Sebentar Lagi Tahun Baru. Tahun Depan Bukan 2018 Lho di 10 Negara Ini. Pasti Baru Tahu Deh!

photo credit: brightside

Sebentar Lagi Tahun Baru. Tahun Depan Bukan 2018 Lho di 10 Negara Ini. Pasti Baru Tahu Deh!

317
Tahun 2018 nanti, Korea Utara baru akan memasuki tahun 107. Wah, masih sedikit ya!

Tahun 2017 hanya tinggal menghitung hari dan kamu akan siap memasuki tahun baru, yaitu 2018. Tapi, pernahkah kamu berpikir apakah perhitungan tahun di setiap negara itu sama? Ternyata nggak semua negara di tahun depan memasuki tahun 2018 loh! Meskipun sebentar lagi tahun baru, tapi di beberapa negara ini bukanlah tahun 2018. Wah, kok bisa ya? Ternyata beberapa negara ini punya perhitungan kalender yang berbeda. Tidak heran jika saat pergantian tahun baru pun angka tahunnya tidak sama dengan negara-negara lain yang di tahun depan memasuki 2018. Penasaran nggak negara mana saja yang di tahun depan bukan memasuki tahun 2018? Berikut nih infonya buat kamu!


1. Tahun 107 di Korea Utara

photo credit: Davidwills

Korea Utara sudah menggunakan kalender Juche sejak tanggal 8 Juli 1997. Tahun 2018 nanti, Korea Utara baru akan memasuki tahun 107. Wah, masih sedikit ya!


2. Tahun 30 di Jepang

photo credit: dannychoo

Jepang ternyata menggunakan 2 jenis kalender, yaitu kalender gregorian dan perhitungan tradisional. Sesuai dengan perhitungan tradisional di Jepang, tahun ini Jepang baru masuk tahun ke-30 di 2018.


3. Tahun 4716 di Cina

photo credit: China travel

Perhitungan tahun seperti di Cina ternyata juga diikuti di beberapa negara lainnya, yaitu Kamboja, Vietnam, Mongolia, dan beberapa wilayah Asia lainnya. Siklus dalam kalender ini, Jupiter akan mengelilingi matahari sebanyak 5 kali dan itulah yang menjadi awal adanya 5 elemen dalam kalender Tionghoa. Nah, tahun-tahun dalam Tionghoa pun dinamakan dengan nama-nama binatang. Jika disesuaikan dengan perhitungan kalender Tionghoa, Cina tahun ini sudah memasuki tahun 4716.


4. Tahun 1396 di Iran

photo credit: World Travel Guide

Di Iran, kalender yang digunakan adalah kalender Persia. Kalender ini diciptakan oleh sekelompok astronom yang salah satu anggotanya adalah seorang penyair terkenal bernama Omar Khayyam. Permulaan harinya pun di Iran dimulai dari hari Sabtu dan berakhir di hari Jumat. Nah, kalau di Iran Jumat termasuk hari libur. Wah, kok bisa beda ya?


5. Tahun 1939 di India

photo credit; InfoCoin

Tahun 2018 nanti, di India memasuki tahun ke 1939. Wah, perbedaannya cukup jauh ya? Perhitungan tahun di Indonesia didasarkan pada kalender Saka yang mulai diperkenalkan sejak tahun 1957.


6. Tahun 1439 di Pakistan

photo credit: sakhan photography

Di Pakistan tanda dimulainya hari adalah saat matahari terbenam, bukan pada saat matahari terbit. Penentuan awal bulan pun ditentukan saat bulan sabit muncul. Beberapa negara muslim, termasuk di Pakistan menggunakan kalender Islam sebagai penentuan hari raya keagamaan.


7. Tahun 2011 di Ethiopia

photo credit: jackmalipan

Ethiopia memiliki 13 bulan loh dalam setahun. Perhitungan kalender di Ethiopia didasarkan pada perhitungan kalender kuno Alexandria. Berbeda dengan Pakistan yang mengawali hari saat matahari terbit, Ethiopia memulai hari saat matahari terbit. Nah, tahun 2018 nanti, Ethiopia baru memasuki tahun ke 2011.


8. Tahun 5778 di Israel

photo credit: BodKin

Israel menggunakan kalender Ibrani dan Gregorian secara bersamaan. Tapi, kebanyakan masyarakat Israel menggunakan kalender Ibrani sebagai acuan penanggalan dan perhitungan tahun. Tahun depan nanti, Israel akan memasuki tahun ke-5778.


9. Tahun 2561 di Thailand

photo credit: Weekend Thrill

Nah, yang terakhir adalah Thailand yang akan menjajaki tahun 2561 di tahun 2018. Wah, lebih maju beberapa langkah ya!

BACA JUGA


Fashion Unik dari Rotan Diprediksi Akan Jadi Tren di 2018! Siap-Siap Tampil Beda dengan Pernak-Pernik Unik dari Rotan yang Bikin Penampilan Kamu Bombastis

Fashion Unik dari Rotan Diprediksi Akan Jadi Tren di 2018! Siap-Siap Tampil Beda dengan Pernak-Pernik Unik dari Rotan yang Bikin Penampilan Kamu Bombastis

Selain terlihat klasik dan elegan, aksesoris berbahan dasar dari rotan ini terlihat sangat alami karena warna dan anyamannya terlihat sangat ...

Read more..

Sekarang kamu jadi tahu kan, tidak semua negara di tahun baru nanti memasuki tahun 2018. Ada yang baru tahu?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sebentar Lagi Tahun Baru. Tahun Depan Bukan 2018 Lho di 10 Negara Ini. Pasti Baru Tahu Deh!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Qiqi NurIndahSari | @qiqinurindahsari

Hi,Q! www.qiqinurindahsari.com

Silahkan login untuk memberi komentar