Rusaknya Terumbu Karang Raja Ampat, Begini Kondisi Sebelum dan Sesudah Dirusak. Sedih Banget Deh!

photo credit: roughguides

Rusaknya Terumbu Karang Raja Ampat, Begini Kondisi Sebelum dan Sesudah Dirusak. Sedih Banget Deh!

16.3K
Kapal ini melakukan pendaratan di kawasan Raja Ampat, namun yang disayangkan adalah mereka tidak memperhatikan kondisi terumbu karang yang ada. Sehingga, terumbu karang di Raja Ampat banyak sekali yang rusak.

Indonesia terkenal dengan ragam biota lautnya yang kaya dan sangat indah. Salah satu destinasi wisata yang paling populer dan dikenal banyak orang karena keindahan bawah lautnya adalah Raja Ampat. Bahkan, Raja Ampat ini menempati urutan pertama wisata alam yang paling mengagumkan di dunia, mengalahkan Filipina, Palau, dan Malapascua. Terdapat kurang lebih 75% spesial koral yang hidup di perairan Raja Ampat. Tidak heran jika tempat ini menjadi jantung biota lautnya Indonesia. Belum lagi, di Raja Ampat memiliki sekitar 1500 spesies ikan. Ada ikun hiu juga lho. Namun, keindahan ini harus terkikis akibat kapal pesiar berbendera Bahama, MV Caledonian Sky yang mendarat di Raja Ampat tanggal 3 Maret 2017 yang lalu. Kapal ini melakukan pendaratan di kawasan Raja Ampat, namun yang disayangkan adalah mereka tidak memperhatikan kondisi terumbu karang yang ada.

Akibat hal ini, rantai-rantai jangkar yang diluncurkan membuat ekosistem terumbu karang rusak seluas 1600 m2. Duh, sayang banget kan, Sahabat Trivia? Padahal kita semua dengan susah payah menjaganya, namun ada saja ulah manusia yang kurang memperhatikan lingkungan sekitar dan juga penyebabnya. Belum lagi saat kapal itu melanjutkan perjalanan ke Bitung, kapal juga sempat kandas di sekumpuluan terumbu karang. Nah, akibat ini juga kapal yang dinahkodai oleh Kapten Keith Michael Taylor ini dievakuasi oleh sebuah kapal penarik. Makin parah deh rusaknya!

Para aktivis lingkungan pun mendesak agar kejadian ini harus segera ditangani oleh Kementrian yang bersangkutan. Diharapkan kejadian seperti ini tidak terulang lagi karena sangat merugikan bagi kita. Apalagi ini terletak di jantung Raja Ampat.Kalau Sahabat Trivia penasaran, berikut ini adalah penampakan terumbu karang di Raja Ampat yang telah rusak akibat kelalaian manusia ini.


Sebelum kecantikan terumbu karang ini dirusak

photo credit: detik


Sesudah dirusak nih. Sedih lihatnya!

photo credit: detik


Kasihan banget deh ikan-ikannya jadi nggak punya rumah

photo credit: nasional.kompas


Duh, sedih deh lihatnya!

photo credit: Kementerian LHK


Kalau sekarang sudah nggak ok lagi deh!

photo credit: Kementerian LHK


Gara-gara kapal ini nih!

photo credit: The Guardian

BACA JUGA


Tempat Wisata Super Cantik di Ambarawa. Bisa Jadi Pilihan Tempat Escape dari Keramaian Kota Nih!

Tempat Wisata Super Cantik di Ambarawa. Bisa Jadi Pilihan Tempat Escape dari Keramaian Kota Nih!

Berbeda dengan pusat kota Semarang yang ramai dengan kehidupan metropolitannya, Ambarawa adalah tempat pegunungan yang memiliki hawa sejuk ...

Read more..

Semoga untuk selanjutnya, ini bisa jadi pelajaran agar tidak terulang kembali di kemudian hari. Kita tetap harus menjaga kelestarian keindahan alam di negeri kita sendiri ya, Sahabat Trivia.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Rusaknya Terumbu Karang Raja Ampat, Begini Kondisi Sebelum dan Sesudah Dirusak. Sedih Banget Deh!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Qiqi NurIndahSari | @qiqinurindahsari

Hi,Q! www.qiqinurindahsari.com

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week