Terkuaknya Rahasia Dwi Hartanto si The Next Habibie Kejutkan Banyak Orang. Tanamkan 7 Hal Ini Pada Diri Sendiri Agar Tak Tergoda Jadi Seperti Dirinya!

Photo credit: Cozer

Terkuaknya Rahasia Dwi Hartanto si The Next Habibie Kejutkan Banyak Orang. Tanamkan 7 Hal Ini Pada Diri Sendiri Agar Tak Tergoda Jadi Seperti Dirinya!

583
Dwi Hartanto dikenal sejak dirinya mengaku bahwa ia adalah satu-satunya orang Indonesia yang terlibat dalam pembuatan satelit bersama dengan para ilmuwan dan profesor ternama di Eropa.

Nama seorang yang sempat dikatakan sebagai the next Habibie ini sempat membuat bangga orang-orang Indonesia. Dwi Hartanto, mengaku sebagai seseorang yang telah mendulang berbagai prestasinya di bidang aeronautika. Namanya kemudian semakin dikenal karena ia mengaku menjadi satu-satunya orang Indonesia yang terlibat dalam pembuatan satelit dan roket bersama para ilmuwan dan profesor ternama di Eropa. Namun, nampaknya ia harus rela menerima segudang cemoohan karena kenekadannya untuk mengungkapkan kebohongan tentang dirinya selama ini.

Kasus ini bermula saat lebih dari 40 orang peneliti diaspora yang mengajar dan meneliti di berbagai negera datang ke acara Visiting World Class Professor pada akhir tahun 2016 lalu. Salah satu peserta yang hadir saat itu adalah Dwi Hartanto. Saat itu dirinya mengaku telah menamatkan studi doktoralnya di TU-Delft bidang kedirgantaraan dengan beasiswa dari pemerintah. Ia bahkan disebut-sebut sebagai the next Habibie, namun ternyata semua yang ia katakan selama ini adalah sebuah klaim semata. Dalam situs Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Delft akhirnya Dwi Hartanto mengklarifikasi seluruh klaim yang sudah dia katakan dan tersebar luas di bebabai media massa.

Beberapa hal yang ia klain tentang dirinya yang sudah terlanjur tersebar di media massa adalah perihal pendidikannya. Ia pernah mengaku lulusan Tokyo University, padahal dirinya adalah lulusan dari Institut Sains dan Teknologi AKPRIND Yogyakarta dengan Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknologi Industri. Selain itu, dirinya juga pernah mengaku sebagai post-doctoral atau Asisten Profesor di Technische Universiteit (TU) Delft dalam bidang aerospace. Dalam pengakuannya pun Dwi mengaku dirinya bukanlah perancang Satellite Launch Vehicle, apalagi pembuat dari roket bernama TARAV7s (The Apogee Ranger versi 7s).

Sesungguhnya dia adalah seorang pernah menjadi anggota dari sebuah tim beranggotakan mahasiswa yang merancang salah satu subsistem embedded flight computer untuk roket Cansat V7s milik DARE (Delf Aerospace Rocker Engineering), yang merupakan bagian dari kegiatan roket mahasiswa di TU Delft). Beberapa klaim lainnya pun tertera dengan jelas dan panjang dalam klarifikasinya dalam situs PPI Delft.

Sebenarnya dalam dunia ini mungkin tidak hanya Dwi yang berani untuk klaim hal-hal semacam itu kepada banyak orang. Alasan mereka pun banyak sekali kemungkinananya. Kadang dalam diri kita pun memiliki keinginan untuk mengatakan sesuatu yang tidak sesuai dengan kenyataan alias berbohong atau melebih-lebihkan suatu informasi. Hal tersebut dilakukan karena beberapa faktor tertentu. Bagaimana caranya agar kamu dan kita tidak terhanyut dalam kebohongan atau menghindari kebohongan itu sendiri? Berikut ini 7 hal yang mungkin bisa kamu lakukan untuk menghindari hal semacam ini.


Jadilah jujur walau punya keterbatasan

Photo credit: soompi

Mungkin kamu memiliki keterbatasan yang membuat kamu minder dengan diri kamu sendiri. Hal itu terkadang membuat kamu berkeinginan untuk berbuat sesuatu yang ingin orang lain hanya melihat kelebihan kamu saja. Meski banyak cara yang bisa kamu lakukan, namun berbohong tentang diri sendiri terkadang menjadi salah satu jalan yang bisa membuat kamu dilihat atau diterima oleh masyarakat. Padahal hal tersebut tentu tidak perlu kamu lakukan.


Apa adanya dan jadi diri sendiri

Photo credit: kikwang

Menjadi sosok yang apa adanya bukan berarti membuat kamu jadi diasingkan oleh masyarakat. Menjadi sosok yang apa adanya dan kamu percaya diri dan tetap menjadi diri sendiri akan membuat kamu semakin dihargai oleh orang lain.


Cintai diri sendiri


Nah, nampaknya hal ini juga menjadi salah satu hal yang wajib banget kamu lakukan, karena dengan mencintai diri sendiri kamu juga bisa dicintai oleh orang lain. Jadi jangan lupa untuk selalu cintai diri sendiri agar kamu juga bisa dicintai oleh orang lain dengan apa adanya diri kamu.


Tanamkan mindset bahwa menjadi sederhana dan being humble itu keren loh

Photo credit: zimbio

Kesederhanaan bukan berarti membuat kamu menjadi seseorang yang mudah diasingkan dari masyarakat. Padahal menjadi sederhana itu membuat kamu tidak kalah dihargai oleh orang lain. Apalagi kalau kecerdasan kamu itu diselimuti dengan kesederhanaan dan kerendahhatian kamu. Pasti deh semakin banyak orang yang salut dan menghargai diri kamu sebagai mananya diri kamu.


Kerja keras dan terus belajar

Photo credit: antoniosanchezmigallon

Kamu pernah dengar istilah, "Hasil tidak akan mengkhianati kerja keras"? Nah, nampaknya pepatah itu memang terbukti loh kebenarannya. Karena kerja keras yang selama ini kamu lakukan nantinya akan menghasilkan seuatu yang sangat manis untuk kamu nikmati. Setelah buah manis yang kamu hasilkan, jangan lupa untuk terus belajar dan tidak putus asa agar buah manis yang sudah kamu nikmati sekarang bisa terus dan selalu manis.

BACA JUGA


Novel-novel Tentang Skizofrenia Ini Bisa Menambah Pengetahuanmu untuk Menghadapi ODS. Sudah Baca Belum?

Novel-novel Tentang Skizofrenia Ini Bisa Menambah Pengetahuanmu untuk Menghadapi ODS. Sudah Baca Belum?

Buat kamu yang ingin tahu lebih banyak tentang skizofrenia, kamu bisa membaca novel-novel tentang skizofrenia ini untuk menambah referensimu ...

Read more..

Kasus Dwi Hartanto mengingatkan kita dengan mythomania atau gangguan psikologi yang membuat pederitanya rela berbohong demi mendapatkan pengakuan dari orang lain. Meski motif Dwi melakukan kebohongan besar ini belum diketahui, namun kasus yang dilakukan Dwi ini mengingatkan dengan mythomania. Seseorang yang menderita mythomania memiliki rasa percaya diri bahwa kebohongan yang ia katakan atau lakukan merupakan suatu hal yang nyata, sehingga seseorang dengan gangguan prikologis ini cenderung tidak mengetahui atau tidak sadar kalau dirinya sedang berbohong. Apakah mythomania yang dialami Dwi Hartanto? Bisa iya dan bisa tidak.


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Terkuaknya Rahasia Dwi Hartanto si The Next Habibie Kejutkan Banyak Orang. Tanamkan 7 Hal Ini Pada Diri Sendiri Agar Tak Tergoda Jadi Seperti Dirinya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar