Sulit Menjalin Hubungan Kerja di Tempat Kerja? Ternyata Ada 4 Tipe Kepribadian Orang yang Bisa Kamu Pelajari dari Ahli 'people skill', Dale Carnegie

Sulit Menjalin Hubungan Kerja di Tempat Kerja? Ternyata Ada 4 Tipe Kepribadian Orang yang Bisa Kamu Pelajari dari Ahli 'people skill', Dale Carnegie

6.3K
.

Dalam dunia kerja, seringkali kamu dituntut untuk bisa beradaptasi dengan berbagai tipe karakteristik orang yang berbeda-beda. Membangun hubungan harm.onis dengan semua orang baik itu atasan, klien, dan rekan kerja tidaklah mudah. Untuk membantu kamu mengatasi kesulitan itu, ada 4 tipe kepribadian seseorang menurut penulis, pengajar, dan motivator dalam bidang 'people skill' Dale Carnegie yang perlu kamu tahu.


1. Tipe Ultradriver


Photo credit: wikihow.com

Pernah bertemu dengan orang yang perfeksionis, ambisius, selalu ingin menang, dan selalu ingin lebih baik dari orang lain? Nah, itu salah satu ciri orang dengan tipe ultradriver. Orang pada tipe ini seringkali menjadi dominan di antara yang lain. Baginya, hidup adalah kompetisi. Tidak ada istilah menyerah dan kalah. Apapun akan dilakukannya untuk menjadi nomor satu. Memang tidak mudah menjalin hubungan yang harmonis dengan tipe orang ultradriver, apalagi jika posisi kamu dalam perusahaan memiliki pangkat yang lebih rendah darinya. Tapi jangan khawatir, kamu hanya perlu belajar bergaul dengan tipe orang seperti ini. Sebelum kamu memutuskan untuk bergaul dengan tipe ultradriver sebaiknya kamu perlu tahu pola dari perilaku mereka.

Sang ultradriver memiliki ego yang sangat tinggi, walaupun sebenarnya orang-orang semacam ini seringkali merasa dirinya lebih rendah dari orang lain. Meskipun orang-orang sekitar mempercayai superioritasnya. Cara menghadapinya adalah dengan memenuhi kebutuhan ego mereka. Akuilah dan ungkapkan kelebihan mereka dengan tulus, apapun yang sedang dikerjakannya, ungkapkan kerja keras mereka. Ketika mereka merasa dihargai dan diakui, mereka akan senang. Dengan begitu, mereka akan lebih mudah untuk diajak bekerja sama. Yang terpenting adalah hilangkan dulu ego kamu sendiri ketika berbicara dengan ultradriver. Jangan pernah terbawa emosi, lakukan dengan tenang dalam berbicara dengan tipe orang seperti ini.



2. Tipe Secret Agent



Sebaiknya kamu lebih peka dalam menghadapi orang dengan tipe secret agent. Sebenarnya tipe secret agent sama dengan tipe ultradriver yang mempunyai ego yang tinggi. Bedanya pada tipe ini, mereka melakukannya secara sembunyi-sembunyi. Biasanya orang-orang dengan tipe ini tidak banyak bicara, mereka cenderung mengamati dan menyimpan informasi untuk mereka sendiri. Mereka memiliki segudang informasi penting mengenai apapun di lingkungan kerjanya. Bergaul dengan orang di tipe ini tidak mudah, mereka tahu karakter setiap orang dan mereka juga tahu maksud kamu ketika ingin mendekatinya. Lalu, bagaimana caranya agar bisa menjalin hubungan baik dengan tipe ini? Faktanya, secret agent tidak berambisi untuk menduduki posisi puncak, mereka hanya ingin mempunyai kebebasan ketika bekerja di wilayah kekuasaannya sendiri. Jadi, jika kamu ingin sukses dalam dunia kerja, ceritakanlah pada mereka tujuan atau keinginan kamu, tidak perlu menutupi apapun dari mereka. Lalu mintalah bantuan pada mereka supaya kamu bisa meraih tujuanmu. Percayalah, orang-orang pada tipe ini sangat sukses jika berada di balik 'layar'.



3. Tipe Eager Beaver



'Si rajin' melekat pada tipe ini. Orang-orang eager beaver biasanya adalah karyawan baru di lingkungan kerja. Mereka tidak sabar untuk menyerap budaya perusahaan, pekerja keras, dan maju dengan pesat di antara yang lain. Orang ini tampak menyenangkan dan selalu menyenangkan orang lain. Masalahnya adalah tidak selamanya orang itu menjadi eager beaver. kuncinya adalah jika kamu memperlakukan mereka dengan buruk, maka energi eager beaver ini akan hancur dan berubah menjadi pribadi yang tertekan dan tidak produktif. Cara menjalin hubungan dengan orang eager beaver adalah mengakui kelebihan dan kekurangan si eager beaver . Katakan padanya dengan jujur. Selamatkan mereka dari para senior yang ingin memanfaatkannya. Ajak mereka untuk mengerjakan suatu pekerjaan atau project bersama-sama. Dengan begitu, mereka akan lebih produktif dan kamu berhasil membangun hubungan harmonis dengan tipe ini.



4. Tipe Burnout



Orang dengan tipe ini mudah sekali kamu temukan di lingkungan kerjamu. Mereka adalah orang-orang yang sudah lama bekerja di satu lingkungan atau perusahaan. Terlalu lama bekerja di suatu tempat membuat mereka merasa berada di zona nyaman dan energi serta antusiasmenya hampir hilang. Mereka tidak berambisi untuk menjadi lebih baik secara pribadi bahkan tidak antusias menatap masa depan. Bekerja menurut mereka adalah sekedar 'hadir' di kantor setiap harinya. Menjalin hubungan harmonis dengan tipe burnout butuh strategi khusus. Faktor penyebabnya adalah sudah terlalu mengenal baik perusahaannya sehingga mereka merasa tidak perlu lagi untuk produktif di tempat kerja. Cara menghadapi si burnout adalah posisikan diri kamu untuk tidak banyak mengkritik mereka karena kritikan hanya membuat mereka terpuruk. Sebaliknya berikan dukungan dan ucapan terima kasih yang tulus dapat menimbulkan harapan bagi mereka. Lihatlah hal baik dari yang mereka lakukan. Jika kamu punya posisi penting di perusahaan, cobalah untuk memberikan imbalan atau hadiah atas hal kecil positif yang mereka lakukan saat itu juga. Sekarang juga. Hindari memberikan janji apapun. Mereka akan terkejut sekaligus bahagia. Dengan begitu, kamu mengajak orang tersebut ke arah sikap yang kamu ingini. Kamu menciptakan motivasi dan momentum. Kamu pun bisa membuat mereka lebih produktif.


Nah, dari keempat tipe di atas, manakah karakter yang paling sering kamu temui di tempat kerja?



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Sulit Menjalin Hubungan Kerja di Tempat Kerja? Ternyata Ada 4 Tipe Kepribadian Orang yang Bisa Kamu Pelajari dari Ahli 'people skill', Dale Carnegie". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Nurul Afiati | @nurulafiati

penulis, pengajar bahasa perancis, Ibu satu anak. suka menulis tentang dunia parenting di blog pribadi Http://ngasuhanak.blogspot.com

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week