Ternyata Disney Pernah Membantu Propaganda untuk Perang Dunia 2. Ini Buktinya!

Ternyata Disney Pernah Membantu Propaganda untuk Perang Dunia 2. Ini Buktinya!

35.4K
Pada masa ini, kartun pendek merupakan salah satu hiburan paling terkenal bagi orang dewasa di Amerika.

Setelah gagal dalam film yang berjudul Fantasia, Disney mengalami kebangkrutan. Beruntung, Walt Disney Studio memiliki kedekatan khusus dengan Lockheed Martin, seorang pemilik pabrik senjata militer pada Perang Dunia 2. Dengan adanya hubungan itu, pemerintah Amerika Serikat melihat peluang besar untuk bekerja sama dengan Disney.

Setelah beberapa kali diskusi, pemerintah membuat kontrak dengan Disney untuk membantu menyebarkan pesan-pesan patriotik kepada masyarakat. Dengan adanya kerja sama itu, pemerintah memberikan sumbangan dana yang cukup besar dalam proyek tersebut dan Disney terselamatkan dari kebangkrutannya.

Inilah beberapa film yang dibuat Disney dalam membantu pemerintah menyebarkan pesan propaganda.


1. Der Fuhrer's Face (1943)

photo credit: disneywiki


Dalam kartun singkat ini diceritakan Donald Duck yang bermimpi buruk tentang dirinya yang hidup dan bekerja di pabrik nazi, Jerman. Ketika ia diminta untuk membuat serta menjual peralatan perang, Donald selalu dibombardir dengan propaganda Nazi dan wajib memberikan hormat saat foto Hitler muncul.


Akibatnya, Donald terserang halusinasi yang membuatnya depresi. Ia pun berkata, “I can't stand it, I can't stand it!! I'm going mad! Stop! Stop! Stop!!” yang artinya “Aku tidak kuat, aku tidak kuat! Aku akan marah! Berhenti! Berhenti! Berhenti!”

Tidak lama setelah itu, Donald terbangun dari mimpi buruknya dan berkata, “Aku sangat beruntung menjadi warga Amerika Serikat!” sambil memeluk patung Liberty.

photo credit: youtube


Pada kartun ini, Amerika mencoba untuk memberikan pesan kepada masyarakat tentang kehidupan yang dijalani dalam masa rezim Nazi. Dengan itu, akan membangkitkan semangat patriotik masyarakat Amerika untuk melawan masuknya ideologi komunis.


2. Saludos Amigos (1942)

photo credit: Soundtrackcollector


Saludos Amigos adalah film Disney yang menggunakan latar tempat di Amerika Latin. Kartun ini masih menggunakan Donald Duck dan Goofy sebagai tokoh utama dan mulai memperkenalkan Jose Carioca, burung beo yang merokok. Film ini cukup populer pada masa itu. Disney memproduksi film lainnya, The Three Caballeros.

source: Bluray


Saludos Amigos dan The Three Caballeros dibuat untuk menyampaikan pesan bahwa wilayah Amerika Serikat, Amerika Latin, dan Amerika Selatan mencerminkan negara tetangga yang baik dan bersatu. Pesan tersebut ingin disampaikan karena pada saat itu pemerintah Amerika Latin memiliki hubungan dekat dengan Nazi, dan pemerintah Amerika Serikat ingin menetralkan hubungan tersebut.


3. The New Spirit

photo credit: pinterest

Dalam film ini, Disney mencoba menyampaikan pesan kepada masyarakat untuk membayar pajak demi kebutuhan negara termasuk perang. Dalam adegan ketika kapal Jerman ditembak Amerika, sengaja menggunakan potongan lagu Beethoven's 5th Symphony karena suaranya serupa dengan kode ...- (titik, titik, titik, garis) yang dalam kode morse berarti huruf V, awal huruf dari kata "Victory". Pada masa perang, slogan "V untuk Victory (kemenangan)" merupakan slogan patriotik yang populer.

BACA JUGA


11 Film Kartun yang Lekat di Hati Kita Semua. Yang Mana Kesukaanmu?

11 Film Kartun yang Lekat di Hati Kita Semua. Yang Mana Kesukaanmu?

Entah itu karena masih lekatnya memori akan masa kecil atau bahkan sampai sekarang kamu juga masih menontonnya

Read more..





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Ternyata Disney Pernah Membantu Propaganda untuk Perang Dunia 2. Ini Buktinya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Arfyana Citra | @arfyanacitrarahayu

Seorang penulis yang memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.

Silahkan login untuk memberi komentar