Tipe-Tipe Mahasiswa di Saat Liburan Panjang. Kamukah Salah Satunya?

Photo credit: lifestyle liputan6

Tipe-Tipe Mahasiswa di Saat Liburan Panjang. Kamukah Salah Satunya?

424
Anak kuliahan itu liburnya beda sama anak sekolahan. Kalau anak sekolah cuma libur 2 minggu, anak kuliah bisa libur sampai 3 bulan. Lama juga, ya! Terus selama 3 bulan nggak kuliah, ngapain aja?

Mahasiswa itu masa liburnya beda jauh sama anak sekolahan. Kalau anak sekolahan biasanya cuma dapat jatah libur semesteran selama 2 minggu, mahasiswa bisa dapat jatah liburan semester minimal sebulan. Dan terkadang bisa sampai 3 bulan. Mantap nggak tuh? Selama 3 bulan nggak kuliah, terus mahasiswa kira-kira ngapain aja ya? Kalau mau tahu, baca nih 10 tipe mahasiswa di saat libur panjang! Coba cek, mungkin kelakuan kamu saat dilibur ada dalam daftar di bawah ini.


Mahasiswa biasa

Photo credit: Rene Kleveland

Tipe mahasiswa ini biasanya kalau di kampus cuma numpang raga saja. Kadang pikiran nyambung ke mata kuliahnya, kadang juga masih ketinggalan di kos-kosan. Tipe mahasiswa macam ini hidupnya pun biasa-biasa saja. Malas banget sama yang namanya kegiatan kampus atau lainnya. Jadi, kalau lagi liburan panjang mahasiswa tipe ini ya di rumah saja. Nggak ada kegiatan yang terlalu spesial.


Mahasiswa gaul

Photo credit: gurl.com

Bergaul itu nggak selamanya negatif, lho. Mahasiswa tipe ini biasanya memanfaatkan waktu liburnya untuk lebih sering bergaul. Tujuannya, selain untuk bersenang-senang dan mengisi waktu senggang. Waktu libur mereka manfaatkan untuk memperluas jaringan pertemanan. Ingat, sekarang itu bukan cuma skill yang dibutuhkan kalau mau sukses, tapi juga networking, alias jaringan. Makanya banyak-banyak bergaul ya, Sahabat Trivia.


Mahasiswa jomblo

Photo credit: AOL

Mahasiswa jomblo biasanya memanfaatkan waktu liburannya untuk nyari jodoh. Lumayankan di waktu yang panjang ini bisa coba berbagai cara buat dapatin jodoh. Bisa coba nongkrong di mall, nongkrong di taman atau cari jodoh lewat online. Misalnya main Tinder atau coba people nearbynya Line. Pokoknya targetnya, paling nggak punya gebetan waktu nanti sudah masuk kuliah lagi.


Mahasiswa petualang

Photo credit: lifestyle liputan6

Mumpung masih muda, mahasiswa tipe ini suka banget mencari cerita baru lewat jalan-jalan. Bukan jalan-jalan biasa kayak di mall atau taman. Tapi jalan-jalan menjelajahi tempat baru misalnya panjat tebing, naik gunung atau backpackeran ke kota-kota eksotis di Indonesia.


Mahasiswa Organisasi

Photo credit: instagram droidbon

Mau di kampus atau di luar kampus, tipe mahasiswa ini aktif banget ikut berbagai organisasi. Jadi kalau libur panjang tiba, hari-harinya bakal diisi sama kegiatan-kegiatan organisasi misalnya, rapat atau persiapan acara-acara yang sudah direncanakan sebelumnya. Mahasiswa tipe ini biasanya jadwalnya padat banget dan susah buat diajak main.


Mahasiswa jiwa bisnis

Photo credit: nytimes.com

Waktu libur panjang mahasiswa tipe ini biasanya diisi dengan kegiatan-kegiatan bisnis yang menghasilkan. Waktu yang panjang benar-benar dia manfaatkan buat mengembangkan bisnisnya semaksimal mungkin atau menyiapkan bisnis baru yang lagi hits dan menguntungkan saat itu.


Mahasiswa mandiri

Photo credit: tomorrowmakers.com

Mahasiswa tipe ini nggak cuma mandiri dalam bersikap tapi juga dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Mahasiswa tipe ini sudah punya mindset untuk mulai mencari penghasilan sendiri. Makanya di saat libur panjang, mahasiswa seperti ini nggak cuma mencoba berbisnis tapi juga mencoba mencari kegiatan yang menghasilkan uang, misalnya cari part time atau freelance.


Mahasiswa Gamer

Photo credit: Pew Internet

Pokoknya selama 3 bulan hari-harinya cuma diisi buat main game. Mau menguntungkan atau nggak, yang penting senang saja dulu. Enjoy your life! Gitu sih katanya.


Mahasiswa tingkat akhir

Photo credit: anakui.com

Tidak ada yang namanya liburan karena setiap hari harus mengerjakan makalah skripsi.

Bikin jadwal sama dosen pembimbing, bangun pagi-pagi persiapan buat konsultasi ke kampus sama dosen pembimbing, eh ternyata dosennya ada kondangan. Nggak jadi bimbingan deh!

Mahasiswa tipe ini yang ada dipikirannya cuma, bagaimana caranya skripsi harus cepat selesai, biar cepat wisuda dan nggak mendapatkan gelar prestisius, mahasiswa abadi.


Mahasiswa baru

Photo credit: ipb

Liburan beberapa bulan rasanya kayak bertahun-tahun. Soalnya di dalam hati sudah nggak sabar buat menjalani kehidupan kampus yang seru kayak di film-film. Mungkin karena kamu tidak tahu kalau kehidupan kampus itu nggak semudah kehidupan SMA.

BACA JUGA


Jelang Tahun Ajaran Baru, Siap-Siap Bertemu 5 Jenis Mahasiswa di Awal Perkuliahan Ini. Kamu Mungkin Salah Satunya!

Jelang Tahun Ajaran Baru, Siap-Siap Bertemu 5 Jenis Mahasiswa di Awal Perkuliahan Ini. Kamu Mungkin Salah Satunya!

Kadang, diawal perkuliahan pun, ada saja teman-teman yang unik dan mudah kita ingat karena keunikannya itu. Ada apa saja sih jenis-jenis ...

Read more..

Mau bagaimana pun tipe kamu waktu liburan panjang, jangan lupa waktu sudah masuk kuliah lagi kembali belajar dengan giat ya. Ingat kembali apa tujuan kamu untuk kuliah, yakni untuk menuntut ilmu dan mendapatkan pengetahuan yang luas.


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tipe-Tipe Mahasiswa di Saat Liburan Panjang. Kamukah Salah Satunya?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Abyan | @abyanabon

Berbadan besar dan berkumis tebal, cocok buat jadi bapak dari anak-anakmu | www.abon-appetit.com

Silahkan login untuk memberi komentar