Selain Payung Teduh, Karya Musisi-Musisi Folk Indonesia Ini Juga Perlu Kamu Tambahkan di Playlistmu. Pencinta Musik Folk Merapat!

Photo credit: blogspot

Selain Payung Teduh, Karya Musisi-Musisi Folk Indonesia Ini Juga Perlu Kamu Tambahkan di Playlistmu. Pencinta Musik Folk Merapat!

384
Selain Payung Teduh, siapa lagi sih musisi folk yang bisa kamu nikmati musiknya? Berikut rekomendasi band folk Indonesia yang karya-karyanya nggak kalah keren dari Payung Teduh. Simak, yuk!

Setelah terkenal lewat lagu Akad, band indie Payung Teduh kembali menjadi perbincangan publik setelah sang vokalis, Muhammad Istiqamah Djamad atau yang akrab dipanggil Is, mengumumkan pengunduran diri dari band yang telah melambungkan namanya. Is mengatakan bahwa dirinya akan mundur dari Payung Teduh pada akhir tahun ini.

Bagi pencinta musik indie, khususnya musik folk, kejadian ini sungguh disayangkan mengingat Payung Teduh merupakan salah satu musisi folk terbaik dan sedang naik daun di Indonesia. Selain Payung Teduh, siapa lagi sih musisi folk yang bisa kamu nikmati musiknya? Berikut rekomendasi band folk Indonesia yang karya-karyanya nggak kalah keren dari Payung Teduh. Simak, yuk!


1. Banda Neira

Pada akhir Desember 2016 lalu Banda Neira sempat membuat penikmat musik folk Indonesia patah hati. Pasalnya duo asal Bandung ini memutuskan untuk bubar setelah empat tahun berkarya. Banda Neira yang awalnya hanya merupakan proyek iseng Ananda Wardhana Badudu dan Rara Sekar Larasati ini ternyata mampu membius pendengar dengan lirik-lirik lagu mereka yang mudah dicerna. Selain membawakan karya-karya sendiri, mereka juga memusikalisasipuisikan beberapa puisi sastrawan Indonesia, seperti Rindu karya Subagio Sastrowardoyo dan Derai-Derai Cemara karya Chairil Anwar. Meski mereka telah bubar, tapi kamu tetap bisa menikmati karya-karya terbaik duo Banda Neira ini.

Courtesy: youtube/Banda Neira

2. Silampukau

Adalah Eki Trisnowening dan Kharis Junandharu yang merekam kondisi sosial dan kehidupan sehari-hari di Surabaya ke dalam lagu-lagu yang mereka bawakan. Duo folk asal kota pahlawan ini menyajikan lagu-lagu berirama folk dengan lirik-lirik puitis yang menyihir pendengar untuk lebih memahami setiap cerita yang diungkapkan. Meski lagu-lagu dalam album Dosa, Kota, dan Kenangan menceritakan tentang kehidupan di Surabaya, namun ternyata penggemar mereka tidak hanya berasal dari Surabaya, hal itu terlihat dari antusiasme dan apresiasi dari pencinta musik tanah air atas karya-karya Silampukau.

Courtesy: youtube/niamul huda

3. Stars and Rabbit

Stars and Rabbit berhasil mencuri perhatian penikmat musisi folk lewat single mereka Worth It di tahun 2011. Band asal Yogyakarta ini digawangi oleh Elda Suryani sebagai vokalis dan Adi Widodo sebagai gitaris. Suara dan penampilan Elda yang unik serta permainan gitar Adi yang atraktif membuat band ini semakin digemari. Selain diterima oleh masyarakat Indonesia, Stars and Rabbit juga telah menarik perhatian pencinta musik di luar negeri, terbukti dari penampilan mereka di Singapura, Malaysia, dan Inggris.

Courtesy: youtube/Stars and Rabbit

4. Dialog Dini Hari

Perpaduan antara musik folk, blues, dan ballad mengalun merdu dalam karya-karya band indie asal Bali ini. Band yang digawangi oleh Dadang SH Pranoto, Brozio Orah, dan Denny Surya ini kerap menyisipkan pesan-pesan sosial yang cerdas, namun tetap berbalut indah dengan irama yang mereka bawakan.

Courtesy: youtube/Dialog Dini Hari

5. Teman Sebangku

Satu lagi band indie asal Bandung yang bergerak di jalur musik folk, yaitu Teman Sebangku. Band yang terdiri dari Sarita Rahmi Listya sebagai vokalis dan Doly Harahap sebagai gitaris ini mengangkat tema-tema sederhana seputar kehidupan sehari-hari yang sering luput dari perhatian kita.

Photo credit: musiczone

Itulah rekomendasi 5 band folk indie asal Indonesia yang perlu kamu nikmati karya-karyanya. Kira-kira karya band mana yang sangat melekat di hatimu, Sahabat Trivia?

BACA JUGA


Ingin Berkarya Secara Indie? Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Memulai Berkarya, Sahabat Trivia!

Ingin Berkarya Secara Indie? Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Memulai Berkarya, Sahabat Trivia!

Bagi seniman pribadi, berkarya secara indie memberikan kepuasan tersendiri karena mereka dapat terlibat langsung dalam proses produksi ...

Read more..





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Selain Payung Teduh, Karya Musisi-Musisi Folk Indonesia Ini Juga Perlu Kamu Tambahkan di Playlistmu. Pencinta Musik Folk Merapat!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Ardianty | @diniardianty

A bibliophile, full time writer, Indonesian language teacher, and vegetarian

Silahkan login untuk memberi komentar