Sudah Tahu Asal Muasal Zodiakmu. Sering Baca Ramalan Bintang? Harus Tahu dan Cari Tahu di Sini Nih!

photo credit: dagelan

Sudah Tahu Asal Muasal Zodiakmu. Sering Baca Ramalan Bintang? Harus Tahu dan Cari Tahu di Sini Nih!

6.9K
Lambang zodiakmu ternyata punya ceritanya sendiri lho, Sahabat Trivia. Yuk, cari tahu asal muasal zodiak kamu berikut ini!

Sering nggak sih, kamu ngobrol sama teman-temanmu membahas tentang zodiak? Entah karena ingin membaca ramalan tentang keuangan, kepribadian, hingga asmara. Sebenarnya, kamu tahu nggak sejarah zodiak-zodiak itu? Lambang zodiakmu ternyata punya ceritanya sendiri lho, Sahabat Trivia. Yuk, cari tahu asal muasal zodiak kamu berikut ini!


1. Aries (21 Maret-19 April)

photo credit: Elle

Ini adalah zodiak paling pertama dalam daftar dua belas lambang zodiak, lho. Asal mula zodiak Aries ini sendiri berasal dari tokoh mitologi domba jantan berbulu emas yang dapat terbang, yakni Chrysomallus. Ia dikorbankan kepada dewa tertinggi sebagai persembahan. Ternyata Dewa Zeus senang menerimanya dan ia pun dijadikan bintang.


2. Taurus (20 April-20 Mei)

photo credit: Elle

Dilambangkan oleh sapi jantan. Taurus berasal dari kata Taureau yang artinya sapi jantan. Sapi ini adalah jelmaan dari dewa Zeus (Yupiter). Konon menurut ceritanya, dewa Zeus paling suka sama gadis-gadis cantik. Ia juga terkenal sebagai dewa yang paling banyak istrinya. Maka, ketika ia melihat kecantikan putri Eropa yang cantiknya tiada tara, ia mengubah dirinya menjadi sapi jantan agar dapat menculik putri.


3. Gemini (21 Mei-20 Juni)

photo credit: Elle

Berasal dari tokoh mitologi Yunani, Castor dan Pollux. Castor dan Pollux adalah kakak beradik kembar. Mereka adalah putra dari Dewa Zeus yang dijadikan lambang Gemini.


4. Cancer (21 Juni-22 Juli)

photo credit: Elle

Zodiak ini dilambangkan oleh kepiting, jelmaan ular bernama Lernaean Hydra, yakni seekor ular air dengan ratusan kepala yang ditugaskan melawan Hercules.


5. Leo (23 Juli-22 Agustus)

photo credit: Elle

Leo adalah singa yang dikenal dengan Singa Nemean. Adalah seekor singa yang bulunya berwarna emas dan memiliki kulit yang tidak dapat ditembus dengan senjata apapun.


6. Virgo (23 Agustus-22 September)

photo credit: Elle

Lambangnya adalah seorang putri yang sangat cantik. Putri ini adalah jelmaan Dewi Astraea yang memiliki tiga kepribadian yakni kesucian, kepolosan, dan kemurnian. Pada waktu itu, ia turun ke bumi, tetapi ia tidak tahan melihat penderitaan dan kejahatan yang dilakukan manusia di bumi. Maka, ia kembali ke langit dan menjelma menjadi bintang.


7. Libra (23 September-22 Oktober)

photo credit: Elle

Sesuai dengan lambang timbangannya, Libra melambangkan kebenaran dan keadilan yang dilambangkan oleh Dewi Keadilan, yaitu Themis yang disandingkan juga dengan Lustitia atau Justitia. Hal ini sangatlah menarik karena Astraea yang melambangkan Virgo adalah anak dari Themis dan Virgo serta Libra terletak berdampingan dalam konstelasi bintang.


8. Scorpio (23 Oktober-21 November)

photo credit: Elle

Lambangnya adalah kalajengking. Diangkat dari kisah mitologi Orion, yakni anak dari Poseidon yang disebut-sebut pria tertampan dan pandai berburu. Karena kesombongannya, Orion yang mengatakan bahwa dirinya dapat mengalahkan semua makhluk di bumi dan ia dikirimkan kalajengking oleh Dewi. Kalajengking itu langsung menyengat Orion dan racun mematikannya langsung, mengirim Orion ke kematiannya.


9. Sagitarius (22 November-21 Desember)

photo credit: Elle

Lambang dari zodiak Sagitarius adalah Centaur, yaitu sebuah makhluk dengan kepala, tangan, dan dada manusia, namun berbadankan kuda. Centaurus bernama Chyron mengajarkan cara menggunakan senjata dan memanah dengan baik. Karena jasa inilah ia diangkat menjadi bintang.


10. Capricorn (22 Desember-19 Januari)

photo credit: Elle

Menurut mitologi bangsa Yunani, lambang Capricorn seaneh Sagitarius, yaitu tubuh setengah kambing namun dengan ekor ikan. Kambing bernama Amaltheus ini pernah memberikan air susunya kepada Dewa Zeus ketika masih bayi yang disembunyikan ibunya sebab takut dimangsa ayahnya bernama Chronoos. Karena jasanya ini, kambing ini lalu diangkat ke langit, dibekali cahaya, dan jadilah bintang.


11. Aquarius (20 Januari-18 Februari)

photo credit: Elle

Memiliki perlambangan seorang pangeran tampan yang menuangkan air dari kendinya dan dipercaya bahwa itu adalah perlambangan dari kisah Ganymede yang menjabat sebagai juru minum Dewa Zeus.


12. Pisces (19 Februari-20 Maret)

photo credit: Elle

Dilambangkan dengan dua ekor ikan. Kedua ekor ikan ini telah berjasa membawa dewi kecantikan dan dewa perang saat mereka dikejar oleh Typhon. Pisces mendapatkan tempatnya di rasi bintang dan menjadi zodiak terakhir dalam mitologi Zodiak Yunani.

BACA JUGA


Ramalan Peruntungan 12 Shio di Tahun Ayam Api. Ada Shio yang Dilimpahi Banyak Keberuntungan Nih!

Ramalan Peruntungan 12 Shio di Tahun Ayam Api. Ada Shio yang Dilimpahi Banyak Keberuntungan Nih!

Karena tahun ini adalah tahun ayam api, sepertinya kamu si shio ayam akan mengalami banyak keberuntungan di tahun ini. Untuk percintaan dan ...

Read more..

Nah, sekarang jadi tahu ceritanya kan? Jadi, nggak cuma ingin tahu tentang ramalan bintangnya saja, tapi pengetahuan mengenai sejarahnya juga penting untuk menambah wawasanmu, Sahabat Trivia.

#NulisTiapHari #TriviaWritersCamp




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sudah Tahu Asal Muasal Zodiakmu. Sering Baca Ramalan Bintang? Harus Tahu dan Cari Tahu di Sini Nih!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Hairul Anam | @hairul

Bagiku, yang sejak kecil menginjakkan tanah dan beratapkan langit Indonesia, makan dan minum dari hasil Tanah Air bangsa ini, memutuskan menjadi Pengajar Muda dari Gerakan Indonesia Mengajar adalah keharusan.

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week