Surat untuk Tanah Air Beta, Negeri Sejuta Pesona

compassion magazine

Surat untuk Tanah Air Beta, Negeri Sejuta Pesona

433
Banyak anak muda termakan gengsi, lebih memilih produk asing daripada produk lokal, lebih memilih pergi ke luar negeri daripada menyambangi negeri sendiri, lebih senang mengonsumsi makanan asing daripada makanan tradisional. Sudahkah kamu mencintai negerimu sendiri?

Sahabat Trivia, pernahkah kalian tercetus untuk membuat surat untuk Indonesia? Jika saya diberikan kesempatan untuk membuat surat untuk Indonesia dan dibaca oleh seluruh kalangan, rasanya saya tidak akan melewatkan kesempatan berharga itu. Inilah rangkuman surat saya untuk Indonesia.


Untuk Indonesia, Negeri Sejuta Pesona

Saya memang terlahir di Indonesia dan dewasa di negeri ini. Tuhan menakdirkan saya berada di sini, mungkin mati pun di sini. Segala perkembangan telah saya rasakan selama 21 tahun saya hidup di sini. Untuk Indonesiaku, aku mencintaimu.


Tanah surga

photo credit: wallpapers13

Berada di garis khatulistiwa membuat Indonesia seperti tanah surga. Bahkan, grup musik Koes Plus pernah menulis lagu berjudul "Kolam Susu" yang berisi tentang betapa suburnya Indonesia . Benar saja, tanah yang subur membuat batang ditancapkan ke tanah menjadi sumber kehidupan. Bermodalkan kail dan jala mampu menghidupi banyak nyawa. Hamparan hutan tropis, tanah vulkanik, dan laut dengan kekayaan yang begitu melimpah membuat Indonesia layak disebut tanah surga.


Aku menganggumi alam-Mu

photo credit: 7themes

Dari Sabang hingga Merauke, terhampar segala pesona pada tiap daerah. Hijau hutannya, gagah gunungnya, dan biru lautnya mampu menyihir tiap mata. Rasanya bersalah jika saya melangkah ke luar negeri untuk berpetualang sedangkan negeri sendiri yang tidak kalah bagus belum terjamah oleh kaki saya.


Namun, kesadaran masyarakat merusaknya

photo credit: bbc

Sudah menjadi rahasia umum bahwa sikap vandalis dan buang sampah sembarangan merusak keindahan alam Indonesia. Pemburuan dan penebangan liar pun membuat negeri yang beberapa tahun silam masih terlihat hijau dari satelit berubah menjadi cokelat. Ini artinya penggundulan terjadi di mana-mana.


Cintailah negeri sendiri

photo credit: liputan6

Kalian pasti sering mendengar pepatah “cintailah diri sendiri terlebih dahulu, barulah cintai orang lain”. Hal ini berlaku juga pada negeri kita. Misalnya dengan membeli produk hasil sendiri. Kadang kita terlalu gengsi untuk membeli produk lokal. Padahal, banyak sekali produk Indonesia yang malah berjaya di negara lain.

BACA JUGA


Travelling Lebih Bermakna, Begini Cara Ampuh Berbaur  dengan Penduduk Lokal. Karena Berpetualang bukan Hanya Soal Kunjungan Tempat Wisata

Travelling Lebih Bermakna, Begini Cara Ampuh Berbaur dengan Penduduk Lokal. Karena Berpetualang bukan Hanya Soal Kunjungan Tempat Wisata

Berinteraksi dengan masyarakat lokal adalah hal penting yang membuat perjalananmu lebih bermakna. Pemahaman akan budaya setempat akan lebih ...

Read more..

Nah, Sahabat Trivia, itulah surat saya untuk Indonesia. Pesan saya kepada generasi muda Indonesia adalah cintai negerimu hingga akhir hayat. Jayalah selalu Indonesia!

#30DayWritingChallenge




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Surat untuk Tanah Air Beta, Negeri Sejuta Pesona". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dindaratri | @dindaratrimardika

18+

Silahkan login untuk memberi komentar