Sopan Santun Sama Driver Transportasi Online yang Harus Kamu Tahu. Biar Sama-Sama Happy dan Nggak Saling Merugikan

Photo credit: detikNews

Sopan Santun Sama Driver Transportasi Online yang Harus Kamu Tahu. Biar Sama-Sama Happy dan Nggak Saling Merugikan

486
Viralnya penumpang yang dihajar driver ojek online ini cukup memberikan kita pelajaran bagaimana seharusnya kita bersikap sopan kepada driver transportasi online. Biar sama-sama senang dan tidak ada yang merasa dirugikan.

Apakah Sahabat Trivia salah satu orang yang sering sekali menggunakan transportasi online? Pasti punya banyak cerita suka dan duka yang disampaikan oleh para driver atau mungkin sebagai penumpang yang rutin menggunakan transportasi online, kamu juga merasakan suka dan dukanya juga. Beberapa waktu lalu sempat ramai di media sosial tentang seorang penumpang dipukuli oleh beberapa driver transportasi online. Berawal dari salah seorang calon penumpang yang berkali-kali membatalkan pesanannya. Para driver ojek online yang pesanannya dibatalkan pun akhirnya menghampiri si calon penumpang yang diduga sudah berkali-kali membatalkan pesanannya tersebut. Sang penumpang pun hanya bisa diam karena posisinya sudah dikelilingi oleh beberapa driver ojek online tersebut. Para driver tak kuasa menahan amarahnya dan akhirnya beberapa di antaranya melayangkan pukulan ke bagian wajah dan kepala penumpang.

Public Relations Manager dari transportasi online bersangkutan yang sudah menerima laporan ini pun menanggapi perihal kejadian tersebut. Kabarnya, kejadian ini akan ditelusuri lebih lanjut dan pihaknya dan meminta maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh penumpang transportasi online tersebut. Sang penumpang pun sempat menerima perawatan di rumah sakit terdekat selama 1 hari. Mata sang penumpang sempat memar dan kemerahan karena mendapatkan pemukulan sebanyak 2 kali. Hingga saat ini, pihak dari transportasi online dan kepolisian masih berusaha menyelidiki kasus tersebut.

Terlepas dari kejadian ini, banyak dari kita yang terkadang lupa untuk bersikap baik, sopan, santun, dan tidak seenaknya saat memesan transportasi online. Nah, berikut ini sopan dan santun yang wajib kamu tahu sebagai penumpang transportasi. online.


1. Jangan marah-marah kalau sang driver lama menjemput kamu

Photo credit: Merdeka

Kadang alamat lokasi tempat kamu berada mungkin belum pernah dikunjungi oleh sang driver. Jadi, kalau sang driver kebingungan jemput kamu, jangan keburu kesal dahulu ya. Mungkin saja sang driver kebingungan karena kadang GPS suka tidak tepat menunjukkan arah. Kamu bisa arahkan patokan lokasi kamu berada atau kirimkan alamat selengkap-lengkapnya ya, Sahabat Trivia!


2. Jangan terlalu sering membatalkan pesanan kamu

Photo credit: Tribun Jateng

Hal ini yang mungkin sering kita lakukan ya, Sahabat Trivia. Sebaiknya jangan terlalu sering melakukan pembatalan orderan. Karena hal tersebut bisa saja membuat reputasi sang driver jadi turun dan driver jadi kesulitan untuk mendapatkan penumpang selanjutnya. Sebaiknya, tanyakan saja terlebih dahulu jika sekiranya jarak tempuh untuk si driver untuk jemput kamu terlalu jauh atau tidak. Kalau masih jauh dan kamu buru-buru, kamu bisa tawarkan apakah tidak masalah jika dicancel untuk sang driver.


3. Kalau kamu pesan mendadak dan ternyata dapat drivernya lama atau drivernya sampainya butuh waktu, jangan kesal ya!

Photo credit: Merdeka

Menunggu memang hal yang sangat menyebalkan ya, Sahabat Trivia. Tapi, kalau kesal karena lama menunggu driver ojek online pesanan yang lama sedangkan kamu pesan secara mendadak, jangan sampai terjadi ya, Sahabat Trivia. Kalau memang sedang terburu-buru dan malas untuk menunggu, sebaiknya kamu cari alternatif kendaraan lain yang lebih cepat kamu dapatkan. Kamu juga bisa mempertimbangkan untuk meluangkan waktu beberapa menit untuk menunggu dijemput.


4. Wajib rasanya menegur sang driver yang mengebut di jalan atau memperlakukan kamu tidak sopan

Photo credit: NU Online

Kadang, kalau penumpang sudah berlaku sopan, justru sang driverlah yang sedikit menyebalkan atau bahkan berkendara secara ugal-ugalan. Nah, kalau sudah seperti ini, kita sebagai penumpang wajib banget menegur. Karena hal tersebut juga demi keamanan dan kenyamanan kamu, Sahabat Trivia.


5. Memberikan apresiasi kepada sang driver

Photo credit: Twitter

Setelah diantar ke tempat tujuan dengan aman, ada baiknya kamu memberikan apresiasi kepada driver transportasi online tersebut. Bisa dengan memberi penilaian yang maksimal atau memberikan sedikit ongkos tambahan sebagai tip juga, Sahabat Trivia. Kamu aman, driver pun jadi senang.

BACA JUGA


Tipe-Tipe Driver Ojek Online yang Suka Bikin Penumpang Keki. Kamu Pernah Mengalaminya Juga Nggak?

Tipe-Tipe Driver Ojek Online yang Suka Bikin Penumpang Keki. Kamu Pernah Mengalaminya Juga Nggak?

Keberadaan ojek online ini memang tidak terpisahkan, apalagi di tengah macetnya ibu kota yang sudah semakin parah

Read more..

Nah, kejadian ini benar-benar memberikan pelajaran untuk kita ya, Sahabat Trivia. Jangan lupa untuk selalu menjaga sopan santun kita terhadap pengemudi transportasi yang kita tumpangi ya, supaya sama-sama happy dan tidak saling merugikan!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sopan Santun Sama Driver Transportasi Online yang Harus Kamu Tahu. Biar Sama-Sama Happy dan Nggak Saling Merugikan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar