Tahu Berontak, Makanan Khas Banyumas yang Akan Membuatmu Ketagihan Berulang-Ulang. Begini Cara Membuatnya!

photo credit: Cookpad

Tahu Berontak, Makanan Khas Banyumas yang Akan Membuatmu Ketagihan Berulang-Ulang. Begini Cara Membuatnya!

6.8K
Doyan makan tahu? Yuk coba resep yang satu ini.

Unik dan enak adalah dua kata yang sangat tepat digunakan untuk menjuluki makanan khas yang satu ini. Selain itu, sebenarnya makanan ini lebih dikenal dengan nama tahu isi loh, Sahabat Trivia. Mengapa dinamakan tahu berontak? Karena tahu isi khas Banyumas ini mempunyai perbedaan. Yaitu, isi tahu yang bisa sampai membludak, bahkan sampai keluar dari tepung saat tahu isi ini digoreng. Penasaran dengan cara membuatnya? Yuk, disimak sama-sama!


Bahan dasar tahu cokelat

photo credit : menak Menik

Bahan dasarnya adalah tahu ya, jangan pakai tahu kuning atau tahu putih. Tapi, kamu bisa saja sih memakai dua jenis tahu tersebut jika kamu suka, Sahabat Trivia. Intinya, tahu berontak khas Banyumas menggunakan tahu cokelat yang bebas terjual dengan harga yang terjangkau di pasaran.


Untuk bahan isi tahu, kamu perlu menyiapkan bahan-bahan ini ya!

Tauge

photo credit : Plus Google

Meskipun dikenal sebagai tumbuhan yang baru berkembang dari biji, tauge juga bisa digunakan untuk menjaga kesuburan laki-laki dan perempuan loh. Fungsinya di tahu berontak sendiri, rasa tahu akan lebih kremes karena dipadukan dengan tauge yang setengah masak.


Wortel

photo credit : Warta Kesehatan

Isi lain dari tahu berontak adalah wortel. Selain berfungsi untuk menambah kenikmatan karena dimasak setengah matang, ini juga agar vitamin yang dikandung wortel tidak hilang. Wortel di tahu berontak juga digunakan untuk memberikan warna yang berbeda loh! Tahu buatanmu akan terlihat cerah dan tidak pucat karena kamu menambahkan wortel sebagai isiannya.


Kubis

photo credit : Indo Webster

Tahukah kamu? Kubis ternyata mempunyai manfaat yang penting untuk tubuh, seperti vitamin A, B, C dan E. Vitamin C dalam kubis juga terkenal paling ampuh untuk mencegah sariawan akut. Selain itu, kubis juga terkenal mengandung senyawa yang membentuk glutation yang fungsinya untuk menonaktifkan zat beracun di dalam tubuh manusia. Nah, jangan lupa tambahkan kubis atau yang biasa dikenal dengan nama kol ini ke tahu berontak ya!


Cabai dan merica

photo credit: ratukuliner

Penambah kenikmatan setiap makanan adalah cabai dan juga merica karena kedua bahan itulah makanan bisa mendapatkan tekstur rasa pedas dan lebih gurih. Tahu berontak terkenal dengan rasa pedasnya juga loh, tapi sesuaikan saja dengan seleramu ya, Sahabat Trivia!


Bawang putih dan bawang merah

photo credit : Info Sehat Alami

Mau rasa masakanmu semakin gurih? Jangan pernah melupakan dua rempah ini ya. Masakanmu dijamin akan semakin gurih dan mendapatkan cita rasa yang terbaik. Saat kamu akan membuat tahu berontak, kamu perlu kedua bawang ini untuk membumbui isian tahu dan juga tepung terigu yang akan digunakan untuk membalur tahu.


Sudah siapkan semua bahannya ya? Langsung buat yuk Sahabat Trivia!

1. Siapkan tahu dan beri lubang agak besar pada tahu, tapi jangan sampai kamu mengeluarkan isi tahu yang berwarna putih itu ya.

2. Setelah semua tahu diberi lubang untuk isian sayur dan rempah yang lain, mulailah memotong wortel, kubis, cabai, bawang merah dan juga bawang putih. Buatlah kumpulan sayur dan bumbu (cabai, bawang merah, bawang putih) tadi menjadi sayur oseng biasa yang dimasak setengah matang, jangan lupa tambahkan garam, merica, dan juga gula.

3. Setelah oseng sayurnya masak, kini kamu harus memotong cabai lagi untuk isian tahu. Masukan oseng sayur dan juga cabai tambahannya ke dalam tahu yang tadi sudah kamu lubangi.

4. Jika semua tahu sudah mendapatkan isi sayuran dan juga cabai, kini kamu harus membuat adonan dari tepung terigu. Masukkan bawang putih, bawang merah, merica, dan garam yang sudah dihaluskan ke dalam tepung terigu. Campur dengan air sampai tidak terlalu mengental ya.

5. Panaskan wajan dan masukan minyak yang banyak. Menggoreng tahu berontak perlu minyak yang banyak. Usahakan tahu berontak yang kamu masak tenggelam di panasnya minyak. Tunggu hingga kecokelatan dan tahu berontak siap dihidangkan.

BACA JUGA


Cherry Pie, Pesan Cinta yang Super Enak. Begini Cara Membuatnya!

Cherry Pie, Pesan Cinta yang Super Enak. Begini Cara Membuatnya!

Menyampaikan pesan cinta tidak hanya bisa melalui puisi tapi lewat sekotak Cherry Pie yang kamu buat sendiri juga bisa lho! Yuk, buat ...

Read more..



Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tahu Berontak, Makanan Khas Banyumas yang Akan Membuatmu Ketagihan Berulang-Ulang. Begini Cara Membuatnya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Annida Shf | @roshanaraannida

KEGAGALAN hanya terjadi bila kamu MENYERAH.

Silahkan login untuk memberi komentar