Tampak Menawan, 10 Sumber Air di Dunia Ini Ternyata Mematikan dan Telan Banyak Korban. Ngeri Banget!

Photo credit: pandotrip

Tampak Menawan, 10 Sumber Air di Dunia Ini Ternyata Mematikan dan Telan Banyak Korban. Ngeri Banget!

10.7K
Penyelam-penyelam yang mencoba mencari kebenaran itu tidak selamat ketika ingin kembali ke atas

Air merupakan salah satu sumber untuk kehidupan kita yang memiliki banyak kegunaan dan juga manfaatnya. Ciri-ciri air yang baik dan dapat dikonsumsi adalah bening, tidak berbau, dan bebas dari campuran zat kimia atau bakteri lainnya. Eits, namun tidak semua air mempunyai manfaat yang positif untuk kehidupan loh.

Beberapa list yang akan kamu baca di sini merupakan tempat yang menampung air-air berbahaya. Terlihat indah, namun ternyata mengandung air yang membahayakan. Untuk kamu yang mempunyai ketakutan pada laut, sungai, atau kedalaman air, siap-siap dibuat semakin merinding.


Great Blue Hole, Belize

Photo credit: mynatour

Terletak di lepas pantai Belize, menjadikan Great Blue Hole ini sebagai lubang laut yang memiliki diameter yang paling luas yaitu lebih dari 300 meter atau sekitar 984 kaki. Great Blue Hole ini memang banyak menarik perhatian karena keindahannya dan misteri lainnya yang terdapat di dalam lubang laut ini. Sayangnya, kalau kamu menyelam, kamu bisa tertarik oleh pusaran Great Blue Hole ini ditambah dengan sirkulasi air lubang yang kurang sehingga menyebabkan minimnya oksigen di dalamnya.


Jacob’s Well, Texas

Photo credit: shopify

Jacob’s Well atau sumur Jacob adalah lubang patahan (sink hole) yang merupakan bagian dari sistem gua bawah air di Texas. Memiliki air yang jernih dan tampak tenang ini, ternyata efeknya tidak setenang pemandangannya. Jacob’s Well seringkali diselami oleh banyak penyelam untuk menelusuri lebih dalam yang konon katanya, di dasar sumur ini ada beberapa pintu untuk masuk ke sebuah jaringan gua yang luas dan panjang. Sayangnya, penyelam-penyelam yang mencoba mencari kebenaran itu tidak selamat ketika ingin kembali ke atas. Sampai-sampai ada papan peringatan di sumur ini loh!


Lake Michigan, USA

Photo credit: mlive

Danau Michigan merupakan danau yang paling mematikan, jangan tertipu dengan pemandangan danau ini yang seolah mengajakmu berenang ke dalamnya. Disebut-sebut mematikan karena danau ini mirip dengan Segitiga Bermuda yang terkenal dengan banyak kasus hilangnya pesawat apabila melintasi kawasan ini. Danau Michigan memiliki arus air yang sangat kencang dan dermaga dengan ukuran yang besar, sehingga dapat menyebabkan luka hingga kematian. Danau ini juga mencatat rekor kematian yang tinggi setiap tahunnya.


Lake Natron, Tanzania

Photo credit: pandotrip

Warna air merah yang menarik perhatian ini, membuatmu penasaran apa yang menyebabkan air ini berbahaya. Apakah air ini mengandung darah karena warnanya yang merah? Bukan. Danau Natron atau lebih dikenal dengan danau garam, memiliki pH sampai 10,5 membuat air ini menjadi sangat asin dan paling berakali di dunia. Danau ini diambil dari nama Natron yaitu mineral natrium karbonat dekahidrat yang digunakan oleh orang mesir kuno untuk membuat mumi. Jangan berpikir danau ini bisa dijadikan tempat pembuatan garam terbesar di dunia ya, Sahabat Trivia.


Blue Hole, Dahab

Photo credit: Youtube

Untuk kamu yang hobi menyelam, tidak dianjurkan untuk menyelam di tempat ini. Sekalipun kamu adalah penyelam yang andal, gua ini seringkali memakan korban. Gua dengan kedalaman 121,92 meter ini banyak menelan korban dikarenakan narkosis nitrogen atau kapasitas udara yang kurang untuk pergi menyelam.


Horseshoe Lake, USA

Photo credit: Flickr

Terkenal dengan julukan Silent Killer. Kamu akan dimanjakan dengan pemandangan pepohonan yang cantik dan suasana danau yang tenang seolah ingin bermain-main dengan airnya. Jangan coba-coba ya, Sahabat Trivia. Air ini mengandung karbon dioksida 95 kali lebih tinggi daripada batas normal.


Boiling Lake, Dominica

Photo credit: amusing planet

Seperti namanya, boiling dalam bahasa Inggris mempunyai arti mendidih, bisa bayangkan kan bagaimana rupa air di danau ini? Suhunya sangat panas sampai ke kondisi mendidih, yang disebabkan oleh retakan di bumi membuat lava cair muncul keluar. Suhu air di danau ini saja sampai 92° C, bisa merebus telur nih.


Rio Tinto, Portugal

Photo credit: orangesmile

Rio Tinto merupakan sungai yang paling tercemar di dunia, pH yang terdapat di dalam sungai Rio Tinto dapat mematikan ikan sampai manusia loh! Tidak heran kalau tidak ada tanda-tanda kehidupan ikan di sungai yang sudah tercemar ini mengandung kadar tembaga, besi, dan logam berat dengan tingkat keasaman yang tinggi. Kamu juga tidak kuat deh kalau berlama-lama menghirup udara di sekitar sungai ini, berbahaya juga.


Drake Passage

Photo credit: gadventures

Drake Passage atau Selat Drake, terletak di Tanjung Horn dan kepulauan Shetland Selatan di Antartika, sebagiannya lagi terletak di Samudera Atlantik. Kalau kamu berlayar ke Selat Drake ini, kamu akan menemui banyak gunung es, yang membuatnya berbahaya adalah kecepatan anginya 80 mil per jam, memiliki arus yang kuat sehingga dapat membuat kapalmu terbalik. Karena dibilang cukup mustahil untuk selamat melalui selat ini, Selat Drake dianggap sebagai tempat pemakaman kapal.


Lake Kivu, Kongo

Photo credit: technologyreview

Lagi-lagi kamu akan dibuat kagum oleh keindahan sungai yang nyatanya berbahaya. Lake Kivu atau Sungai Kivu yang terletak di Kongo memiliki zat berbahaya yang populer disebut bom waktu. Disebut bom waktu karena di dalam sungai ini terdapat lapisan zat karbon dioksida dan 55 miliar meter kubik metana, gempa sekecil apa pun yang melanda di tempat ini dapat menyebabkan ledakan besar yang mampu “menyapu” lebih dari 2 juta penduduk sekitar.

BACA JUGA


Kutu Laut dan Makhluk Laut Lainnya yang Perlu Kamu Waspadai Saat Berlibur Ke Tempat Wisata Bahari

Kutu Laut dan Makhluk Laut Lainnya yang Perlu Kamu Waspadai Saat Berlibur Ke Tempat Wisata Bahari

Jarrod memasang jaring dengan umpan daging mentah. Akhirnya ia mendapati ada banyak hewan kecil berukuran 1-2 cm mengerubungi daging ...

Read more..

Tertarik untuk mengunjungi tempat-tempat indah namun berbahaya ini, Sahabat Trivia?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tampak Menawan, 10 Sumber Air di Dunia Ini Ternyata Mematikan dan Telan Banyak Korban. Ngeri Banget!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Nadia Umara | @nadiaumara

Silahkan login untuk memberi komentar