Takut Mendapatkan Nilai Jelek Saat Masa Remaja Dulu. Kini Aku Tahu, Betapa Manisnya Hidup Setelah Lelah Berjuang

photo credit: googleusercontent

Takut Mendapatkan Nilai Jelek Saat Masa Remaja Dulu. Kini Aku Tahu, Betapa Manisnya Hidup Setelah Lelah Berjuang

1K
Dulu aku selalu berusaha dan takut gagal, meskipun ternyata dulu aku sering gagal dan terjatuh, kini aku tahu betapa hebatnya aku yang lebih kuat dari ketakutan yang menggodaku untuk menyerah dan tidak mempedulikan kegagalan.

Masa remaja yang penuh dengan godaan cinta monyet akan membuat semua orang terpontang-panting untuk mempertahankan nilai dan peringkat terbaik di kelas. Namun, siapa yang menduga dengan peringkat yang didapatkan di kelas waktu dulu akan sangat berharga dan bermanfaat untuk masa kemudian.

Buat Sahabat Trivia yang takut menghadapi kegagalan, mulai sekarang jangan takut lagi ya! Karena kegagalan pasti akan datang dan kesuksesan juga akan datang setelah melewati kegagalan. Jadi, jangan sampai lelah dan pasrah karena sebentar lagi kamu akan bermimpi indah. Semoga tips yang simpel ini bisa menjadi penyemangat untuk mengatasi ketakutan terbesar dalam hidup kamu.


1. Di saat temanku menikmati cinta monyetnya, aku sedang bertarung dengan kebodohan yang membelengguku

photo credit : Luther Sales

Mungkin karena aku adalah tipe anak perempuan yang takut jika orang tuaku marah akibat nilaiku yang jelek. Akhirnya aku memberanikan diri untuk terus bersemangat meskipun kadang iri melihat teman yang mendapatkan perhatian lebih dari pasangannya. Tapi, setelah dipikirkan kembali, aku akan lebih iri lagi, jika aku hanya menggunakan waktuku untuk bersenang-senang di hari ini dan bersakit-sakit di masa depan.


2. Aku yang kurang bergaul dan tidak tahu apa-apa membuatku semakin niat dan berusaha keras untuk terus belajar


Masalah kurang kekinian dan tidak dipandang atau dilirik oranglain membuatku agak sedikit kecewa dengan diriku sendiri. Aku yang diberikan muka pas-pasan tidak serta merta harus merendahkan diri atau bahkan tidak dikenal oranglain. Berbekal ketakutan jika mendapatkan nilai yang jelek, akhirnya aku menggiatkan diri untuk rajin belajar. Bagiku, muka yang pas-pasan bukan rintangan yang besar, tapi otak yang pas-pasan tidak akan membuat seseorang menjadi orang besar.


3. Takut tidak diperhatikan orang tua karena nilai jelek, aku pun memberanikan diri untuk bertanya dengan guru mata pelajaran jika jam mengajar sudah selesai


Kini aku semakin tahu arti dari, "Malu bertanya, sesat di jalan". Aku semakin dapat mengartikan peribahasa itu setelah aku banyak bertanya. Selain aku menjadi orang yang tahu dengan hal-hal yang tidak sama sekali aku ketahui, dengan bertanya aku bisa mengetahui apa yang ternyata orang lain tidak tahu. Bukan hanya itu, aku juga jadi mempunyai mental berani bertanya. Buat kamu yang masih ketakutan dengan hal seperti itu, yuk mulai berani berubah menjadi seseorang yang lebih baik.


4. Kini aku mulai dilirik 'bujang'. Saatnya pintar membagi waktu biar nilai bisa dipertahankan

photo credit : Tripleiit

Ketakutan dengan nilai yang jelek ternyata mampu mendatangkan perhatian seseorang dan juga cinta monyet loh. Aku yang mulai disiplin dan rajin, kini bagaikan disenggol badai besar. Setiap manusia yang sedang berusaha bangkit dan mempertahankan, pasti akan mendapatkan banyak ujian yang sering disalah artikan sebagai hambatan besar. Mulai sekarang, jangan seperti itu ya karena ketakutan dalam dirimu bisa berlipat ganda. Pintarlah membagi waktu dan jalani saja apa yang sedang terjadi. Jadikan semua ketakutan dan hambatan sebagai masa evaluasi diri untuk menambah kualitas diri.


5. Ketakutan yang sebenarnya ditakuti adalah dirimu sendiri yang menakut-nakuti


Jangan pernah mengartikan bahwa kamu takut dengan sesuatu akibat sesuatu yang tidak bisa dikendalikan karena asalnya ketakutan adalah dari diri sendiri yang menakut-nakuti. Cobalah untuk menghilangkan rasa takut tersebut dengan memulai sesuatu yang dianggap paling menakutkan. Semoga kamu tidak terus menerus menghantui dirimu yang ketakutan. Akan lebih menakutkan lagi jika kamu terus ketakutan.

BACA JUGA


Takut Menghadapi Ujian Tulis? Inilah 7 Hal Penting yang Dapat Kamu Lakukan Sebelum Waktu Ujian Tiba

Takut Menghadapi Ujian Tulis? Inilah 7 Hal Penting yang Dapat Kamu Lakukan Sebelum Waktu Ujian Tiba

Sebenarnya ada beberapa hal yang perlu kamu ketahui guna mempermudah langkahmu ketika akan menghadapi ujian, seperti yang dirangkum oleh ...

Read more..

Dari ketakutan, seharusnya kamu mampu belajar untuk lebih banyak berusaha dan berani mencoba. Bukan malah menjadi hal yang negatif dan terus menerus membuat jiwamu bermasalah. Cobalah menikmati hidup, meski ketakutan sedang mengancam. Semoga kamu lebih berani menjadi orang yang berani ya, Sahabat Trivia!


#30DayWritingChallenge


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Takut Mendapatkan Nilai Jelek Saat Masa Remaja Dulu. Kini Aku Tahu, Betapa Manisnya Hidup Setelah Lelah Berjuang". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Annida shf | @roshanaraannida

KEGAGALAN hanya terjadi bila kamu MENYERAH.

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week