Situs Lowongan Kerja yang Bisa Kamu Pakai Buat Cari Kerja dan Kelebihannya yang Perlu Kamu Tahu

Business News Daily

Situs Lowongan Kerja yang Bisa Kamu Pakai Buat Cari Kerja dan Kelebihannya yang Perlu Kamu Tahu

1.9K
Sedang mencari kerja? Tak perlu bingung atau galau. Kecanggihan teknologi masa kini memudahkan berbagai aktivitas manusia, termasuk dalam proses pencarian kerja. Simak yuk beberapa situs pencarian kerja berikut.

Lulus kuliah dan bingung hendak berkarya di mana? Mungkin kamu lelah membaca baris iklan dan lowongan kerja di surat kabar. Kamu juga telah mengikuti berbagai job fair. Sementara lamaran kerja yang kamu kirim tak kunjung mendapat jawaban. Apakah kamu menyerah? Tenang, situs lowongan kerja adalah jawabannya. Keberadaan situs-situs lowongan kerja di internet akan memperluas jangkauan pencarianmu. Pastikan terlebih dahulu kamu memiliki kuota data internet untuk mengunjungi satu per satu laman berikut ini.

Baca juga: Sering Gagal Interview Kerja? Pahami 9 Pertanyaan 'Jebakan Batman' yang Perlu Kamu Tahu saat Interview


1. Qerja (qerja.com)

photo credit: tech in asia

Situs yang mengusung tagline empowering your career ini merupakan sebuah komunitas online. Keanggotaannya bersifat terbuka bagi karyawan dari seluruh Indonesia dan Malaysia. Selain menyediakan informasi tentang lowongan kerja, terdapat juga ulasan tentang gaji dan suasana kerja yang disampaikan langsung oleh para anggota. Informasi lowongan kerja pada situs ini bisa dipilah berdasarkan lokasi, bidang pekerjaan, gaji, dan fresh graduate. Opsi fresh graduate hanya akan menampilkan info lowongan kerja bagi kamu yang baru lulus. Pada situs ini terdapat halaman jurnal yang menyajikan artikel seputar dunia kerja yang tentunya akan semakin menambah wawasan pengunjung situs. Baru-baru ini, Qerja menambahkan halaman baru yaitu Rewards, sebuah halaman yang memberikan penawaran khusus bagi member.

Baca juga: Kerja di Coworking Space Karena Bosan dengan Suasana Kerja Kantoran? 7 Alasan Kamu Harus Mencoba Bekerja di Coworking Space


2. Urbanhire (urbanhire.com/id)

photo credit: tech in asia

Situs yang satu ini memberikan penawaran berlangganan. Cukup dengan mendaftarkan alamat email, setiap minggu kamu bisa tahu kabar terkini lowongan pekerjaan dari seluruh Indonesia. Informasi lowongan kerja di platform Urbanhire dapat dipilah berdasarkan abjad, lokasi, perusahaan, dan bidang pekerjaan. Kamu juga bisa menemukan banyak artikel menarik pada halaman Tips Karir.

Baca juga: Tips Berkarir di Usia Muda Berikut Ini Membuatmu Lebih Siap Menghadapi Dunia Kerja. Kerja Tak Hanya Bermodalkan Nilai Kuliah Aja, Lho!


3. Glints (glints.id)

photo credit: harian tekno

Glints hadir membawa angin segar di tengah hingar bingar pencari kerja dan pencari karyawan. Platform Glints tidak kaku seperti kebanyakan situs pencarian kerja yang lain. Ketika koneksi loading, muncul kalimat bijak tokoh dunia seperti Mahatma Gandhi. Situs ini menjanjikan klien untuk mendapatkan pekerjaan atau karyawan mereka dalam waktu 14 hari. Tidak hanya pekerjaan full-time, info magang juga bisa kamu temukan di sini. Jika berminat, kamu juga bisa mendapat bimbingan privat dalam proses pencarian kerja melalui live chat. Selain itu, Glints juga membuka kesempatan bagi kamu untuk menjadi brand ambassador mereka.


4. Loker (loker.web.id)


Melalui situs Loker, kamu bisa menjelajahi peluang kerja berdasarkan kategori, lokasi, industri, jenjang pendidikan, gaji dan tipe pekerjaan. Loker menjamin validitas dan akurasi informasi. Setiap informasi lowongan pekerjaan yang masuk ke meja redaksi selalu diperiksa secara manual terlebih dahulu sebelum dipublikasikan.

Baca juga: Kerja Magang Setelah Lulus Kuliah. Inilah 5 Keuntungan yang Bisa Kamu Dapatkan!


5. Karir (karir.com)


Karir adalah portal penyedia informasi lowongan pekerjaan lokal pertama di Indonesia yang berdiri pada tahun 1999. Situs ini merupakan bagian dari Emtek Group divisi Media. Kamu bisa menemukan halaman pengembangan diri di portal ini. Pada halaman tersebut pengunjung dapat mengikuti tes kemampuan bahasa Inggris, tes minat, tes gaya komunikasi, dan artikel mengenai pengembangan karir. Ada pula alat pengecek gaji yang bisa kamu gunakan untuk melihat apakah gaji yang kamu dapat sudah sesuai dengan kerja kerasmu atau melihat gaji profesi lain. Caranya cukup dengan mendaftarkan email saja. Sebagai portal rujukan para pencari kerja, Karir digarap profesional bekerjasama dengan berbagai perusahaan besar dan universitas ternama.


6. Jobscdc (jobscdc.com)


Tampilan situs Jobsdcs (jobs and career development center) mungkin memang kurang meyakinkan. Tapi, situs ini cukup populer di kalangan para pencari kerja. Situs ini menyediakan kategori khusus lowongan kerja CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil). Kategori inilah yang menyebabkan situs Jobsdcs menjadi lebih populer karena profesi PNS masih dianggap prestisius karena menjamin keamanan finansial di masa tua kelak.

Baca juga: Lulus Kuliah, Pilih Kerja atau Wirausaha? Ini 6 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan


7. Job-like (job-like.com)


Selanjutnya, situs penyedia informasi lowongan kerja buatan lokal adalah Job-like. Informasi lowongan pekerjaan di portal ini bisa dipilah berdasarkan industri, spesialisasi, dan lokasi. Pada menu lokasi Job-Like, bisa kamu temukan 34 provinsi di Indonesia ditambah 1 rangkuman lokasi luar negeri. Secara umum, Job-Like menyediakan lowongan pekerjaan kantoran. Oleh karena itu, informasi lowongan CPNS pasti tidak ketinggalan.


8. Jora (jora.com)


Jora adalah startup asal Australia. Ibarat halaman Google, Jora memiliki tampilan yang sederhana. Cara kerjanya pun mengadopsi cara mesin pencarian Google bekerja. Berbagai portal pencarian kerja di Argentina, Australia, Brazil, Perancis, Hongkong, India, Indonesia, Malaysia, Meksiko, Selandia Baru, Filipina, Afrika Selatan, Spanyol, Thailand, Inggris, Amerika Serikat, dan Vietnam terkumpul jadi satu di Jora. Pekerjaan yang kamu cari bisa dipilah berdasarkan negara, lokasi dan bidang pekerjaan.


9. Indeed (indeed.com)


Seperti hubungan Google dan Yahoo, begitu pula hubungan Jora dan Indeed. Keduanya sama-sama agregator yang berfungsi sebagai mesin pencari kerja. Kamu cukup mengetik kata kunci apa saja, misalnya web developer, photographer, dan lain-lain. Kamu akan menemukan info lowongan kerja dari berbagai perusahaan di Indonesia. Fitur agregator Indeed juga memungkinkan pencarian dari surat kabar maupun laman karier di sebuah situs perusahaan. Selain Indonesia, Indeed menyediakan info lowongan kerja di Amerika Serikat.

Baca juga: Tempat Kerja dan Belajar Kekinian yang Bisa Kamu Coba. Biar Nggak Bosan, Harus Coba yang Berikut Ini


So, apakah kebingunganmu sudah reda? Setelah mengetahui beberapa situs lowongan kerja di Indonesia, kini saatnya kamu mulai bertindak dan menentukan pilihan. Percayalah hal baik akan segera datang menghampirimu. Kuncinya tetap optimis dan pantang menyerah. Semangat!

Baca juga: Cemas Hadapi Wawancara Kerja? Lakukan 5 Hal Ini agar Kamu Lebih Tenang dan Percaya Diri




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Situs Lowongan Kerja yang Bisa Kamu Pakai Buat Cari Kerja dan Kelebihannya yang Perlu Kamu Tahu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Henny Alifah | @hennyalifah

Writer and Knitter

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week