Dari sinilah makna yoga dilahirkan. Keseimbangan yang didapat dari yoga juga bisa menjaga kesehatan dan memperbaiki bentuk tubuh.

Yoga juga bisa dipahami melalui teknik meditasi untuk media dan asana atau gerakan dalam upaya mengenali diri sendiri dan mendekatkan diri dengan sang Pencipta. Karena yoga ini sendiri telah dipraktikkan selama ribuan tahun, yoga juga sudah berkembang menjadi berbagai aliran dengan teknik yang bervariasi pula. Meski memiliki fokus yang berbeda, secara umum manfaat dari yoga adalah membuat lebih peka dan konsentrasi, membantu ibu hamil, meningkatkan spiritualitas, mengatasi depresi, menurunkan berat badan, menyembuhkan sindrom carpal tunnel, dan menurunkan gejala menopause.


4. Piloxing

Senam yang tergolong unik ini merupakan gabungan dari gerakan pilates dan boxing. Selain kedua gerakan kardiovaskular yang menjadi dasar senam ini, gerakan kardiovaskular lain seperti tarian juga menjadi unsur dalam piloxing. Pencetus dari senam ini adalah Viveca Jensen, seorang penari berkebangsaan Swedia yang merupakan instruktur kebugaran bagi sejumlah selebriti. Dalam latihannya, piloxing melakukan gabungan antara unsur kekuatan, kecepatan, dan kegesitan dari boxing dan menggunakan teknik pembentukan tubuh dan fleksibilitas ala pilates.

Jadi, gerakan-gerakan boxing yang penuh tenaga menggunakan sarung tangan pemberat menyatu dengan gerakan-gerakan pilates yang mengutamakan keseimbangan, sembari diiringi dengan musik dengan lebih menyenangkan. Gabungan gerakan ini diklaim mampu menurunkan kalori dengan lebih efektif, yakni 900 kalori per jamnya. Karena itu, piloxing memiliki manfaat seperti melangsingkan dan mengencangkan tubuh, menyehatkan jantung, mengurangi stres, dan mudah dilakukan oleh siapa saja.


5. Belly dance

Sesuai namanya, belly dance atau tari perut sebenarnya memang adalah gerakan tari. Namun, beberapa tahun belakangan, tarian asal Timur Tengah ini mulai digandrungi sebagai salah satu kegiatan olahraga mirip senam yang menyenangkan sekaligus menyehatkan. Gerakan belly dance sendiri terpusat pada area pinggang, panggul, perut, dan bokong. Karena itu, manfaat utama belly dance sendiri adalah mengecilkan sekaligus membuat area-area tersebut terlihat lebih indah. Kira-kira, 300 kalori dapat terbakar selama satu jam melakukan belly dance.

Tak hanya membakar lemak dan kalori, otot-otot perut juga akan terbentuk jika rajin latihan Belly Dance. Selain di perut, otot-otot lengan, punggung, serta persendian juga bisa diperkuat. Selain itu, belly dance dengan tempo yang lebih lambat atau yang biasa disebut childbirth dance bisa membantu menguatkan otot-otot yang berperan dalam proses persalinan sehingga membantu ibu hamil baik sebelum maupun sesudah melahirkan.


6. Pound fit

Salah satu senam yang baru muncul dan sedang sangat diminati adalah pound fit. Senam ini menggabungkan gerakan kardio yang intens dengan pilates maupun tari. Yang unik dari senam ini adalah digunakannya stik semacam stik drum sebagai alat bantu dalam pelaksanaannya. Sehingga, gerakan pound fit sendiri seperti orang yang sedang main drum. Seluruh anggota tubuh dan otot bergerak dengan aktif. Dimulai dari gerakan-gerakan yang ringan terlebih dahulu, pound fit yang merupakan latihan interval kardio ini diklaim dapat membantuk membakar lemak bahkan hingga setelah latihan. Tak hanya berat badan yang turun karena kalori yang terbakar setidaknya 1000 kalori per 45 menit latihan, sistem kekebalan tubuh dan konsentrasi juga meningkat setelah melakukan pound fit. Selain itu, gerakan-gerakan pound fit juga disinyalir sangat efektif untuk meluapkan emosi sehingga baik untuk kesehatan mental.


7. Body combat

Sering disebut juga cardio combat atau combat saja, olahraga ini adalah sebuah latihan bela diri yang terinspirasi dari berbagai gerakan bela diri lain, seperti muay Thai, taekwondo, boxing, dan lainnya. Namun, jangan khawatir, kamu tidak perlu memiliki dasar pengetahuan dari bela diri di atas. Karena gerakannya yang aktif, combat dapat membantu membakar 500 hingga 700 kalori per jamnya. Selain itu, otot tubuh juga terlatih dan terbentuk. Salah satu hal yang penting dari olahraga combat adalah kita juga berlatih bela diri melalui gerakan-gerakan yang dilakukan di combat. Meski sangat aktif dan terkesan cocok untuk kalangan muda saja, sebenarnya kalangan apapun dari berbagai usia bisa mengikuti senam ini dengan membuat penyesuaian tertentu.

BACA JUGA


Alasan Para Idol K-Pop Rentan Alami Depresi. Jangan Pernah Pandang Isu Ini Sebelah Mata!

Alasan Para Idol K-Pop Rentan Alami Depresi. Jangan Pernah Pandang Isu Ini Sebelah Mata!

Penting untuk sadar dan memahami bahwa idol K-Pop bukanlah boneka atau robot yang tidak bisa merasa tertekan atau sakit

Read more..

Siap memulai kehidupan baru di tahun 2018 yang lebih fit dan sehat, Sahabat Trivia? Yuk, mulai latihan!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Resolusi Tahun Baru Ingin Tubuh Fit? Yuk, Coba 7 Senam yang Lagi Ngehits dan Bermanfaat Ini!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Natasha Adelina | @natashey

Silahkan login untuk memberi komentar