Tips Perawatan Wajah dari Pagi Sampai Malam yang Bisa Kamu Lakukan. Wajah Cantik pun Tak Lagi Hanya Jadi Impian

Tips Perawatan Wajah dari Pagi Sampai Malam yang Bisa Kamu Lakukan. Wajah Cantik pun Tak Lagi Hanya Jadi Impian

3.6K
Hal sederhana untuk kecantikanmu juga bisa membuat kamu terlihat semakin mempesona.

Saat kamu bangun tidur, apa yang pertama kamu lakukan? Luangkan waktumu yuk sebentar untuk merawat kulit wajahmu setelah kamu bangun tidur sampai kamu akan tidur lagi. Mungkin masih ada sisa kotoran, seperti debu yang menempel di wajahmu ketika kamu telah seharian beraktivitas di hari kemarin karena kamu belum membersihkannya. Terkena sinar matahari, polusi bahkan sinar UV yang sangat berbahaya untukmu yang bisa menyebabkan berbagai masalah kulit seperti kulit kering, kusam, berjerawat, flek hitam, atau mungkin kanker kulit akibat terkena paparan sinar UV yang berlebihan.


Beginilah cara merawat wajahmu di pagi hari setelah bangun tidur


1. Bersihkan wajahmu menggunakan kapas yang telah dicelupkan ke dalam air hangat. Tempelkan di wajah kamu sambil di tepuk-tepukkan. Hal ini akan membuat wajahmu terlihat lebih segar dan juga melancarkan aliran darahmu di sekitar bagian wajah. Tidak perlu menggunakan cleanser jika kamu sudah membersihkan wajahmu di malam hari sebelum kamu tidur.

2. Bersihkan wajahmu dengan facial wash yang mengandung scrub untuk membantu proses eksfoliasi di pagi hari untuk pelepasan sel kulit mati yang akan beregenerasi dengan sel kulit baru. Sel kulit yang telah berganti ini akan terlihat lebih segar dari sel kulit yang telah mati.

3. Segarkan kembali wajahmu dengan toner yang juga dapat membantu pelepasan sel kulit yang telah mati di pagi hari. Gunakanlah toner yang tidak mengandung alkohol karena akan membuat iritasi pada kulit wajahmu.

4. Kamu juga bisa memanfaatkan air es atau kantung teh yang telah kamu simpan di lemari pendingin semalam. Hal ini akan membantumu untuk mengurangi peradangan di kulit dan akan membuat kulit terasa lebih segar.

5. Setelah selesai membersihkan wajah, kamu bisa menggunakan pelembab untuk menjaga kulit tetap lembab dan segar. Gunakan pelembab secara merata di wajah dengan menepuk-nepukkan tangan di pipi agar meresap ke jaringan kulitmu secara sempurna dan merata.

6. Minum air putih akan semakin membuat kulitmu segar. Jika kamu kekurangan cairan, kulitmu akan menjadi kusam dan kering. Minum air putih juga membantu kulit agar tidak berminyak.

Ketika kamu sudah melakukan perawatan di pagi hari saat kamu bangun tidur, kamu akan merasakan wajahmu yang segar dan juga lebih bersih.

Nah, untuk kamu yang ingin melakukan aktivitas selanjutnya, seperti pergi ke kampus, kantor atau acara outdoor yang harus memaksamu bertemu lagi dengan polusi dan debu. Simak perawatan wajah selanjutnya ya!


Perawatan wajah untuk kamu yang akan melakukan aktivitas indoor. Kamu bisa menggunakan cara perawatan wajah seperti berikut ini.


1. Oleskan moisturizer gel untuk melembabkan wajahmu ketika kamu beraktivitas di indoor ya. Karena teksturnya yang lembut, tidak lengket, dan ringan saat dipakai.

2. Tambahkan bedak tabur atau compact powder dengan merata yang mengandung microcoated dan squalane yang akan membantu mengurangi minyak di kulit dan juga melembabkan kulitmu, juga mengandung vitamin E yang mengandung aktioksidan untuk merawat kulitmu agar tidak cepat menua atau keriput.

3. Kamu bisa menambahkan riasan mata seperti eyeliner agar matamu terlihat lebih tegas. Lalu oleskan maskara dengan gerakan zig-zag ke atas. Jangan gunakan pensil alis untuk mempercantik alismu. Gunakanlah maskara yang disisirkan ke atas dengan ringan.

4. Gunakan blush on dengan warna yang lembut agar kamu terlihat lebih natural. Oleskan blush on secara tipis di tulang pipimu dari dalam ke dalam.

5. Oleskan juga lip gloss atau lipstick dengan warna yang soft untuk memberikan kesan yang natural.


Jika kamu akan beraktivitas di luar, lakukan cara make up berikut ini nih, Sahabat Trivia.


1. Oleskan pelembab terlebih dahulu ke wajahmu. Pelembab yang kamu pakai akan menjaga ketahanan make up yang akan menemanimu ketika kamu beraktivitas di luar.

2. Tambahkan foundation dengan warna yang cerah. Hindari menggunakan foundation dengan jenis cream jika wajahmu berminyak dan jangan menggunakan foundation yang berair jika wajahmu kering.

3. Jangan menggunakan make up yang tebal atau glowing. Hal ini akan membuat kamu terkesan memancarkan kilauan yang berlebihan saat wajah kamu terkena sinar matahari.

4. Jangan menambahkan lipstick terlalu tebal ya. Karena akan terkesan berat dan penuh dengan riasan. Gunakan juga lipstick dengan warna yang cerah karena akan semakin terlihat natural dan tidak berlebihan.

5. Gunakanlah bronzer yang akan membuat riasan di wajahmu lebih hidup. Bronzer membantu mata dan gigimu terlihat lebih bagus dan juga bersinar jika kamu mengaplikasikannya secara tipis-tipis saja.

6. Yang paling penting, gunakanlah make up yang waterproof untuk menghindari lunturnya make up yang kamu pakai Aktivitas di luar akan sangat menyiksa wajahmu untuk terkena sinar matahari dan juga berkeringat. Nah, saat kamu berkeringat, make up yang waterproof akan lebih tahan lama dan tidak luntur ketika keringatmu mengucur.


Tetap rawat wajahmu saat pulang kegiatan agar wajahmu tetap sehat dan terjaga


Lalu, ketika kamu sudah selesai beraktivitas outdoor ataupun indoor, sudah dapat dipastikan bahwa banyak sekali kotoran yang menepel di wajahmu. Sebelum kamu tidur, kamu wajib membersihkan wajahmu dari kotoran yang akan membuat wajahmu terlihat kusam atau berjerawat di pagi hari. Caranya :

1. Bersihkan dulu tanganmu dengan sabun anti bakteri, usahakan tanganmu streril saat kamu akan membersihkan wajahmu ya.

2. Setelah tanganmu steril, kamu bisa mengambil air yang akan membasahi wajahmu. Kamu bisa menggunakan air dingin dan tidak menggunakan air hangat untuk mulai membersihkannya. Jika kamu menggunakan air yang terlalu panas ataupun hangat, pori-pori kulit di wajahmu akan melebar dan menyebabkan kelenjar minyak menjadi aktif.

3. Oleskan pembersih ke wajahmu yang sifat molekulnya tidak mengandung scrub atau nonabrasif. Pilih krim yang bebas minyak jika wajahmu berminyak dan juga gunakanlah krim pembersih yang bebas alkohol jika kulitmu kering.

4. Pijatlah wajahmu ketika kamu sedang mengoleskannya. Gunakan teknik pijat melingkar di bagian pipi agar merangsang sirkulasi darah dan juga membuat sel kulit mati mengelupas.

5. Jangan lupa membilas wajahmu dengar air dingin ketika kamu sudah selesai melakukan pijatan di wajah yang tadi kamu bersihkan ya.


Jika kamu membutuhkan tips perawatan wajah dari beauty blogger, kamu juga bisa menyimak kelanjutannya berikut ini. Simak terus ya!


1. Affordable foundation

Produk ini menjadi pilihan yang banyak digemari karena fleksibel untuk kebutuhan review atau tutorial make up. Kamu bisa juga memakainya karena harganya yang terjangkau dan juga menyatu dengan sempurna jika dipadukan dengan warna kulit wajahmu dengan foundation ini. Selain itu, foundation juga mampu menjaga make up agar lebih tahan lama walaupun kamu berkeringat dan juga mampu menutupi noda hitam yang ada di kulit kamu sehingga kulit kamu tampak lebih cerah.

2. Lipstick dupes

Banyak produk drugstore make up yang kualitasnya hampir sebanding dengan high end brand. Lipstick dupes menjadi salah satunya. Perbandingan harga dan juga kualitas produk membuat para beauty blogger membuat konten dengan dupes dan membuat subscibers jadi melirik.

3. Investasi skincare

Beauty blogger menyarankan kamu untuk berinvestasi kecantikan terbaik yang sesuai dengan bugdet yang kamu punya. Kualitas make up kamu akan semakin maksimal jika kamu sudah melakukan investasi skincare untuk kulit wajahmu.

4. Primer berkualitas

Produk foundation yang paling bagus pun kadang memiliki kekurangan seperti tidak tahan lama atau coveragenya kurang baik. Para beauty blogger biasa mengatasi masalah foundation ini dengan cara menggunakan primer favorit yang menjadi andalan agar foundation yang kualitasnya di bawah rata-rata dapat menyatu dengan kulit dan bertahan lama.

5. Beauty sponge

Produk ini menjadi andalan karena selalu memberikan keuntungan untuk semua pemakainya saat ingin membaurkan make up yang akan dipakai. Jika kamu menggunakan make up dengan tekstur liquid, beauty sponge akan membuat hasil make up lebih sempurna.

6. All-in-one face palette

Saat kamu memakai foundation, maka wajah kamu akan terlihat kurang hidup. Kamu bisa menggunakan bronzer, highlighter ataupun blush untuk kembali menghidupkan wajahmu. Nah, agar lebih hemat, kamu bisa membelinya yang sudah satu paket face pallete yang akan memberikan semua yang kamu butuhkan.

7. Brush set

Kamu bisa membeli satu set brush agar hasil make up lebih maksimal. Jangan lupa untuk membeli brush set yang berkualitas karena masa kegunaannya akan lebih lama dan tidak akan membuat kamu tidak sayang uang jika kamu ingin membelinya.

8. Eyeshadow pallete

Pilihlah satu eyeshadow pallete yang berisi banyak warna pallete netral atau bold dengan tekstur matte ataupun shimmer karena hanya dengan satu paket pallet ini saja kamu bisa menciptakan look seperti beauty blogger loh!


Bukan hanya tips dari beauty blogger, kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi kecantikan dari bahan alami yang akan membuat perawatan wajahmu semakin mempesona apalagi ditambah dengan harganya yang terjangkau. Simak lagi yuk yang berikut ini!


1. Mukamu gampang mengeluarkan minyak? Cara mengatasinya mudah, kamu bisa mengonsumsi masker apel yang dibuat dengan cara memblender apel tersebut lalu ditempelkan di mukamu. Selain apel, kamu juga bisa memanfaatkan jahe yang sudah kamu iris dengan menempelkannya di wajahmu dan diamkan jahe tersebut sampai 20 menit. Jahe dapat menghilangkan minyak di kulit dan juga memperlancar aliran darah di kulit. Sehingga akan membuat kulitmu sehat dan terlihat lebih cerah.

2. Kamu bisa membuat pori-pori di wajahmu mengecil loh dengan jeruk nipis. Caranya juga cukup mudah yaitu potonglah buah jeruk nipis. Kemudian peras airnya dan oleskanlah air jeruk tersebut untuk wajahmu. Biarkan sampai mengering. Kamu juga bisa menggunakan gula merah yang telah diiris tipis kemudian dicampur dengan madu murni. Oleskan ramuan gula merah dan madu tadi ke wajahmu. Lalu pijatlah bagian wajahmu agar porimu tampak lebih kecil.

3. Kamu ingin mencerahkan kulitmu? Kamu bisa menggunakan almond loh! Caranya mudah, kamu hanya perlu merendam 4 sampai 5 biji almond ke dalam susu cair dan juga ditambahkan satu ruas kunyit. Setelah direndam semalaman, kamu bisa menghaluskan almond sampai berbentuk seperti pasta untuk dioleskan ke wajahmu.

4. Kamu mau melembabkan kulitmu? Kamu bisa menggunakan pisang. Caranya mudah. Iris pisang dengan tipis lalu dicampur dengan madu kemudian tempelkan di wajahmu. Yoghurt juga mampu membantumu untuk melembabkan kulit loh. Caranya, campurkan madu ke dalam yoghurt, lalu oleskan di wajah kemudian tunggu 20 menit dan dibilas dengan air.

5. Ingin kulit kamu putih bersih tanpa kotoran? Kamu bisa menggunakan pepaya. Caranya, haluskan pepaya yang masih hijau dan haluskan juga pepaya yang sudah masak. Campurkan kedua bahan tersebut dan oleskan di wajahmu. Tunggu sampai 20 menit, lalu bilas dengan air dingin. Kamu juga bisa menggunakan paprika atau lada manis untuk memutihkan wajahmu dengan cara menghaluskan lada tersebut, kemudian dioleskan di wajah selama 15 menit kemudian dibilas dengan air.

6. Mencuci wajah sebelum tidur? Kamu bisa menggunakan minyak alpukat loh! Minyak alpukat bisa menghilangkan kotoran-kotoran akibat debu atau polusi yang jika tidak dibersihkan akan membuat kulit wajahmu kusam dan berjerawat. Nah, minyak alpukat ini bisa kamu manfaatkan untuk mencuci wajahmu seperti kamu menggunakan facial wash.


Simak juga tips cantik ala gadis Korea Nih, Sahabat Trivia!


1. Setelah mandi dengan air hangat, gadis Korea tidak menunggu waktu lama sampai 10 detik. Bahkan sebelum 10 detik itu berlalu, mereka akan menggunakan toner dalam waktu yang kurang dari 10 detik. Toner yang digunakan dalam waktu singkat tersebut diharapkan mampu mengunci kelembaban kulit sehingga kulit tidak mudah kering dan tetap lembab.

2. Menampar pipi dengan keras sudah terkenal di Korea sebagai langkah-langkah untuk merawat kulit wajah. Teknik yang digunakan hanya menampar wajah sebanyak 50 kali yang fungsinya untuk memperlancar aliran darah dan memperkuat otot kulit. Hal ini unik ya! Tapi jangan sampai menyakiti tubuh kamu ya.

3. Mencuci wajah dengan air beras juga telah menjadi tradisi di Korea. Hanya perlu membenamkan wajah ke dalam air cucian beras. Khasiatnya adalah sebagai pelembab untuk mencegah penuaan, menghilangkan flek hitam, menyamarkan kerutan, dan juga mencerahkan kulit.

4. Mengonsumsi ginseng diyakini dapat membantu proses detoksifikasi kulit, menyingkirkan polutan, dan juga mengandung banyak anti oksidan. Dari dulu, ginseng memang telah menjadi tren kecantikan di Korea. Hal ini dapat dibuktikan dengan melejitnya pasar ginseng di Korea dari masa ke masa.

BACA JUGA


Mau Secantik Putri Ameera? Ini Dia Rahasia Kecantikan Perempuan Timur Tengah yang Bisa Kamu Praktikkan di Rumah!

Mau Secantik Putri Ameera? Ini Dia Rahasia Kecantikan Perempuan Timur Tengah yang Bisa Kamu Praktikkan di Rumah!

Mau secantik Putri Ameera, Putri Deena, Ratu Rania, atau perempuan Timur Tengah lainnya? Ternyata resepnya cukup mudah. Intip yuk rahasia ...

Read more..

Sangat mudah dan terjangkau untuk merawat kulitmu seharian, kan? Bahkan dari kamu bangun tidur sampai kamu mau tidur lagi. Kamu bisa mengaplikasikan perawatan ini tanpa mengganggu keuanganmu.


Content writer: Annida Shofia Izzatina

Editor: Resty Amalia

Graphic designer: Mita Rizky Noviana





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tips Perawatan Wajah dari Pagi Sampai Malam yang Bisa Kamu Lakukan. Wajah Cantik pun Tak Lagi Hanya Jadi Impian". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Trivia | @triviaid

Real stories of real life people

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week