Tempe Mendoan Banyumas, Kuliner Khas yang Super Yummy Ini Wajib Kamu Cicipi. Begini Cara Buatnya!

photo credit: ResepKoki

Tempe Mendoan Banyumas, Kuliner Khas yang Super Yummy Ini Wajib Kamu Cicipi. Begini Cara Buatnya!

637
Mendoan adalah makanan khas Banyumas. Terbuat dari tempe mendoan dan digoreng setengah matang.

Tempe mendoan adalah kudapan ringan yang gurih khas Banyumas yang sangat lezat dan populer hingga pelosok negeri. Cocok sebagai teman makan dengan kopi atau teh hangat di malam hari sambil menikmati udara dingin dan berbincang dengan orang-orang terdekat. Makanan yang dibungkus dengan daun pisang ini pun memiliki aroma yang menggiurkan. Kamu pasti tergiur untuk mencicipinya. Nah, kamu tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah? Cara dan bahan-bahannya juga sangat mudah lho, Sahabat Trivia. Mungkin ini bisa menjadi suguhan untuk teman-teman atau saudaramu yang akan berkunjung saat weekend atau saat santai nanti. Wah, pasti mereka senang banget deh! Yuk, langsung lihat cara pembuatannya berikut ini.


1. Siapkan tempe mendoan, jika tempe mendoannya terlalu tebal kamu bisa mengirisnya lebih tipis karena bentuk khas mendoan adalah tipis, panjang, dan lebar.

photo credit: kabarbisnis

2. Siapkan rempah-rempah, seperti bawang merah, bawang putih, ketumbar, kunyit, dan juga garam. Campurkan bumbu tadi ke adonan tepung yang sudah dihaluskan.

3. Siapkan tepung terigu, campurkan rempah yang sudah dihaluskan ke tepung, lalu masukkan air secukupnya dan jangan terlalu encer untuk adonan tepungnya.

4. Masukkan daun seledri ke adonan tepung. Namun, jika kamu tidak suka dengan seledri, kamu boleh tidak menambahkannya. Tergantung seleramu ya, Sahabat Trivia.

5. Siapkan wajan dan tuangkan minyak ke wajan dengan jumlah yang banyak karena menggoreng mendoan harus menggunakan minyak yang banyak. Hal ini dilakukan agar mendoan bisa digoreng dengan kondisi terendam minyak.


photo credit: detikTravel

6. Jika sudah panas, masukkan mendoan ke dalam penggorengan dan goreng mendoan setengah matang saja. Khasnya tempe mendoan memang digoreng setengah matang.

7. Tiriskan mendoan tadi di piring atau di daun pisang agar semakin terasa nikmatnya.

8. Siapkan teman makan mendoan, seperti cabai rawit hijau dan juga sambal kecap.

Jadi deh. Tinggal kamu nikmati! Biar tahu cara lengkapnya kamu bisa juga tonton video berikut ini!


video credit: Kilau Semangat Bimoli

BACA JUGA


Tahu Bulat Digoreng Dadakan, Kamu Bisa Membuatnya Sendiri Loh, Sahabat Trivia. Berikut Resepnya!

Tahu Bulat Digoreng Dadakan, Kamu Bisa Membuatnya Sendiri Loh, Sahabat Trivia. Berikut Resepnya!

Suka makan tahu bulat dan ingin mencoba untuk membuatnya sendiri? Berikut ini ada resep membuat tahu bulat yang enak di rumah. Selamat ...

Read more..

Selamat mencoba dan mencicipi ya, Sahabat Trivia.

#TriviaWritesCamp #TriviaWritesClub


Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tempe Mendoan Banyumas, Kuliner Khas yang Super Yummy Ini Wajib Kamu Cicipi. Begini Cara Buatnya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Annida shf | @roshanaraannida

KEGAGALAN hanya terjadi bila kamu MENYERAH.

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week