Selamat Hari Raya Galungan! Inilah 6 Tradisi Unik Umat Hindu Peringati Galungan, Dari yang Biasa Sampai yang Bikin Bergidik!

photo credit: Odyssey Surf School

Selamat Hari Raya Galungan! Inilah 6 Tradisi Unik Umat Hindu Peringati Galungan, Dari yang Biasa Sampai yang Bikin Bergidik!

422
Umat Hindu di Bali memiliki beberapa tradisi dalam merayakan Hari Raya Galungan. Kamu sudah tahu apa saja?

Hari Raya Galungan diperingati oleh umat Hindu setiap 210 hari dengan menggunakan kalender Budha Kliwon Dungulan (Rabu Kliwon wuku Dungulan). Tahun 2017 ini, Hari Raya Galungan jatuh pada Rabu, 1 November. Hari Raya ini diperingati sebagai bentuk perayaan hari kemenangan Dharma (kebenaran) melawan Adharma (kejahatan).

Mungkin banyak dari kita yang belum tahu tradisi apa saja yang biasa dilakukan umat Hindu ketika merayakan Galungan. Ternyata, ada banyak tradisi yang menarik lho, Sahabat Trivia! Mulai dari berpakaian adat putih hingga menusuk diri sendiri dengan keris. Ketahui lebih dalam tentang tradisi-tradisi tersebut yuk!


Berpakaian adat warna putih dan pergi ke pura

photo credit: okezone

Pada Hari Raya Galungan, umat Hindu berpakaian adat dengan dominasi warna putih dan pergi ke pura-pura. Para wanitanya membawa sesajen di atas kepala mereka.


Jalanan yang dipenuhi dengan penjor

photo credit: Baliberkarya

Sebagai salah satu bentuk merayakan Hari Raya Galungan, umat Hindu akan memasang penjor-penjor di setiap sudut jalanan Bali. Penjor sendiri adalah tiang bambu setinggi kurang lebih delapan meter dengan hiasan janur yang dilengkapi dengan padi, jagung, buah-buahan, serta dedaunan.


Tradisi Ngurek yang bikin bergidik ngeri

photo credit: Jawa Pos

Tradisi Ngurek adalah tradisi di mana umat laki-laki Hindu menusuk diri sendiri dengan keris saat berada dalam kondisi kerauhan atau kesurupan. Ngurek berasal dari kata “urek” yang artinya melobangi atau tusuk. Tujuan dari tradisi ini adalah sebagai bentuk pengabdian umat Hindu kepada Sang Hyang Widhi Wasa. Uniknya, orang-orang yang melakukan Ngurek tidak merasa kesakitan karena diyakini dibantu oleh bantuan gaib.


Perang Jempana: mengarak tandu ke pura

photo credit: celotehsiragil.blogspot

Perang Jempana adalah tradisi di mana sekelompok umat Hindu bersama-sama membawa jempana atau tandu yang di atasnya terdapat sesajen dan simbol dewata ke pura untuk didoakan. Alasan dinamakan perang karena saat di perjalanan, para kelompok pengarak jempana akan saling bertemu dan beradu satu sama lain.


Menyeimbangkan alam dengan pementasan keliling barong

photo credit: priyogapratama.blogspot

Tradisi unik lainnya adalah Tradisi Ngelawang Barong. Ngelawang Barong adalah aktivitas di mana anak-anak mengarak sebuah barong berkeliling di luar pura. Ngelawang sendiri berasal dari kata lawang (pintu). Dalam tradisi ini kegiatan Ngelawang dilakukan dari rumah ke rumah. Para pemilik rumah kemudian akan memberikan uang sebagai haturan. Umat Hindu meyakini bahwa tradisi ini dapat menyeimbangkan alam dan mengusir roh-roh jahat sehingga manusia dijauhkan dari bala, penyakit, atau bahaya.


Laki-laki beradu tongkat dalam keadaan kesurupan di Tradisi Mekotek

photo credit: baligolive

Tradisi Mekotek ini merupakan tradisi yang kerap dilaksanakan secara turun temurun oleh warga Desa Munggu, Kecamatan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali. Awalnya, tradisi ini dilakukan sebagai bentuk penyambutan para prajurit Kerajaan Mengwi yang pulang dengan membawa kemenangan atas Kerajaan Blambangan. Hal yang dilakukan dalam tradisi ini adalah para pria membawa tongkat yang panjangnya sekitar 3 meter dan saling mengadu tongkat-tongkat mereka dalam keadaan kerauhan. Ketika para pria ini semakin rapat mengadu, mereka akan terlihat seperti membentuk sebuah piramida tongkat. Tujuan dari tradisi ini adalah untuk memohon keselamatan.

BACA JUGA


Destinasi Wisata Bali yang Paling Instagrammable. Ngaku Anak Kekinian, Harus Mampir ke Sini Saat Liburan!

Destinasi Wisata Bali yang Paling Instagrammable. Ngaku Anak Kekinian, Harus Mampir ke Sini Saat Liburan!

Sebagai anak kekinian belum sah namanya kalau liburan ke suatu tempat, nggak cari tempat yang instagrammable

Read more..

Unik-unik banget kan, tradisi di Hari Raya Galungan? Kalau kamu kebetulan berada di Bali saat perayaan tersebut berlangsung, pastikan kamu mengabadikannya lewat foto ya, Sahabat Trivia!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Selamat Hari Raya Galungan! Inilah 6 Tradisi Unik Umat Hindu Peringati Galungan, Dari yang Biasa Sampai yang Bikin Bergidik!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Tasha Pribadi | @tashapribadi

Silahkan login untuk memberi komentar