Sebelum Ngehitsnya SNMPTN, Berikut Ini Istilah Ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa dari Masa ke Masa

Photo credit: gregetan

Sebelum Ngehitsnya SNMPTN, Berikut Ini Istilah Ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa dari Masa ke Masa

1.6K
Kalau sekaran disebutnya SNMPTN, kalau zaman dahulu disebutnya apa ya? Lihat di sini yuk!

Sahabat Trivia pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN). Apalagi kalau saat ini Sahabat Trivia sedang mempersiapkan diri untuk menjadi mahasiswa setelah lulus dari sekolah menengah. Melanjutkan ke perguruan tinggi negeri mungkin menjadi target kamu selanjutnya. Nah, dari masa ke masa ternyata istilah untuk penerimaan mahasiswa baru di tahun ajaran baru perkuliahan ternyata mengalami perbedaan alias selalu berubah-ubah. Kalau sekarang disebutnya Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), kalau zaman dahulu disebutnya apa ya? Nah, beriut ini istilah ujian seleksi penerimaan mahasiswa tahun ajaran baru dari masa ke masa.


SKALU

Photo credit: Indiegogo

SKALU adalah kependekan dari Sekretariat Kerja Sama Antar Lima Universitas. Istilah ini merupakan istilah yang digunakan pertama kalinya untuk seleksi memasuki perguruan tinggi negeri. Istilah SKALU sempat menjadi tren pada tahun 1976 dan sekitar 37 ribu siswa lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) mengikuti seleksi ini. Lima universitas yang dimaksud adalah Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gajah Mada, dan Universitas Airlangga yang semuanya terletak di Pulau Jawa.


SKASU

Photo credit: Kuliah Dadakan

Selang 3 tahun, sistem SKALU dikembangkan pada 1979 dengan meanbah 5 universitas lagi, di antaranya Universitas Padjajaran Bandung, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Brawijaya Malang, Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya, dan Universitas Sumatera Utara. Seiring berkembangnya sistem seleksi mahasiswa baru ini, nama untuk seleksi ini berubah menjadi SKASU.


Sipenmaru

Photo credit: SJForIndonesia

Pada 1983, pemerintah memberi istilah Sipenmaru (Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru) untuk semua perintis yang diadopsi oleh pemerintah. Sedangkan untuk para calon mahasiswa baru yang tidak mengkuti proses ujian disebut PMDK (Penelusuran Minat dan Kemampuan).


UMPTN

Photo credit: blognasihatayah

Setelah PMDK dihapus pada 1989, tak lama berselang Sipenmaru berganti istilah dengan UMPTN (Ujian Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Istilah ini bertahan hingga tahun 2001.


SPMB

Photo credit: Korea Portal

Tahun 2000an pun datang. Pada 2001 setelah UMPTN dihapus, sistem seleksi mahasiswa baru ini berganti nama SPMB (Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru) berdasarkan SK Mendiknas No. 173/U/2001.


SNMPTN

Photo credit: gregetan

Nah, kini istilah-istilah yang disebutkan di atas tadi telah berganti dengan SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri). Pada awalnya sistem ini hanya mengadakan jalur tertulis untuk bisa lulus seleksi, namun pada tahun 2011 bertambah 2 jalur lagi, yaitu jalur kuota dan juga jalur undangan.

BACA JUGA


Pendaftaran SNMPTN 2017 Dimulai. Berikut Tips Sukses Menghadapi dan Lulus SNMPTN yang Harus Kamu Coba

Pendaftaran SNMPTN 2017 Dimulai. Berikut Tips Sukses Menghadapi dan Lulus SNMPTN yang Harus Kamu Coba

Tinggat kesulitan soal SNMPTN bisa dibilang 2-3 kali lipat dari soal unas. Jadi, buat kamu yang mau mengikuti pendaftaran SNMPTN, biar lulus ...

Read more..

Nah, ternyata untuk menjadi istilah yang sekarang ini sangat familiar di telinga kita, pemerintah dengan berulang kali melakukan penyesuaian dan berganti nama untuk seleksi masuk perguruan tinggi negeri ini ya.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sebelum Ngehitsnya SNMPTN, Berikut Ini Istilah Ujian Seleksi Penerimaan Mahasiswa dari Masa ke Masa". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week