Saya adalah Kartini Hari Ini, yang Punya Mimpi dan Ingin Hidup Berarti. Apakah Kamu Juga?

photo credit: Infojakarta

Saya adalah Kartini Hari Ini, yang Punya Mimpi dan Ingin Hidup Berarti. Apakah Kamu Juga?

1K
Setiap kita adalah Kartini, punya cerita dengan alur dan twist yang otentik, yang hanya bisa disuarakan oleh kita sendiri.

Tugas manusia ialah menjadi manusia, tutur Kartini dalam catatan perjalanannya. Sounds simple, but yet not many have given this quote a lot of thought. Somehow, penuturan Kartini inilah yang mendorong saya, dan mungkin ribuan orang lain di luar sana untuk melakukan apa yang kita lakukan setiap hari dengan keyakinan bahwa perubahan yang lebih baik akan terjadi, jika bukan hanya untuk diri sendiri, untuk orang-orang di sekitar kita yang kita cintai.

Setiap pagi hari, melangkahkan kaki di kota Jakarta, setiap orang yang saya temui memiliki ‘ceritanya’ masing-masing.

Jika kita mau jujur, sebenarnya, kita semua hanya manusia biasa, yang pada dasarnya menginginkan hal yang sama dalam hidup: kita ingin menjadi manusia yang otentik, kita ingin hidup kita berarti (untuk kita dan orang lain), dan kita ingin bahagia. Sebenarnya, Kartini itu ada di setiap kita.

Peradaban modern membuat kita menjadi lebih berpengetahuan, mandiri, kuat, dan berperasaan, tetapi ini juga bisa menjadi pedang bermata dua karena kita juga bisa menjadi semakin lebih menderita. It happened to Kartini back in the days, and it’s still happening to us to this day, jika kita menyerah terhadap keadaan yang sulit hari ini.

Kartini zaman dahulu mendirikan sekolah untuk anak-anak perempuan. Kita di zaman ini adalah single parents, full-time mom, orang tua, kakak, adik, istri, career women, millenials, dan masih banyak lagi. Kita punya impian besar, dan kita masih banyak ‘pekerjaan’.

photo credit: Dailysocial

Tapi, terkadang impian itu terbelenggu oleh harapan suami, orang tua, pacar, ataupun kultur modern yang sebenarnya hanya datang dan pergi, sesuatu yang populer hanya untuk sesaat. Tidak ada salahnya hari ini kita meluangkan sedikit waktu untuk memikirkan apa yang kita mau, apa yang membuat kita berbahagia. I'm sure we don’t want too much; kita hanya ingin menjadi manusia otentik yang dalam hati nurani kita yang paham akan arti hidup; dan inti terdalam kita ingin mencintai dan dicintai. Sesederhana ini. Dan untuk itu, kita perlu didengar, dan dihormati.

Sebagai seorang seniman dan penulis, my job is to make people become fully human, through the writing of good stories, and the dance of my brushes against my canvas and papers. Saya punya impian besar untuk generasi penerus, yang bebas menjadi dirinya sendiri yang otentik, yang berpengetahuan, dan cerdas tanpa melupakan kedalaman karakter, yang kuat dalam segala kerentanannya.

Bagaimana dengan kamu sendiri? Perubahan apa yang kamu mau? Apa yang akan membuatmu lebih berbahagia? Apa yang sangat penting bagi kamu? Tidak ada salahnya untuk menatap langit seharian, untuk memikirkan jalan hidupmu sendiri, tentang apa yang kamu mau.

Setiap kita adalah Kartini, punya cerita dengan alur dan twist yang otentik, yang hanya bisa disuarakan oleh kita sendiri. Memang, ada saatnya mulut terpaksa diam, jalan hidup berpaling karena terpaksa dan belenggu, tetapi bukan berarti di penghujung perjalanan kita, suara yang kita ikrarkan tanpa lelah tidak akan terdengar.

Mengutip Kahlil Gibran, “Akankah hari yang akan datang ketika kecantikan dan pengetahuan, kecerdikan dan kebajikan, dan kelemahan tubuh dan kekuatan roh akan disatukan dalam wanita?"

BACA JUGA


Berkaca dari Kartini. Ini Buktinya Bahwa Saya dan Kamu Juga Bisa Disebut Pahlawan Seperti Kartini

Berkaca dari Kartini. Ini Buktinya Bahwa Saya dan Kamu Juga Bisa Disebut Pahlawan Seperti Kartini

Dulu ketika SD, kebanyakan guru sejarah hanya menceritakan pahlawan saat sedang beraksi (in action), misalnya begini, “Anak-anak, kenapa ...

Read more..

Tugas manusia adalah menjadi manusia, jujurlah pada diri sendiri tentang apa yang membuat kita menangis, penat, takut dan resah and do something about it. Never lose hope; habis gelap terbitlah terang. Saya Kartini hari ini, are you too?


#TriviaWritingCompetition




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Saya adalah Kartini Hari Ini, yang Punya Mimpi dan Ingin Hidup Berarti. Apakah Kamu Juga?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Penny Lane | @pennylane

i marvel at the inexplicable, profound, and delicate twines of goodness, sins, poetries, and joy within me, waiting to break silently before it blooms | twitter/instagram: @noperfectclouds | noperfectclouds.tumblr.com

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week