Seleksi CPNS Berlangsung. Kamu yang Mau Jadi PNS, Inilah Rahasia yang Perlu Kamu Siapkan. Jangan Sampai Lupa Nomor 3 Ya!

Photo credit: Jawa Pos

Seleksi CPNS Berlangsung. Kamu yang Mau Jadi PNS, Inilah Rahasia yang Perlu Kamu Siapkan. Jangan Sampai Lupa Nomor 3 Ya!

1.4K
Menjadi pegawai negeri sipil mungkin menjadi salah satu impian banyak orang. Supaya lulus seleksi, hal ini yang perlu kamu persiapkan untuk melewati ujiannya!

Pemerintah akhirnya kembali membuka lowongan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS 2017). Lowongan ini kabarnya akan dibuka pada tanggal 11 - 25 September 2017. Tentu saja untuk melewati tes penerimaan CPNS ini tidaklah mudah. Banyak tahapan yang wajib kamu lewati jika kamu berminat untuk menjadi PNS. Mulai dari tahapan administrasi hingga tahapan tes seperti Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) juga harus dilewati. Tidak heran kalau banyak orang yang mempersiapkan diri sejak lama untuk bisa diterima menjadi PNS.

Nah, untuk kamu yang kepengin banget daftar dan mengikuti seleksi CPNS 2017 ini, berikut ini persiapan yang harus kamu lakukan supaya bisa lancar dan lolos seleksi nih, Sahabat Trivia! Semoga membantu ya.


1. Pastikan bahwa kamu mengetahui informasi lengkap seputar lowongan CPNS 2017 ini terlebih dahulu

Untuk mengikuti suatu seleksi, tentu saja hal pertama yang wajib kamu persiapkan adalah pengetahuan tentang seleksi itu sendiri. Kalau kamu sudah sangat paham dan menerima banyak informasi yang jelas tentang lowongan tersebut, kamu harus mempersiapkan diri untuk mengumpulkan data atau berkas apa saja yang kamu butuhkan untuk bisa melewati seleksi tersebut.


2. Kalau semua data dan berkas yang kamu butuhkan sudah terkumpul lengkap, saatnya untuk kamu mendaftarkan diri segera

Jangan sampai kelewatan momen pendaftaran ya, Sahabat Trivia. Nggak lucu dong kalau semua berkas dan data sudah terkumpul lengkap dan ditata dengan sangat rapi, tapi malah tidak jadi mendaftar. Nah, tahap inilah awal dari seluruh rangkaian seleksi yang akan kamu lewati. Jadi, persiapannya harus ditambah lagi.


3. Pelajari materi yang akan dites selama proses seleksi

Peserta wajib mempelajari sesuai dengan kisi-kisi yang telah ditetapkan oleh pemerintah dalam penyeleksian CPNS ini. Tes yang akan dilewati oleh para peserta adalah Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Intelegensia Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). Dalam tahap TKW, para peserta wajib menguasai dan mampu mengimplementasikan nilai-nilai 4 pilar kebangsaan Indonesia. Keempat pilar itu meliputi Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Indonesia (NKRI). Tahap TIU, peserta diharapkan mampu menyampaikan informasi secara lisan maupun tulis. Dan pada tahap TKP sendiri untuk menilai integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, orientasi kepada orang lain, kemampuan beradaptasi, kemampuan mengendalikan diri, kemampuan bekerja mandiri dan tuntas, kemauan dan kemampuan belajar berkelanjutan.


4. Percaya diri dalam menghadapi proses penyeleksian

Jika segala materi dan persiapan yang kamu lakukan dalam menghadapi proses penyeleksian sudah dirasa cukup, langkah selanjutnya adalah menumbuhkan rasa percaya diri yang cukup pula. Agar dalam menghadapi segala tes, langkah kamu juga akan terasa ringan. Jangan lupa juga disertai dengan doa ya, Sahabat Trivia!


5. Rileks juga sangat dibutuhkan

Terkadang rasa percaya diri sudah tumbuh, namun perasaan kamu masih gelisah. Nah, kalau sudah begini, mungkin kamu bisa mengatur napas kamu dan terus berdoa supaya kamu bisa lebih rileks dalam menghadapi seleksi CPNS 2017 ini. Semangat ya, Sahabat Trivia!

BACA JUGA


Fakta-Fakta tentang Meikarta, Calon Lokasi Terlengkap dan Tercanggih yang Ada di Kota Bekasi

Fakta-Fakta tentang Meikarta, Calon Lokasi Terlengkap dan Tercanggih yang Ada di Kota Bekasi

Belakangan di televisi, media cetak bahkan di beberapa mall ternama Indonesia, mungkin kamu akan lihat iklan penjualan kota Meikarta. ...

Read more..

Nah, kalau sudah melakukan persiapan yang matang, tinggal bangkitkan rasa percaya diri dan berdoa yang banyak. Semoga kamu menjadi salah satu orang yang bisa melewati seleksi CPNS ini ya, Sahabat Trivia!


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Seleksi CPNS Berlangsung. Kamu yang Mau Jadi PNS, Inilah Rahasia yang Perlu Kamu Siapkan. Jangan Sampai Lupa Nomor 3 Ya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar