Tips Biar Kamar Kos Rapi, Nggak Kayak Kapal Pecah. Jadi Nggak Malu Deh Kalau Ada Tamu Berkunjung!

Photo credit: KasKus

Tips Biar Kamar Kos Rapi, Nggak Kayak Kapal Pecah. Jadi Nggak Malu Deh Kalau Ada Tamu Berkunjung!

3.1K
Padahal sudah dirapikan, tapi tetap saja berantakan. Sepertinya Sahabat Trivia butuh tips ampuh ini supaya kamar kosan kamu tetap rapi dan nggak kayak kapal pecah!

Kalau kamu saat ini sedang kuliah atau bekerja, bahkan bekerja sambil kuliah, pasti merapikan kamar kos menjadi beban tersendiri. Karena kalau sudah sampai kosan, rasanya pengin merebahkan badan dan langsung istirahat. Segudang aktivitas yang sudah dilakukan sepanjang hari kadang membuat kita lupa untuk membersihkan kamar kos. Jangankan kamar kos, untuk cuci kaki dan cuci muka sesampainya di kamar kos saja rasanya malas. Namun, kalau tidak dibersihkan, kamu juga pasti tidak merasa nyaman di ruanganmu sendiri bukan?

Padahal sudah dibersihkan, tapi tetap saja berantakan!

Hal ini yang kadang membuat kita jadi malas membersihkan kamar. Apalagi kalau sudah lelah, melakukan apa saja rasanya malas ya, Sahabat Trivia. Padahal membersihkan kamar kos merupakan keharusan bagi kamu. Nah, supaya kamar kos rapi tidak seperti kapal pecah. Dijamin, kamu nggak akan malu lagi terima tamu untuk masuk ke kamar kos kamu.


1. Tentu saja yang pertama kali harus kamu siapkan adalah mental yang disiplin. Disipiln untuk rajin dan tepat waktu dalam membersihkan kamar kos

Photo credit: Paper Crush

Buat jadwal untuk memudahkan kamu mengingat kapan saja kamu harus membersihkan kamar. Mulai dari kapan kamu harus mencuci baju, mengepel lantai, menyapu, mengganti seprei, mengganti sarung bantal-guling, dan lin sebagainya. Jadwal yang tercatat dengan jelas akan mengingatkan kamu kapan saja jadwal bersih-bersih dan apa saja yang pertama kali harus kamu bersihkan. Dan tentu saja hal ini dibutuhkan mental yang disiplin untuk konsisten melakukan semua jadwal yang sudah kamu buat!


2. Pisahkan pakaian, sepatu, aksesori, dan perlengkapan lain milikmu secara jelas

Photo credit: Rumah

Kamu mungkin harus memiliki wadah khusus untuk setiap barang yang kamu miliki. Namai setiap wadah sesuai dengan barang yang ada di dalamnya. Hal ini membantu kamu untuk mudah mencari barang-barang kamu ketika ingin digunakan. Jadi, antara barang kamu yang satu dengan yang lainnya tidak tercampur aduk dan membuat kamu tidak geregetan saat ingin digunakan malah tidak ada.


3. Biasakan untuk tidak makan di atas kasurmu

Photo credit: KasKus

Biasakan untuk tidak makan di atas kasur untuk menghindari makanan yang tak sengaja tumpah atau jatuh di atas kasur kamu dan membuat kamu mengeluarkan tenaga ekstra untuk membersihkan kasur kamu. Kalau kasur bersih, tidur kamu juga jadi nyaman dan tidak gatal karena noda atau debu yang menempel di atas kasur.


4. Kamu juga bisa pisahkan pakaian kamu

Photo credit: cara desain

Pisahkan mana pakaian yang untuk digunakan kalau hanya di kos saja, untuk bepergian, untuk bekerja, kuliah, dan pakaian pelengkap seperti outer, pakaian dalam, kaus kaki, dan scarf yang kamu miliki. Jika kamu menggunkan kerudung, kamu juga bisa melakukan ini pada kerudung kamu. Pisahkan kerudung untuk di kos dan kerudung untuk bekerja atau kuliah.


5. Jaket memang bisa kamu gunakan 2-3 kali, namun jangan sampai kamu terlalu lama menggantungnya ya

Photo credit: Properti

Jaket memang salah satu outer yang bisa kamu gunakan 2-3 kali. Namun, pastikan kalau jaket sudah tidak ingin lagi kamu gunakan, jangan menggantungnya terlalu lama. Karena banyaknya gantungan baju yang sudah terpakai, menjadi sarang nyamuk dan membuat ruangan kamu berbau tidak sedap juga.


6. Koleksi plastik atau trash bag untuk membuat sampah kamu

Video credit: YouTube/ShareHows

Agar sampah kamu tidak berserakan ke mana-mana, Sahabat Trivia wajib memiliki kantung plastik untuk wadah sampah dengan catatan koleksi kantung plastik atau trash bag kamu juga di letakan di tempat yang rapi dan tidak tercampur dengan barang-barang lainnya.


7. Kamu bisa DIY makeup storage kamu agar tidak berserakan di mana-mana

Video credit: YouTube/RhyannaCBeauty

Agar perlengkapan makeup kamu rapi dan kamu tidak kesulitan untuk mencarinya, kamu bisa membuat DIY wadah makeup kamu sendiri nih, Sahabat Trivia. Dijamin kamu tidak akan kesulitan mencari perlengkapan makeup kamu.

BACA JUGA


Manfaatkan Barang Bekas untuk Dekorasi Kamarmu. Selain Hemat, Cara Buatnya Dekorasi Kamar dari Bahan Bekas Ini Juga Mudah Lho!

Manfaatkan Barang Bekas untuk Dekorasi Kamarmu. Selain Hemat, Cara Buatnya Dekorasi Kamar dari Bahan Bekas Ini Juga Mudah Lho!

Tidak jarang kita mengeluarkan uang yang cukup besar untuk mendekorasi kamar agar terlihat lebih menarik dan terasa nyaman. Padahal, kita ...

Read more..

Nah, kalau sudah terorganisir dengan baik segala perlengkapan dan barang-barang yang ada di kosan kamu, serta sudah ada jadwal untuk bersih-bersih, dijamin kamar kosan kamu akan jauh lebih nyaman untuk kamu tinggali nih, Sahabat Trivia. Selain tips di atas, kamu punya saran lain nggak, Sahabat Trivia?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tips Biar Kamar Kos Rapi, Nggak Kayak Kapal Pecah. Jadi Nggak Malu Deh Kalau Ada Tamu Berkunjung!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar