Sejak Umur Berapa Kamu Punya Penghasilan Sendiri dan Hidup Mandiri? Ini Jawaban Jujur Para Anak Muda di Jakarta!

photo credit: pribadi

Sejak Umur Berapa Kamu Punya Penghasilan Sendiri dan Hidup Mandiri? Ini Jawaban Jujur Para Anak Muda di Jakarta!

152
Keinginan saya menjadi mandiri membuat saya pernah mengambil tiga pekerjaan yang berbeda dalam satu waktu sekaligus semasa kuliah dulu.

Sahabat Trivia, apakah saat ini kamu sudah punya penghasilan sendiri atau masih bergantung pada kedua orangtua? Menurut kamu, usia berapa seseorang sebaiknya sudah bisa hidup mandiri? Memang tak ada standar baku mengenai hal tersebut. Ada anak muda yang sudah bisa mengandalkan kemampuannya sendiri sejak muda namun ada pula yang belum walau usianya telah seperempat abad. Setiap orang tentu memiliki pertimbangan dan alasannya masing-masing dalam menjalani hidup mereka kan.

Trivia bertanya pada beberapa anak muda di Jakarta secara acak, dan ternyata pada umur seginilah mereka telah memiliki penghasilan sendiri bahkan hidup mandiri dan tak tergantung orang tua mereka. Apa yang mereka lakukan yah? Cek di sini!


Mercedes Magnoria (24 tahun) mandiri sejak usia 12 tahun

Saya mandiri sejak usia 12 tahun. Saya biasa berjualan di pasar. Setiap subuh mengantarkan kue ke toko-toko, lalu pulang sekolah saya jemput kuenya. Sore hari saya bantu-bantu di salon mamanya teman. Kadang, saya juga bantu packing kalau di pabrik dekat rumah sedang membutuhkan pekerja tambahan.


Septiani (21 tahun) mandiri sejak usia 17 tahun

Sejak usia 17 tahun saya mulai mengumpulkan uang sendiri, walau tidak langsung mandiri secara total. Tapi, untuk kebutuhan hiburan saya tidak meminta uang lagi pada orang tua. Kadang aku menjual barang preloved untuk itu.


Yulia Siallagan (23 tahun) mandiri sejak usia 18 tahun

photo credit: Instagram
Lulus SMA, aku menjadi waitress di restoran Italia selama 2 bulan secara full time. Lalu aku melanjutkan kuliah sambil freelance menjadi sosmed admin selama beberapa bulan. Setelah itu aku kerja di perusahaan saudara.


Resty Amalia mandiri sejak usia 19 tahun

photo credit: Facebook
Saat semester tiga, saya bekerja part time mengajar bahasa inggris dan bahasa indonesia untuk orang asing dan membuat buku belajar bahasa inggris anak sekolah. Selain itu, saya menjadi penulis lepas di beberapa media. Keinginan saya menjadi mandiri membuat saya pernah mengambil tiga pekerjaan yang berbeda dalam satu waktu sekaligus semasa kuliah dulu.


Recy (27 tahun) mandiri sejak usia 20 tahun

Awalnya kerja sendiri aja, bantu-bantuin bikinin logo buat teman-teman yang minta, tapi lama-kelamaan gw kerja full time. Tapi setelah kerja full time, udah nggak bikin logo lagi.


Puni (22 tahun) mandiri sejak usia 20 tahun

Umur 20 tahun gw udah lulus kuliah, terus langsung kerja sehari setelah wisuda. Sejak itu gw udah bisa punya penghasilan sendiri dan hidup mandiri.


Tasha (22 tahun) mandiri sejak usia 21 tahun

photo credit: pribadi


Sambil kuliah aku membuat dan mengembangkan online shop yang bergerak di bidang clothing. Outfit korea gitu.

BACA JUGA


Jangan Sepelekan Anak yang Dibesarkan oleh Single Parent, Karena Mereka Pasti Punya 5 Kelebihan Ini Sahabat Trivia!

Jangan Sepelekan Anak yang Dibesarkan oleh Single Parent, Karena Mereka Pasti Punya 5 Kelebihan Ini Sahabat Trivia!

Seorang anak yang dibesarkan oleh ibu atau ayahnya semata, pasti memiliki perbedaan dari teman-temannya yang mendapatkan kasih sayang ...

Read more..



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sejak Umur Berapa Kamu Punya Penghasilan Sendiri dan Hidup Mandiri? Ini Jawaban Jujur Para Anak Muda di Jakarta!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Trivia | @triviaid

Real stories of real life people

Silahkan login untuk memberi komentar