Tipe-Tipe Pengunjung Toko Buku yang Sering Ditemui. Kamu Termasuk Tipe yang Mana Nih, Sahabat Trivia?

Photo credit: skyepack

Tipe-Tipe Pengunjung Toko Buku yang Sering Ditemui. Kamu Termasuk Tipe yang Mana Nih, Sahabat Trivia?

804
Pernah tidak Sahabat Trivia mengamati tipe-tipe pengunjung toko buku? Sambil mengingat-ingat, simak yuk tipe-tipe pengunjung toko buku berikut!

Toko buku merupakan tempat yang asyik untuk dikunjungi pencinta buku. Selain membeli buku atau alat tulis, pengunjung toko buku biasanya juga mencari referensi bacaan menarik dari deretan buku yang dipajang di rak. Bagi kamu yang menggeluti dunia tulis-menulis, toko buku juga menjadi ajang mencari ide menulis.

Pernah tidak Sahabat Trivia mengamati tipe-tipe pengunjung toko buku? Sambil mengingat-ingat, simak yuk tipe-tipe pengunjung toko buku berikut!


1. To the point

Tipe pertama ini telah memiliki catatan mengenai buku apa saja yang akan mereka beli sejak dari rumah. Sesampainya di toko buku, mereka langsung menuju rak yang menyediakan buku incarannya. Setelah membayarnya, ia akan segera membawa pulang buku-buku tersebut. Tipe ini sangat disiplin karena ia beranggapan bahwa berlama-lama ke toko buku akan membuatnya tergoda membeli buku-buku lain yang tidak ada di daftarnya. Selain itu, ia juga tidak ingin membuang waktu untuk berlama-lama di toko buku. Ia ingin segera membaca buku-buku yang baru dibelinya.

Photo credit: itcsystems

2. Spontanitas

Tipe kedua mengunjungi toko buku tanpa tahu dirinya akan membeli apa sesampainya di sana. Mereka ingin membeli buku, tapi mereka tidak memiliki pandangan mengenai buku apa yang akan dibeli, sehingga mereka memilih untuk melihat secara langsung bentuk fisik buku dan membaca sinopsis di cover belakang sebelum akhirnya membelinya. Karena sering bersikap spontan, harus hati-hati nih agar tidak kelewatan membeli buku-buku yang sebetulnya tidak terlalu dibutuhkan.

Photo credit: newsler

3. Window shopper

Si window shopper biasanya ingin sekali beli buku, tapi belum gajian. Apa daya, ia hanya bisa pergi ke toko buku untuk melihat-lihat dan menentukan buku apa yang akan dibelinya jika ia sudah memiliki uang. Selain itu, tipe ini juga biasanya mampir ke toko buku untuk membandingkan harga antara satu toko dengan toko lain sebelum akhirnya memutuskan pilihan akan berbelanja di mana.

Photo credit: skyepack

4. Anti rugi

Hayo ngaku, siapa yang sering ke toko buku hanya untuk sekadar membaca buku-buku contoh yang segelnya sudah dibuka? Entah karena belum memiliki uang atau memang tidak ingin membeli buku, tipe ini paling anti rugi dan tidak mau menyia-nyiakan kesempatan untuk melahap buku secara gratis.

Photo credit: storyfabric

5. Pemburu diskon

Kalau tipe terakhir ini adalah tipe anti rugi yang tetap ingin membeli buku, tapi dengan harga murah. Si pemburu diskon biasanya rela berpindah dari satu toko ke toko lainnya, bahkan menitip daftar belanjaan pada teman yang kebetulan akan pergi ke toko buku yang sedang ada diskon. Selain sudah punya catatan buku yang akan dibeli, tipe ini biasanya juga sering hilang kendali dengan membeli buku-buku lain yang tidak ada dalam catatan dengan alasan mumpung mendapat harga yang murah.

Photo credit: mnn

Wah, ternyata ada bermacam-macam tipe pengunjung toko buku ya. Apapun tipenya, kamu harus tetap menghormati pengunjung lain dan tidak bertindak merugikan toko buku yang bersangkutan. Kalau kamu tipe yang mana nih, Sahabat Trivia?

BACA JUGA



Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tipe-Tipe Pengunjung Toko Buku yang Sering Ditemui. Kamu Termasuk Tipe yang Mana Nih, Sahabat Trivia?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Dini Ardianty | @diniardianty

A bibliophile, full time writer, Indonesian language teacher, and vegetarian

Silahkan login untuk memberi komentar