Selamatkan File Penting Kamu Sebelum Terlambat! Yuk, Antisipasi dengan Tips dari Wahyu ‘Pinot’ Ichwandardi Ini, Sahabat Trivia

Photo credit: kompas

Selamatkan File Penting Kamu Sebelum Terlambat! Yuk, Antisipasi dengan Tips dari Wahyu ‘Pinot’ Ichwandardi Ini, Sahabat Trivia

443
Agar tidak kalang kabut jika suatu saat nanti gadget rusak, kita perlu mengarsip file-file dengan baik.

Seorang mahasiswa tingkat akhir yang sedang berjuang menyelesaikan skripsinya, sampai di suatu hari laptop miliknya rusak dan semua file-file skripsinya hilang. Wah, ini termasuk cerita horor kalau untuk kamu yang sedang berjuang dengan skripsi. Belum lagi, ada data-data yang lain seperti foto dokumentasi kegiatan organisasi dan koleksi film favorit ikutan hilang. Ada juga cerita tentang teman yang smartphone-nya mendadak mati karena kelebihan memori, padahal masih ada banyak foto jalan-jalan kemarin yang belum dipindah ke harddisk. Wah, semoga kejadian ini tidak menimpa kamu ya, Sahabat Trivia.

Memang pedih rasanya ketika tulisan, foto, dan video yang dikumpulkan atau dibuat dengan susah payah raib dalam waktu sekejap. Itulah tantangan di era digital seperti sekarang ini, senada dengan kata Wahyu Ichwandardi atau yang akrab disapa Pinot. Berawal dari cuitannya pada 4 April 2017 di akun Twitter Pinotski, ia memberikan beberapa tips mengarsip foto dan video. Agar tidak kalang kabut jika suatu saat nanti gadget kamu rusak. Penting banget nih buat kamu, yuk catat tips dari Pinot dalam menyimpan semua arsip kamu.


1. Rajin pindahkan file dari smartphone atau media lainnya ke satu tempat secara rutin

Photo credit: YODAmobile

Selain memindahkannya ke laptop, pindahkan file-mu ke satu tempat khusus yaitu harddisk (HD) eksternal. Dedikasikan HD ini khusus untuk foto dan video buatanmu sendiri, bukan koleksi film. Jika kamu juga punya banyak dokumen penting seperti file skripsi, sebaiknya kamu juga punya tempat penyimpanan tersendiri yang tidak bercampur dengan foto dan video tersebut.


2. Buat folder sesuai bulan dan tahun

Photo credit: Psyciencia

Nah dengan cara ini, akan membuat data yang kamu simpan menjadi rapi. Jika suatu saat membutuhkan data-data ini, maka kamu akan mudah mencarinya yaitu dengan mengenali bulan dan tahunnya. Jadi, nggak perlu ribet cari-cari lagi, Sahabat Trivia.


3. Saat memori penuh, jangan ragu menambah HD baru sebagai tempat penyimpanan

Photo credit: The Wirecutter

HD memang sudah seharusnya 'beranak-pinak'. sebab ada banyak momen yang penting untuk diabadikan. Seluruh dokumen, foto, dan video merupakan memori hidup kamu, jadi sayang jika dihapus. Hari ini mungkin mereka belum terlalu berguna bagi kamu, namun sepuluh atau dua puluh tahun mendatang, bisa jadi bukan hanya kamu saja yang membutuhkannya. Wahyu Ichwandardi masih menyimpan peristiwa gerhana matahari tahun 1983 loh, Sahabat Trivia.


4. Backup

Photo credit: elementary OS

Siapa pun pasti sepakat, backup file itu penting, sebab tidak ada yang tahu apa yang akan terjadi di masa mendatang. Seperti pepatah sedia payung sebelum hujan, maka baiknya kamu backup data sebelum gadget rusak.


5. Backup the backup

Photo credit: CNET

HD crash, data corrupt, dan virus merupakan tantangan digital archive. Jadi kamu pun perlu backup the backup.

BACA JUGA


Proteksi Smartphone Punyamu dari Malware dan Virus Mulai dari Sekarang. Ini Alasan Kamu Harus Melakukannya!

Proteksi Smartphone Punyamu dari Malware dan Virus Mulai dari Sekarang. Ini Alasan Kamu Harus Melakukannya!

Kini marak terjadinya pembobolan akun media sosial, baik itu Instagram, Twitter, maupun Facebook. Hal itu dikarenakan para pengguna yang ...

Read more..

Nah, itu dia 5 tips mengarsip dokumen-dokumen digital pentig milik kamu, ala Wahyu ‘Pinot’ Ichwandardi. Daripada menyesal dikemudian hari, kenapa nggak mulai dari sekarang dicoba, Sahabat Trivia.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Selamatkan File Penting Kamu Sebelum Terlambat! Yuk, Antisipasi dengan Tips dari Wahyu ‘Pinot’ Ichwandardi Ini, Sahabat Trivia". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week