Selain Cimol, Jajanan dari Aci Ini Eksis dan Enak Banget. Apakah Kamu Sudah Coba Semuanya?

trivia.id

Selain Cimol, Jajanan dari Aci Ini Eksis dan Enak Banget. Apakah Kamu Sudah Coba Semuanya?

5.2K
Jajanan dari aci selalu jadi primadona. Kamu pasti kamu sudah familiar banget deh sama jajanan aci yang eksis ini.

Kamu tentu punya dong untuk membeli jajanan kesukaanmu. Mau diwanti-wanti sama mama kalau jajanan itu nggak sehat pun, kamu tetap saja ngebela-belain buat dapetin jajanan favoritmu itu. Salah satu jajanan yang masih eksis dari zaman dahulu sampai sekarang adalah cimol. Jajanan ini terbuat dari aci alias tepung kanji. Penyajiannya pun sederhana banget. Cukup digoreng dan diberi bumbu, selesai deh. Nah, bagi kamu yang suka cimol, ternyata jajanan-jajanan berikut juga menggunakan aci sebagai bahan dasarnya, lho. Penasaran kan?


Cireng, aci digoreng

trivia.id

Yakin deh, pasti kamu pernah kan mencoba jajanan yang satu ini. Cireng ini biasa dimakan dengan ditaburkan bumbu-bumbu seperti cimol. Biasanya bumbu pedas, keju, dan barbeque, atau bisa juga dicocol dengan sambal. Ada juga yang menjual cireng yang diisi dengan nugget, sosis, keju, dan daging. Kamu lebih suka yang mana, Sahabat Trivia?


Cilor, aci telur

trivia.id

Kalau yang ini namanya aci telor. Cara membuatnya sama dengan cireng yaitu digoreng. Yang membedakannya yaitu jajanan ini digoreng dengan telur. Bentuknya ada yang kotak maupun bulat. Biasanya disajikan dengan bumbu dan saus pedas. Enak banget nih!


Cilok, aci dicolok

trivia.id

Meskipun banyak yang menggunakan tusuk sate untuk menyajikan hidangan ini, ada juga yang menyajikannya dengan menggunakan piring atau mangkok. Aci terlebih dahulu dibentuk bulat lalu direbus hingga mengapung. Biasanya disajikan dengan saus kacang, atau kalau kamu suka pedas bisa juga dengan sambal kacang. Ada juga varian cilok lainnya yang diberi isian seperti ayam, sapi, ataupun diisi dengan telur. Duh jadi lapar ya.


Cigo, cilok goang

credit: cookpad

Selain digoreng, cilok juga bisa dikuahin lho. Cigo ini merupakan makanan khas dari Tasikmalaya. Biasanya disajikan dengan ceker ayam dan kuah yang asin gurih. Mirip bakso banget nih, pasti enak banget deh kalau lagi hujan makan jajanan ini.


Cigor, cilok goreng

credit: roomvi.blogspot

Cilok yang sudah direbus lalu digoreng, jadilah cigor. Cilok goreng ini bisa diberi isian seperti cireng dan cilok. Cigor bisa digoreng crispy ataupun digoreng biasa aja nih.


Batagor, baso tahu goreng

credit: resepharian

Kamu pasti sudah sering menyantap jajanan ini. Biasanya para pedagang batagor berjualan di depan sekolah. Batagor terbuat dari aci dan ikan tenggiri lalu digoreng. Untuk tambahannya ada tahu dan bakso goreng juga. Cara memakannya bisa dimakan tanpa menggunakan saus alias polos atau 'diguyur' dengan saus kacang.


Siomay

credit: idemasak

Hampir sama seperti batagor yang menggunakan ikan tenggiri. Hanya saja siomay direbus bukan digoreng. Bahan tambahannya yaitu tahu, pare, telur, dan kentang. Makanan ini paling enak disantap selagi hangat.


Cikar, cilok bakar

credit: resepseharihari

Cara dibakarnya sama dengan sate, lalu disajikan dengan sambal pedas. Sama dengan siomay, makanan ini juga paling enak dimakan selagi hangat.


Cilung, aci digulung

trivia.id

Cara membuat cilung ini hampir mirip dengan darlung alias dadar gulung. Yang membedakannya yaitu ada adonan aci yang ditambahkan ke dalam cilung. Sama dengan darlung, cilung dimakan dengan cara ditaburi bumbu-bumbu seperti bubuk cabai, bumbu, asin ataupun manis gurih.


Cibay, aci lebay

credit: resepmasakankreatif

Mempunyai nama yang unik, jajanan ini menggunakan aci dan kulit lumpia sebagai bahan dasarnya. Cara memasaknya yaitu adonan aci diaduk sambil menambahkan bahan lainnya seperti ayam suwir, sayur-sayuran dan bumbu. Setelah menggumpal, aci dimasukkan ke dalam kulit lumpia lalu digoreng hingga warnanya kecokelatan. Mirip cireng nih, ya gak, Sahabat Trivia?


Cipuk, aci kerupuk

credit: femiliana29.blogspot

Nah kalau yang ini bahan dasarnya adalah kerupuk. Kerupuk ditumbuk lalu dicampurkan dengan aci, setelah itu direbus baru digoreng. Biasanya cipuk dimakan dengan sambal kacang atau dimakan polos saja.


Sahabat Trivia, itulah jajanan aci yang sering kamu jumpai dan masih eksis hingga sekarang. Adakah jajanan aci lainnya yang kamu ketahui?

BACA JUGA


19 Makanan Indonesia Ini Adalah Hidangan Favorit Para Turis Loh!

19 Makanan Indonesia Ini Adalah Hidangan Favorit Para Turis Loh!

Ternyata makanan Indonesia juga digemari oleh para turis. Hidangan yang kaya akan rempah dan rasa yang begitu kaya memang wajar sih jika ...

Read more..



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Selain Cimol, Jajanan dari Aci Ini Eksis dan Enak Banget. Apakah Kamu Sudah Coba Semuanya?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Yessica Yulia K. | @yessicayuliak

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week