Selain Tere Liye, Kamu Sudah Baca Belum Karya-Karya Penulis Fiksi Populer Indonesia yang Juga Tidak Boleh Dilewatkan Ini?

Photo credit: Dhynhanarun

Selain Tere Liye, Kamu Sudah Baca Belum Karya-Karya Penulis Fiksi Populer Indonesia yang Juga Tidak Boleh Dilewatkan Ini?

243
Kalau karya Tere Liye sudah tidak lagi beredar di toko buku, karya-karya penulis fiksi populer Indonesia ini tetap bisa kamu nikmati kok. Tidak kalah menariknya lho, Sahabat Trivia!


Nama Tere Liye akhir-akhir ini menjadi buah bibir setelah mengeluhkan tingginya pajak bagi penulis yang membuatnya mengambil keputusan untuk memutus kontrak dengan 2 penerbit besar. Tere Liye memang dikenal sebagai salah satu penulis fiksi populer Indonesia yang sangat produktif. Tidak kurang dari 28 novel telah ditulisnya dan 2 di antaranya telah diangkat ke layar lebar, yaitu Hafalan Shalat Delisa dan Moga Bunda Disayang Allah. Karyanya pun selalu mendapat tempat di hati pembacanya, sehingga karya-karya Tere Liye telah berkali-kali dicetak ulang dan selalu memenuhi rak toko buku . Tidak heran jika banyak yang merasa kehilangan jika buku Tere Liye berhenti dicetak dan sudah tidak beredar di toko buku kelak. Tapi jangan khawatir, Sahabat Trivia tetap bisa menikmati karya-karya 5 penulis fiksi populer Indonesia yang tidak kalah produktif berikut. Siapa saja mereka? Simak ulasannya!


1. Christian Simamora

Christian Simamora mengawali karier sebagai penulis novel remaja sebelum akhirnya memutuskan untuk menulis cerita-cerita bergenre dewasa pada tahun 2007 lalu. Selain itu, novelnya yang berjudul PILLOW TALK disebut sebagai Book of The Year tahun 2010 oleh penerbit Gagas Media. Novel-novel penulis kelahiran 9 Juli 1983 yang masih banyak kita temukan di toko buku antara lain What A Boss Wants; How To Stay Single; Meet Lame; Tiger On My Bed; Marry Now, Sorry Later; All You Can Eat; dan masih banyak lagi.

Photo credit: Dhynhanarun

2. Boy Candra

Selain Tere Liye, nama Boy Candra juga sedang naik daun tahun ini. Penulis berusia 27 tahun ini telah menulis setidaknya 11 novel yang sebagian besar di antaranya telah diterbitkan ulang. Coba deh cek di toko buku terdekat, pasti novel-novel berjudul Satu Hari di 2008; Senja, Hujan, dan Cerita yang Telah Usai, Origami Hati: Karena Mencintai Tidak Perlu Meminta; Pada Senja yang Membawamu Pergi; Sebuah Usaha Melupakan; dan Seperti Hujan yang Jatuh ke Bumi masih tersedia di sana.

Photo credit: Bukalapak

3. Risa Saraswati

Nah, buat Sahabat Trivia yang suka baca karya bergenre horor, nama Risa Saraswati tentu tidak boleh dilewatkan begitu saja. Penulis yang telah akrab dengan dunia supranatural sejak kecil ini sangat menggemari karya-karya Enid Blyton dan R.L. Stine yang kemudian membuatnya tertarik untuk menulis diary hingga cerita fiksi. Novel-novelnya yang bergenre horor diantaranya Maddah, Sunyaruri, Ananta Prahadi, Catatan Hitam, Rasuk, dan Gerbang Dialog Danur. Ia juga menuliskan ‘teman-teman’ masa kecilnya ke dalam novel yang diberi judul sesuai nama mereka, seperti William, Peter, Hans, dan Hendrick. Akhir bulan Maret 2017 lalu, salah satu novelnya yang berjudul Gerbang Dialog Danur diangkat ke layar lebar dengan judul Danur.

Photo credit: instarix

4. Ilana Tan

Kamu pasti pernah tetralogi novel tetralogi empat musim yang cukup fenomenal itu. Yap, betul sekali! Novel Summer in Seoul, Autumn in Paris, Winter in Tokyo, dan Spring in London sukses membuat nama Ilana Tan menjadi salah satu penulis fiksi populer Indonesia yang kemampuannya tidak perlu diragukan lagi. Selain tetralogi empat musim, penulis yang tidak pernah menuliskan profil secara detail mengenai dirinya ini juga telah menulis novel-novel lain yang telah berkali-kali dicetak ulang, seperti Sunshine Become You, Autumn One More, Seasons to Remember, dan In a Blue Moon.

Photo credit: Prelo

5. Winna Efendi

Nama Winna Efendi semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia setelah dua novelnya diangkat ke layar lebar, yaitu Refrain dan Remember When. Selain dua novel tersebut, Winna Efendi juga telah menulis beberapa novel bergenre romance lainnya, seperti Ai, Glam Girls, Truth or Dare, Girl Meet Boy, dan Tomodachi. Penulis asal Jakarta ini juga telah mengantongi beberapa prestasi, di antaranya Long List Khatlistiwa Award untuk Penulis Muda Berbakat tahun 2009, Short List Anugerah Pembaca Indonesia kategori cover fiksi favorit untuk novel Refrain tahun 2009, dan Long List Anugerah Pembaca Indonesia kategori novel fiksi favorit untuk Refrain tahun 2009.

Photo credit: disastrousmindless

Itulah 5 penulis fiksi populer Indonesia yang sangat produktif dan karya-karyanya perlu kamu baca. Dari kelima penulis di atas, karya siapa yang sudah pernah kamu baca, Sahabat Trivia?

BACA JUGA


Kronologi Keluhan Tere Liye Soal Pajak Selangit. Begini Akhirnya Nasib Para Penulis!

Kronologi Keluhan Tere Liye Soal Pajak Selangit. Begini Akhirnya Nasib Para Penulis!

Dampak dari keluhannya dari pajak yang tinggi bagi penulis, Tere Liye memutuskan kontrak dengan 2 penerbit besar, yaitu Gramedia Pustaka ...

Read more..





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Selain Tere Liye, Kamu Sudah Baca Belum Karya-Karya Penulis Fiksi Populer Indonesia yang Juga Tidak Boleh Dilewatkan Ini?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Ardianty | @diniardianty

A bibliophile, full time writer, and vegetarian

Silahkan login untuk memberi komentar