Sawah Sukorame, Wisata Alam Instagramable Baru di Yogyakarta. Wajib Masuk Go-To List Kamu Nih!

Instagram/fotohery

Sawah Sukorame, Wisata Alam Instagramable Baru di Yogyakarta. Wajib Masuk Go-To List Kamu Nih!

317
Wisata alam Instagramable ini bisa jadi pilihan buat kamu yang bosan sama hiruk pikuk kota.

Baru-baru ini, ada sebuah daerah persawahan yang sering jadi spot foto sejumlah netizen di Instagram. Persawahan itu bernama Persawahan Sukorame dan terletak di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, D.I. Yogyakarta. Pada dasarnya, tidak ada yang membedakan sawah ini dari yang lainnya; lahan luas ini juga ditanami tumbuhan padi. Tapi, yang membuatnya spesial dan Instagramable adalah sebuah jembatan bambu yang melintang di atas hamparan padi di persawahan tersebut. Di jembatan inilah para pengunjung bisa berfoto dengan memperlihatkan keindahan alam di sekitar tanpa harus takut kotor karena lumpur.

Nah, kamu pasti penasaran kan seperti apa penampakan Sawah Sukorame ini yang membuatnya jadi hits? Yuk, simak potret dan fakta-fakta di baliknya lewat artikel ini! Siapa tahu bisa jadi pilihan liburanmu selanjutnya!


Ide awal pembangunan jembatan ternyata datang dari sekelompok mahasiswa KKN

photo credit: Instagram/pesonaimogiri, infojogja.co

Ide awal untuk membangun jembatan bambu di atas persawahan ini ternyata datang dari sekelompok mahasiswa yang melaksanakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Dusun Sukorame pada awal 2017 lalu. Sayangnya, pengerjaannya tidak rampung karena terhalang masalah biaya dan SDM. Namun, para warga dan petani bersama-sama melanjutkan pembangunannya. Hingga saat ini, pembuatan jembatan tersebut masih berlangsung.


Adanya jembatan ini menyedot antusias masyarakat dan membuatnya jadi pilihan lokasi foto anak muda

photo credit: Instagram/jogjainfo

Keberadaan jembatan bambu ini tak disangka-sangka justru menjadi potensi wisata bagi Desa Mangunan. Meski pembangunannya belum 100% rampung, sudah banyak masyarakat, terutama anak muda, yang datang untuk menikmati pemandangan hamparan padi di Persawahan Sukorame dan mengambil foto-foto untuk mempercantik feeds Instagram mereka.


Saat ini, para pengunjung Sawah Sukorame belum dikenai biaya

photo credit: Instagram/galih.fix, jogjaspace.com

Sehubungan dengan belum rampungnya pembangunan jembatan di Persawahan Sukorame, masyarakat belum dikenai biaya untuk mengunjungi tempat ini. Seperti dilansir dari Jogjaspace, salah seorang petani disana menyatakan bahwa belum ada retribusi karena jembatan bambu tersebut masih belum memiliki pembatas yang berfungsi sebagai pengaman. Nah, selagi masih gratis, yuk kunjungi Sawah Sukorame ini!


Lokasi dan rute menuju Sawah Sukorame

photo credit: Instagram/fotohery

Sawah Instagramable ini terletak di Dusun Sukarame, Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Bantul, Yogyakarta. Lokasinya berada di sebelah timur Kebun Buah Mangunan, persisnya di sebelah selatan Jalan Raya Sukorame. Untuk menuju Sawah Sukorame dari Yogyakarta kota, kamu dapat langsung menuju kawasan Mangunan melewati Terminal Giwangan dan lurus ke selatan lewat Jalan Imogiri Timur. Sesampainya di pertigaan Pasar Imogiri, belok kiri dan cari papan petunjuk menuju Kebun Buah Mangunan. Selanjutnya, kamu lurus saja ke arah timur melewati jalan yang menurun. Tak jauh dari sana, kamu akan tiba di lokasi Sawah Sukorame!


Kamu juga bisa mengunjungi tempat-tempat wisata alam indah lainnya di dekat Sawah Sukorame

photo credit: eksotisjogja, piknikyok, Daka Tour

Nah, kalau kamu sudah mantap akan mengunjungi Sawah Sukorame, manfaatkan waktu tersebut untuk mengunjungi tempat-tempat wisata lain yang ada di Mangunan, Dlingo. Di sana, ada Jurang Tembelan, Watu Goyang, Pinus Pengger, Gardu Pandang Pinus Asri, dan wisata-wisata alam lain yang nggak kalah indah dan Instagramable. Dijamin bakal memanjakan mata kamu deh!

BACA JUGA


Rekomendasi Tujuan Wisata Purworejo yang Bikin Kamu Nggak Mau Pulang. Kece Banget Deh!

Rekomendasi Tujuan Wisata Purworejo yang Bikin Kamu Nggak Mau Pulang. Kece Banget Deh!

Purworejo adalah sebuah kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Ada yang sudah pernah ke sini belum, Sahabat Trivia? Kabupaten Purworejo masih ...

Read more..

Setelah membaca artikel ini, saatnya memasukkan Sawah Sukorame ke dalam go-to list kamu nih. Wisata alam ini dijamin cocok banget buat kamu yang bosan dan lelah sama hiruk pikuk kota dan spot Instagramable yang itu-itu saja. So, tunggu apa lagi, Sahabat Trivia?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sawah Sukorame, Wisata Alam Instagramable Baru di Yogyakarta. Wajib Masuk Go-To List Kamu Nih!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Tasha Pribadi | @tashapribadi

Silahkan login untuk memberi komentar