Teman Kamu Suka 'Pamer' Kemesraan di Media Sosial? Jangan Baper Dulu, 5 Alasan Ini Justru Menunjukkan Mereka Tidak Bahagia

A Dramatic Life

Teman Kamu Suka 'Pamer' Kemesraan di Media Sosial? Jangan Baper Dulu, 5 Alasan Ini Justru Menunjukkan Mereka Tidak Bahagia

227.8K
Duh, tahukah kamu, seseorang yang suka 'pamer' kemesraan di media sosial, justru menunjukkan hubungannya yang tidak 'sebahagia' kelihatannya seperti pada foto-foto mesra yang mereka bagikan?

Punya teman yang hobi PDA alias public display affection? Apa sih yang biasanya kamu rasakan saat melihat postingan mereka di media sosial? Entah romantic dinner atau sekedar foto selfie mesra bersama. Awalnya sih kamu mungkin akan merasa biasa saja, atau mungkin ikut senang karena melihat temanmu sepertinya bahagia bersama pasangan, tapi kalau terlalu sering, apakah kamu justru jadi baper atau lama-lama merasa ingin menutup timeline-mu? Apapun yang kamu rasakan, terutama untuk kamu yang belum memiliki pasangan, tak perlu baper apalagi sampai merasa iri. Duh, tahukah kamu, seseorang yang suka 'pamer' kemesraan di media sosial, justru menunjukkan hubungannya yang tidak 'sebahagia' kelihatannya seperti pada foto-foto mesra yang mereka bagikan? Inilah 5 alasan yang bisa menjelasankannya.


Ketika seseorang bahagia, mereka akan 'sibuk' menikmati momen yang dilalui, 'here and now'

photo credit: Shutterstock

Saat kamu sedang bersama dengan orang yang kamu sayangi, baik pasangan maupun teman-teman, keseruan yang kamu alami kadang membuat kamu lupa untuk menoleh pada smarphone. Kamu tentu tidak ingin menyiayiakan waktu berharga yang sedang kalian lalui dengan sibuk menulis postingan di media sosial dan berusaha memperlihatkan kebahagiaan kalian.


Mereka yang berbahagia, tak perlu membuktikan apa pun pada siapa pun


Mereka yang merasa bahagia dengan hubungan yang mereka miliki, tidak akan pusing memperdulikan apakah orang lain perlu tahu atau tidak. Mereka lebih memperdulikan perasaan pasangan mereka daripada anggapan orang lain terhadap mereka. Mereka bersama karena mereka peduli satu sama lain tanpa perlu membuktikan apa pun pada siapa pun.


Kebahagiaan adalah saat bersama bukan pada foto-foto bersama di media sosial


Tak ada yang lebih penting dari kebersamaan, tentunya di dunia nyata bukan sekedar di media sosial. Mereka yang berbahagia cenderung menyadari bahwa terlalu sering 'pamer' kemesraan di media sosial tak akan memberi banyak keuntungan pada hubungan mereka.


Terlalu sering 'pamer' kemesraan, menunjukkan perasaan 'tidak aman' dalam hubungan


Mereka yang merasa insecure cenderung 'memamerkan' kemesraan hubungannya di media sosial. Penelitian yang dilakukan oleh Lydia Emery, Amy Muise, Emily Dix, and Benjamin Le pada tahun 2014 menunjukan bahwa orang-orang yang insecure sangat peduli pada apa yang orang lain pikirkan tentang mereka, sehingga mereka akan berupaya menampilkan sisi 'baik' yang mereka miliki, seperti kebahagiaan hubungan.

"One of those signs of insecurity is you don't know how to address it. And then all of a sudden, there is now an easy platform to cure that insecurity," Atanacio-Blas


Mereka yang tidak menggunakan media sosial terlalu sering lebih bahagia daripada mereka yang 'kecanduan' media sosial


Penelitian menunjukan penggunaan media sosial yang berlebihan dapat menurunkan tingkat kebahagiaan. Mereka yang terlalu sering menggunakan media sosial, akan cenderung membandingkan dirinya dengan orang lain yang tentu saja terlihat baik dalam postingan-postingannya. Kecenderungan membandingkan ini akan menurunkan kebahagiaan karena individu akan mengabaikan kehidupan nyata mereka dan lebih berfokus pada citra yang ingin dibuat di media sosial. Sehingga mereka yang tak memamerkan kebahagiaan mereka di media sosial, lebih memusatkan perhatian pada kebahagiaan yang mereka ciptakan dan tak mau 'mencemarinya' dengan perbandingan-perbandingan dunia maya.


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Teman Kamu Suka 'Pamer' Kemesraan di Media Sosial? Jangan Baper Dulu, 5 Alasan Ini Justru Menunjukkan Mereka Tidak Bahagia". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ulfa Sekar Langit | @ulfasekar

Psychology student at Universitas Indonesia. https://starinthebox.blogspot.com

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week