Stuntman Demian Terluka Saat Aksi.  Ketahui Fakta Menarik Profesi Stuntman yang Dibayar untuk Taruhkan Nyawa!

photo credit: Kapanlagi

Stuntman Demian Terluka Saat Aksi. Ketahui Fakta Menarik Profesi Stuntman yang Dibayar untuk Taruhkan Nyawa!

1.1K
Jadi stuntman tak hanya mengerikan, tapi juga berpeluang jadi bintang!

Demian tak hanya menuai pujian pada aksi sulap yang ditampilkannya Rabu malam lalu. Tak sedikit penonton dan warganet yang memberikan komentar negatif bahkan menyuruh Demian berhenti bermasin sulap. Kabarnya, sulap bernama The Death Drop itu berakhir dengan mengerikan. Adanya sedikit kesalahan yang berakibat fatal menyebabkan Edison Wardhana, stuntman Demian, mengalami cedera yang cukup serius.

Bisa dipahami mengapa warganet merasa geram terhadap aksi sulap Demian yang seolah mempertahurkan keselamatan orang lain tersebut. Di sisi lain profesi stuntman adalah pekerjaan dengan risiko tinggi yang bisa mengancam keselamatan. Tak hanya bermodalkan keberanian, stuntman juga harus memiliki beragam skill yang memadai.

Masih ingat kasus Joi ‘SJ’ Harris? stuntman wanita pemberani yang tewas ketika shooting film Deadpool 2. Pemeran pengganti tokoh Domino ini tewas saat adegan mengendarai motor melalui jendela.

Tapi, menjadi stuntman tak selamanya mengerikan kok. Ketahui fakta-fakta profesi yang dibayar dengan taruhan nyawa, berikut ini.


Stuntman atau pemeran pengganti memang dibayar untuk adegan berbahaya

photo credit: rickenglishstunts

Sebagai pemeran pengganti adegan berbahaya, seorang stuntman harus paham risiko yang mungkin menimpanya. Walau begitu, bukan berarti keamanan dan keselamatan saat beradegan menjadi seadanya.

Beberapa adegan berbahaya yang biasanya menggunakan jasa stuntman adalah melompat dari ketinggian, berada di tengah kobaran api, berenang, memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, dan sebagainya.


Tidak asal berani, stuntman juga perlu mengikuti serangkaian pelatihan

photo credit: Gold Coast Bulletin

Seorang stuntman harus mengikuti pelatihan sebelum melakukan aksi berbahaya atau memang telah memiliki skill khusus yang berkaitan dengan adegan tersebut. Seperti Joi ‘SJ’ Harris yang memang merupakan seorang rider profesional yang berlisensi. Jadi, nggak bisa sembarang orang.


Ada penghargaan khusus buat stuntman loh!

photo credit: Zimbio

Atas aksi-aksi heroik yang telah para stuntman lakukan, mereka berpeluang mendapatkan penghargaan khusus dalam The Taurus World Stunt Awards. Syaratnya, stuntman harus berlisensi atau tergabung dalam Screen Actors Guild.


Selain risiko keselamatan, jadi stuntman juga harus rela tidak terkenal

photo credit: Gold Coast Bulletin

Namanya jug pemeran pengganti, kadang penonton bahkan tak menyadari bahwa aktornya telah berubah. Jadi, sebagai stuntman harus rela jika dirinya tidak seterkenal aktor yang digantikannya. Padahal aksi-aksi yang mereka lakukanlah yang sering membuat penonton terkagum-kagum, yah.


Tapi, jadi stuntman bisa membuka jalan menjadi bintang

photo credit: ew

Eits, tapi jangan salah kira dulu. Tak selamanya stuntman akan menjadi orang di belakang layar. Seorang stuntman juga bisa menjadi bintang besar. Buktinya, Jackie Chan dan Tom Cruise yang kini menjadi bintang besar ternyata mengawali kariernya sebagai seorang stuntman loh.

BACA JUGA


Dengan risiko pekerjaan yang cukup tinggi, semoga keamanan yang diberikan juga memadai yah, sehingga tidak ada kasus serupa Edison atau Joi ‘SJ’ Harris yang menimpa stuntman lain. Mari doakan semoga Edison segera sembuh dan pulih kembali.

Dari fakta-fakta di atas, jadi tertarik dengan profesi ini, nggak?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Stuntman Demian Terluka Saat Aksi. Ketahui Fakta Menarik Profesi Stuntman yang Dibayar untuk Taruhkan Nyawa!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ulfa Sekar Langit | @ulfasekar

Psychology student at Universitas Indonesia. https://starinthebox.blogspot.com

Silahkan login untuk memberi komentar