Stres karena Kesibukan dan Rutinitasmu? 7 Olahraga Ini Dapat Membuatmu Fun dan Fresh Kembali, Loh!

photo credit: flickr

Stres karena Kesibukan dan Rutinitasmu? 7 Olahraga Ini Dapat Membuatmu Fun dan Fresh Kembali, Loh!

1.4K
Olahraga dan gaya hidup sesuatu yang tidak dapat dipisahkan. Manfaatkan waktu senggang kamu dengan berolahraga di sela-sela rutinitas sehingga mood kerjamu semakin baik.

Olahraga merupakan suatu gerakan olah tubuh yang memberikan efek pada tubuh secara keseluruhan. Olahraga membantu merangsang otot-otot dan bagian tubuh lainnya untuk bergerak. Maka dari itu, olahraga memiliki banyak sekali manfaat yang sangat berperan penting dalam memelihara kebugaran fisik dan mental. Misalnya, mengurangi tekanan stres, pikiran menjadi fokus, menjadi awet muda, dan lain sebagainya. Berdasarkan temuan dari Daniel M. Landers, profesor ilmu kesehatan fisik dan olahraga dari Universitas Arizona, cukup dengan menggerakan tubuh selama 10 menit setiap hari maka kesehatan mental kita akan meningkat cepat. Selain itu, daya pikir akan bertambah jernih dan dapat mengurangi ketegangan stres serta membuat perasaan menjadi riang selalu.

Baca juga: Olahraga Ringan di Kantor Ini Sangat Dibutuhkan. Lakukan Ini Untuk Menjagamu Tetap Sehat di Tengah Kesibukan


Apakah sahabat Trivia sangat gemar berolahraga? Di waktu senggang rutinitas yang begitu padat dan sibuk bahkan sampai lembur, hal apa saja yang biasa dilakukan sehingga secara jasmaniah tetap fit dan fresh ? Meski sibuk, aktvitas olahraga tetap perlu dijaga. Tak perlu lama asalkan rutin dilakukan. Berikut tujuh olahraga yang bisa membuatmu fresh kembali.


Catur

Catur - photo credit: tanda pagar
photo credit: tanda pagar

Meski merupakan olahraga yang begitu sederhana, banyak manfaat yang dapat diperoleh dari bermain catur. Meskipun olahraga ini tidak begitu berperan besar dalam membentuk tubuh, catur merupakan salah satu jenis olahraga terbaik untuk melatih organ-organ penting di dalam tubuh. Otak dan tubuh ibarat dua sisi koin yang berkaitan satu dengan yang lain. Ketika otot tubuh dilatih dengan baik agar tetap bugar, maka otak pun juga demikian sehingga tetap berfungsi dengan baik. Salah satu manfaat kesehatan dari olahraga catur adalah membantu mencegah alzheimer. Berdasarkan studi dalam The New England Journal of Medicine, dinemukan fakta bahwa mereka yang rata-rata berusia di atas 75 tahun yang terlibat dalam permainan catur, cenderung lebih sedikit mengalami demensia dibandingkan bagi mereka yang tidak bermain catur. 



Bridge

Bridge  - photo credit: windows wall
photo credit: windows wall

Di dalam kehidupan masyarakat, cenderung persepsi orang mengatakan bahwa bridge merupakan permainan ‘judi’. Persepsi keliru tersebut dapat dipatahkan. Menurut Ekawahyu Kasih selaku Ketua Umum Pengurus Besar Gabungan Bridge Seluruh Indonesia (PBGABSI) periode 2014-2018, bridge tidak hanya sebatas tantangan rasio atau olah pikir bagi sang pemain. Hal positif yang diperoleh yang bisa dimanfaatkan untuk membentuk kepribadian, seperti kerja keras, sabar, tekun, cermat memiliki jiwa kepemimpinan, hingga berani mengambil keputusan dengan tepat.



Jogging

Jogging - photo credit: veryfun
photo credit: veryfun

Sisihkanlah waktu minimal 30 menit setiap hari untuk berolahraga. Selain murah dan sederhana, tentu manfaat yang diperoleh dalam menunjang kesehatan baik fisik dan mental sangat berperan penting dalam meningkatkan kinerja dan produktivitas. Aktiviktas lari atau jogging tidak hanya untuk kebugaran fisik, ketenangan pikiran pun akan diperoleh juga. Jika pikiran dan mental terjaga melalui aktivitas ini, maka mood akan selalu bertumbuh secara positif dalam kehidupan sehari-hari.



Jalan Kaki

Jalan Kaki - photo credit: solusisehatku
photo credit: solusisehatku

Jalan kaki adalah kegiatan yang sederhana dan murah. Namun, sangat disayangkan banyak yang enggan untuk berjalan kaki lantaran banyak tersedianya alat transportasi pribadi yang dimiliki. Jalan kaki memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Geoff Nicholson dalam bukunya, Lost Art of Walking, memuji manfaat besar yang didapatkan dari berjalan kaki. Tak hanya baik bagi kesehatan fisik. Secara psikologi dan manfaat sosial, aktivitas yang sederhana ini juga bisa mengubah hidup kamu.

Baca juga: Zumba, Olahraga Asyik yang Membuatmu Berjoget dan Berkeringat Secara Maksimal. Ikuti Panduan dari 6 Youtuber Ini dan Berjogetlah!


Bersepeda

Bersepeda - photo credit: dietsehatcantik
photo credit: dietsehatcantik

Siapakah yang gemar olahraga bersepeda? Olahraga ini juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Bersepeda membuat tubuh bergerak aktif. Sebagaimana kita tahu, tubuh yang aktif adalah salah satu syarat penting untuk menjaga kualitas kesehatan kita. Bersepeda sendiri, jika dilakukan minimal dua setengah jam seminggu secara rutin, dapat memiliki dampak positif bagi kesehatan tubuh.



Meditasi

Meditasi  - photo credit: hemaviton
photo credit: hemaviton

Dalam bahasa sederhana, meditasi adalah cara yang dilakukan oleh seseorang untuk melatih dirinya, dalam memiliki cita atau sikap yang lebih baik dan bermanfaat. Jiwa yang lebih santai dan rileks, tidak risau, dan tidak mudah tegang dalam menghadapi situasi sebagai salah bentuk sikap yang dijadikan cita-cita bagi seseorang yang melakukan meditasi. Untuk melakukan meditasi, tidak cukup hanya sekali, harus dilakukan secara berulang sehingga mendapatkan ketenangan batin yang diharapkan.

Baca juga: Ingin Mendapatkan Tubuh Ideal? Satu Olahraga Saja Tak Cukup! Lakukan Hal-Hal Berikut Ini!


Panahan

Panahan  - photo credit: kepoinhealty
photo credit: kepoinhealty

Banyak manfaat yang diperoleh dari olahraga panahan. Misalnya ketenangan, melatih fokus, keberanian, hingga mengasah mental pemenang. Panahan adalah olahraga yang memerlukan aktivitas fisik dan dapat dinikmati oleh semua kalangan. Sisi lain yang menjadi keunikan dari olahraga panahan ialah bisa menjadi terapi untuk anak berkebutuhan khusus. Tujuannya untuk membuat mereka lebih rileks dan mengendalikan diri.



So, semoga bermanfaat ya. Share juga yuk aktivitas seru kalian dalam berolahraga di kolom komentar!

Baca juga: Jadilah Lebih Bahagia dan Semakin Sehat dengan Melakukan Tantangan Ini. Karena Hidup Hanya Sekali


#NulisTiapHari #TriviaWritersClub





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Stres karena Kesibukan dan Rutinitasmu? 7 Olahraga Ini Dapat Membuatmu Fun dan Fresh Kembali, Loh!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Muhamad Handar | @MuhamadHandar

Selalu berbuat baik dan bermanfaat bagi orang lain :)

Silahkan login untuk memberi komentar