Surat untuk Aku yang Masih Remaja. Hi, My Little Me, How Are You? Sebuah Pelajaran untuk Saya Sepuluh Tahun yang Lalu

Surat untuk Aku yang Masih Remaja. Hi, My Little Me, How Are You? Sebuah Pelajaran untuk Saya Sepuluh Tahun yang Lalu

132
Jika ditanya hal apa yang paling saya sesali dari masa lalu tentu sangat banyal jika dibuat list. Satu halaman pun tak akan cukup karena terlalu banyak.

Jika ditanya hal apa yang paling saya sesali dari masa lalu tentu sangat banyal jika dibuat list. Satu halaman pun tak akan cukup karena terlalu banyak. Tapi, hal inilah yang mungkin menjadi yang amat saya sesali. Dari kisah inilah saya belajar menjadi lebih baik.

Hai, diri saya sepuluh tahun yang lalu, apa kabar? Masih congkakkah kamu? Masih begitu sempitkah hatimu? Dengarlah dan resapi kata-kata ini selanjutnya. Karena saya tahu kamu yang sekarang tidak pernah membayangakn hal ini bisa terjadi di masa mendatang.


Ketika kamu tak bisa memahami kakak perempuanmu


Apa kamu ingat kakak perempuanmu yang kamu olok-olok bersama teman-teman sekolahmu dulu? Ya, kakak perempuanmu yang kebetulan memiliki bentuk fisik yang berbeda dari orang kebanyakan. Bentuk fisik yang kerap membuatmu malu mengakui keberadaanya sebagai kakakmu. Mungkin kamu tidak tahu apa istilahnya itu dulu. Biar saya perjelas, kakakmu itu pengidap down syndrome yang bahkan syaraf motoriknya tidak bekerja dengan sebagaimana mestinya.

Kamu pasti ingat di usianya yang sudah belasan bahkan untuk berbicarapun lidahnya masih terbata bahkan cenderung tak jelas. Jalannya juga tertatih karena ia tidak mampu berjalan tanpa menyeret sebelah kakinya. Apa yang kamu lakukan? Menghindarinya? Mencemoohnya? Sungguh durhaka sekali kamu itu!


Kamu merasa kasih sayang orang tuamu terlalu banyak untuknya


Hanya karena ia mengambil porsi jauh lebih besar dari perhatian yang diberikan ibu kepadamu, lalu kamu marah begitu saja dan menganggap segalanya tidak adil? Hei, tubuhmu sempurna bahkan kamu bisa dengan bebas berlari dan memanjat pohon jambu yang menjadi tempat favoritmu itu, bukan? Sementara, kakak perempuanmu berjalan saja dia kepayahan.

Kamu bosan mendengar teriakan-teriakannya ketika tantrum? Bahkan, saya ingat kamu juga pernah menghardiknya dan berteriak kata berisik! Berkali-kali tanpa ampun. Seandainya kamu ingat bahwa kakak perempuanmu itu juga punya hati yang berfungsi dengan baik. Apa kamu tidak berpikir betapa hancur hatinya diperlakukan semena-mena seperti itu oleh adiknya sendiri?


Kakakmu tak pernah membalas perlakuan burukmu


Apa pernah dia melakukan hal lebih buruk dari itu kepadamu? Tidak bukan? Bahkan, dia menyayangimu meski dengan cara yang tak kamu mengerti. Kamu akan menyesal karena usianya hanya tinggal menghitung tahun. Dia akan pergi di saat kamu menyadari betapa berharganya dia selama ini. Kakak perempuanmu yang malang, sangat malang memilikimu sebagai adiknya. Kelak saat dia benar-benar pergi, kamu akan mulai merindukannya dengan amat sangat dan merindukan sebuah jasad yang sudah tak lagi ada itu menyakitkan.

BACA JUGA


Sebuah Surat untuk Saya yang Dulu Berada di Usia 17 Tahun. Kini Saya Bersyukur Telah Melalui Proses Ini Sepuluh Tahun yang Lalu

Sebuah Surat untuk Saya yang Dulu Berada di Usia 17 Tahun. Kini Saya Bersyukur Telah Melalui Proses Ini Sepuluh Tahun yang Lalu

Usia 17 tahun adalah masa ketika saya sedang memulai mencari jati diri. Usia ketika saya menemui berbagai pertanyaan yang sering tak ...

Read more..

Perbaiki etikamu secepatnya, sebelum orang-orang yang kamu sayangi lainnya bernasib sama seperti kakak perempuanmu yang malang itu. Belajar berempatilah, dunia ini bukan hanya tentang dirimu saja. Dunia ini dipenuhi orang-orang yang harus bisa kamu lebih mengerti dibanding dirimu sendiri. Dewasalah segera!

#30DayWritingChallenge




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Surat untuk Aku yang Masih Remaja. Hi, My Little Me, How Are You? Sebuah Pelajaran untuk Saya Sepuluh Tahun yang Lalu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Hamdatun Nupus | @hamdatunnupus

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week