Sering di Ruangan Ber-AC? Waspada Terkena 4 Penyakit Ini, Sahabat Trivia!

photo credit: Air Quality Solutions

Sering di Ruangan Ber-AC? Waspada Terkena 4 Penyakit Ini, Sahabat Trivia!

738
Pendingin ruangan atau AC merupakan alat yang cukup dibutuhkan di negara tropis seperti Indonesia. Namun, ternyata sering berada di lingkungan ber-AC dapat menimbulkan beberapa penyakit loh.

Zaman sekarang hampir sebagian besar ruang aktivitas memiliki fasilitas pendingin ruangan alias AC. Terutama di Indonesia, negara beriklim tropis ini memang butuh fasilitas pendingin ruangan. Namun, tanpa kita sadari, ternyata sering berada di ruangan ber-AC dapat menimbulkan beberapa penyakit loh. Berikut ini beberapa jenis penyakit yang dipicu dari paparan AC yang berlebihan.



Bell's Palsy

Bell's Palsy - photo credit: allaboutvision
photo credit: allaboutvision

Bell's Palsy atau kelumpuhan muka satu sisi adalah dampak dari paparan AC secara terus-menerus, hingga mengakibatkan pembengkakan syaraf wajah. Umumnya, tanda-tanda yang diakibatkan, yakni salah satu mata terasa pedih saat membersihkan muka, sulit dipejamkan, susah berkumur, kondisi mulut menjadi miring/tidak simetris, berbicara dengan parau, serta menyusutnya kemampuan pengecapan lidah. Penyakit ini diduga datang dari infeksi virus yang terbawa oleh udara dan disirkulasikan oleh AC.



Tortikolis

Tortikolis - photo credit: hellosehat
photo credit: hellosehat

Tortikolis adalah gangguan pada otot leher yang mengakibatkan kepala tampak memutar ke samping. Biasanya, sering dirasakan ketika bangun tidur. Gejala yang dirasakan penderitanya adalah leher yang terasa kaku, sulit menengok ke satu sisi, dan terasa bagai disetrum saat dipaksakan bergerak. 

Tortikolis biasanya disebabkan karena adanya kerusakan pada otot leher, tulang belakang bagian atas, atau bahkan kerusakan pada sistem syaraf. Penyebab ini lebih rentan terjadi saat tubuh dalam kondisi dingin daripada saat tubuh hangat. Pengobatan penyakit ini bisa dengan melakukan rileksasi, memijat atau mengompres area leher yang tegang dengan air hangat.



Frozen Shoulder

Frozen Shoulder - fitphysiotherapy
fitphysiotherapy

Frozen Shoulder adalah rasa kaku, nyeri, dan terbatasnya gerakan di bahu yang terjadi setelah mengalami cidera atau efek domino dari penyakit lain, misal diabetes atau stroke. Penyakit ini diindikasikan sebagai peristiwa dimana jaringan di sekitar bahu mejadi kaku, dan gerakan bahu menjadi lebih sulit dan memberikan rasa sakit saat digerakkan. Tanda-tanda lain yang dirasakan yaitu sulit meenggerakan lengan saat menggosok gigi atau menyisir rambut. penyakit ini akan membatasi penderitanya saat beraktivitas, jika tidak segera disembuhkan.



Carpal Tunnel Syndrome

Carpal Tunnel Syndrome - woodtv.com
woodtv.com

Carpal Tunnel Syndrome adalah kondisi menyakitkan yang terjadi di tangan dan jari-jari tangan, yanng disebabkan oleh tekanan syaraf utama. Area yang sakit berada di tulang-tulang karpal, lalu bagian depan pergelangan tangan, persendian lengan. Penyakit ini disebabkan oleh gerakan yang berulang dalam jangka panjang atau penyimpanan suatu cairan  dan ditandai oleh rasa kesemutan, mati rasa, atau terbakar. Penyakit ini bisa menjadi semakin parah ketika terpapar udara dingin AC saat malam hari.

BACA JUGA


Stres karena Kesibukan dan Rutinitasmu? 7 Olahraga Ini Dapat Membuatmu Fun dan Fresh Kembali, Loh!

Stres karena Kesibukan dan Rutinitasmu? 7 Olahraga Ini Dapat Membuatmu Fun dan Fresh Kembali, Loh!

Olahraga merupakan suatu gerakan olah tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Olahraga membantu merangsang otot-otot dan ...

Read more..

Nah, itulah 4 jenis penyakit yang mengancam kamu, yang sering terpapar udara dingin dari AC. Untuk menghindarinya, upayakan untuk tidak berada di dalam ruangan sehari penuh. Sempatkanlah beberapa jam untuk menghirup udara luar di luar luangan yah, Sahabat Trivia. Kamu punya tips lainnya? Kasih tahu di kolom komentar yah!



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sering di Ruangan Ber-AC? Waspada Terkena 4 Penyakit Ini, Sahabat Trivia!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Bintoro Riadi | @torotoar

Silahkan login untuk memberi komentar