Tips Kelola Uang untuk First Jobber ala Ika Natassa. Cocok Diterapin Buat Generasi Millennials yang Baru Masuk Kerja

photo credit: idwriters

Tips Kelola Uang untuk First Jobber ala Ika Natassa. Cocok Diterapin Buat Generasi Millennials yang Baru Masuk Kerja

539
Sebagai first jobber, sangat wajar jika Sahabat Trivia masih dengan hasrat yang menggebu-gebu ingin beli ini-itu, tapi seharusnya sudah sedini mungkin juga kamu dengan bijak mengatur keuangan.

Pasti kamu senang dong yang awalnya berstatus mahasiswa dan masih mendapatkan uang dari orang tua, lalu setelah lulus berhasil mendapatkan pekerjaan dan mendapatkan penghasilan pertama kamu sebagai pekerja. Wah, pasti rasanya bahagia banget deh! Di pikiran kamu pasti sudah ingin banyak membeli barang-barang yang selama ini kamu idamkan atau mungkin ingin pergi liburan ke tempat yang sudah lama ingin dikunjungi. Sebagai first jobber, sangat wajar jika Sahabat Trivia masih dengan hasrat yang menggebu-gebu ingin beli ini-itu, tapi seharusnya sudah sedini mungkin juga kamu dengan bijak mengatur keuangan. Mumpung masih muda dan belum terlalu banyak tanggung jawab yang harus dipikirkan, menabung sejak muda adalah salah satu cara terbaik agar kamu bisa menikmati hidup dengan lebih baik. Nah, biar kamu bisa mengelola keuangan dengan baik, tips-tips dari penulis Ika Natassa yang dia bagikan lewat cuitan di Twitternya bisa kamu tiru lho, Sahabat Trivia. Yuk, ikuti tips keuangan ala Ika Natassa berikut ini!


Di tahun pertama, kamu boleh kok menyisihkan penghasilan untuk senang-senang, tapi jangan lebih dari 20%

photo credit: Jakartavenue

Menurut Ika Natassa, agar kebahagiaanmu secara material dan psikologis itu seimbang, kamu boleh kok untuk menyisihkan penghasilanmu untuk kebahagiaan-kebahagiaan kecil yang bisa kamu beli dengan uangmu setiap bulannya. Di tahun pertama kamu bisa puas-puasin untuk membeli baju, lipstik, buku, nongkrong di coffee shop kekinian, makan-makanan enak, dan yang lainnya. Jadi, kamu akan lebih semangat saat bekerja karena bisa menikmati hidup dengan membeli apa yang kamu inginkan dengan hasil kerja kerasmu. Tapi, ingat ya, jangan sampai lebih dari 20% dari total gajimu, Sahabat Trivia.


Tahun kedua, jatah 20% itu mulai kamu sisihkan untuk ditabung. Harus disiplin!

photo credit: Tumblr
Setelah tahun kedua, barulah si 20% itu mulai disiplin kamu sisihkan sebagai tabungan. Instrumen tabungannya apa, terserah masing-masing.

Setelah kamu puas menikmati penghasilanmu selagi muda, di tahun kedua jatah 20% itu harus kamu sisihkan sebagai tabungan. Ingat ya, kamu pun harus disiplin melakukannya. Bentuk tabungannya apa, itu semua disesuaikan dengan kamu. Menabung sedikit demi sedikit agar kamu punya pegangan yang bisa dipergunakan untuk kemudian hari. Nah, bukan berarti kamu nggak bisa bersenang-senang lho. Kamu masih bisa menikmati penghasilanmu saat turun THR, bonus, uang lembur, atau uang cuti. Pokoknya jangan sampai besar pasak daripada tiang.


Hanya rumah dan mobil yang pantas dicicil!

photo credit: modern craftsman home design

Kalau kamu sudah kenal dengan kartu kredit, jangan langsung mau gesek ini dan itu. Prinsip Ika adalah mau berapa pun gajinya, hanya rumah dan mobil yang pantas untuk dicicil. Sisanya harus Pay in Cash. Buat beli kamera, handphone, dan gadget lainnya lupakanlah untuk menyicil. Kamu harus menabung dulu untuk membeli dan bayar cash. Jangan menyicil. Cara ini akan membiasakan kamu untuk bisa bersabar dalam mengumpulkan rezeki, sedikit demi sedikit untuk membeli apa yang benar-benar dibutuhkan, bukan hanya ingin terkesan up-to-date saja. Namun, jika keadaannya mendesak dan sangat butuh, boleh untuk dicicil. Misalnya, butuh beli laptop dan kamu memang benar membutuhkannya, boleh untuk dicicil. Tapi ingat, jangan membeli yang terlalu mahal juga. Sesuaikan dengan budget yang kamu punya.

"Saat kawan-kawanku udah pake iphone, aku msh pake bb lama. Nabung akhirnya kebeli iphone 4s. Itu bertahun-tahun sampai butuh & sanggup beli iphone 6." (Ika Natassa)

BACA JUGA


Pelajari Tips Mengelola Keuangan Berikut. Walau Masih Muda, Sudah Saatnya Kamu Mulai Belajar Atur Keuangan dari Sekarang

Pelajari Tips Mengelola Keuangan Berikut. Walau Masih Muda, Sudah Saatnya Kamu Mulai Belajar Atur Keuangan dari Sekarang

Saat sudah beranjak tentu kamu bisa memilih mana kebutuhan dan mana keinginan. Meski begitu, bukan berarti kamu harus selalu menahan ...

Read more..

Buat kamu generasi millennials yang baru menikmati gaji bulanan pertama, bagus banget nih buat ditiru tips-tipsnya. Jangan sampai selamanya kamu hanya terpaku dan terikat dengan gaji yang selalu lewat begitu saja ya, Sahabat Trivia.


Mau tahu topik-topik kekinian yang diulas secara mendalam? Cari tahu di Tahu Banget!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tips Kelola Uang untuk First Jobber ala Ika Natassa. Cocok Diterapin Buat Generasi Millennials yang Baru Masuk Kerja". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Qiqi NurIndahSari | @qiqinurindahsari

Hi,Q! www.qiqinurindahsari.com

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week