Tak Bisa Gunakan Whatsapp, Warganet di Cina Gunakan 4 Jejaring Sosial Ini Sebagai Penggantinya!

photo credit: IMA Asia

Tak Bisa Gunakan Whatsapp, Warganet di Cina Gunakan 4 Jejaring Sosial Ini Sebagai Penggantinya!

457
Setelah Facebook, Twitter, Facebook, Google dan jejaring sosial populer lainnya, Whatsapp menyusul deretan jejaring sosial yang diblokir oleh pemerintah Cina.

Sebelumnya di Cina, para pengguna Whatsapp sudah cukup tersiksa karena nggak bisa berkirim foto dan video. Tapi sekarang, pengguna Whatsapp di Cina harus benar-benar terima karena nggak bisa pakai aplikasi pesan instan itu lagi. Dikutip dari detikNET hari Selasa 26 September 2017, akhirnya pemerintah Cina secara resmi memblokir sepenuhnya layanan pesan instan punya Facebook ini. Nggak cuma Whatsapp, berbagai jejaring sosial populer kayak Facebook, Youtube, dan Google ternyata sebelumnya juga sudah lebih dulu diblokir sama pemerintah Cina. Terus, kira-kira jejaring sosial apa dong yang dipakai sama warganet Cina kalau banyak yang diblokir begini? Ternyata mereka memakai jejaring sosial ini, Sahabat Trivia!


Sina Weibo

photo credit: china.org

Jejaring sosial ini adalah situs microblogging asli Cina. Situs ini juga mirip-mirip sama Twitter yang sudah lebih dulu diblokir di Cina pada tahun 2011. Situs yang diluncurkan dari Bulan Agustus 2009 ini menjadi salah satu situs paling populer di Cina dengan pengguna lebih dari 30% pengguna internet di sana.


Renren

photo credit: stock.hexun.com

Jejaring sosial yang disebut sebagai Facebooknya Cina ini pertama kali diluncurkan tahun 2005 dengan nama Xiaonei. Baru deh di tahun 2009 jejaring sosial Xiaonei ini berubah nama menjadi Renren. Renren sekarang sudah punya lebih dari 170 juta member.


Tencent QQ

Tencent adalah salah satu platform terbesar di Cina. Mereka mempunyai layanan pesan instan bernama Tencent QQ yang populer banget di Cina. Oiya, selain punya Tencent QQ, Tencent juga membawahi berbagai game populer lho, di antaranya ada League of Legends, Mobile Arena, Clash of Clans, Clash Royale, dan masih banyak lagi. Nggak heran kalau Tencent juga disebut sebagai kerajaan game.


Wechat

photo credit: linkedink.com

Aplikasi yang satu ini pasti nggak asing lagi buat kamu. Soalnya selain menjadi salah satu jejaring sosial terbesar di daratan Cina, Wechat kini juga sudah merambah ke seluruh dunia termasuk Indonesia. Sebelum bernama Wechat, aplikasi pesan instan ini dikenal sebagai Weixin. Baru deh di tahun 2012 berubah nama jadi Wechat.

BACA JUGA


Netzme: WhatsApp, Path, dan PayPal dalam Satu Aplikasi. Aplikasi yang Wajib Dimiliki Generasi Millennials, Nih!

Netzme: WhatsApp, Path, dan PayPal dalam Satu Aplikasi. Aplikasi yang Wajib Dimiliki Generasi Millennials, Nih!

Aplikasi Netzme adalah jawaban untuk semua kebutuhan sehari-hari kamu. Singkatnya, aplikasi Netzme tersedia fitur chat, social media, dan ...

Read more..

Jadi itu dia 4 jejaring sosial populer yang dipakai sama warganet Cina, Sahabat Trivia. Yah, meskipun nggak bisa pakai jejaring sosial populer dunia, paling nggak mereka tetap bisa pakai internet dan bangga akan produk jejaring sosial karya anak bangsanya.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tak Bisa Gunakan Whatsapp, Warganet di Cina Gunakan 4 Jejaring Sosial Ini Sebagai Penggantinya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Abyan | @abyanabon

Berbadan besar dan berkumis tebal, cocok buat jadi bapak dari anak-anakmu | www.abon-appetit.com

Silahkan login untuk memberi komentar