Tips Sukses Jadi Freelancer. Baca Ini dan Lakukan! Kamu Akan Jadi Freelancer yang Kamu Impikan

photo credit: jamiemillerrecruitment

Tips Sukses Jadi Freelancer. Baca Ini dan Lakukan! Kamu Akan Jadi Freelancer yang Kamu Impikan

557
Kemajuan dunia digital memberi banyak perubahan dalam dunia kita, salah satunya dalam dunia kerja. Menjadi freelancer kini semakin mudah dengan perkembangan itu. Tapi, bagaimanakah cara menjadi freelancer yang sukses?

Freelancer adalah orang yang bekerja secara bebas atau lepas, tidak terikat pada aturan jam kerja yang biasa ada di sebuah perusahaan. Di saat yang sama, seorang pekerja lepas bisa saja mengambil beberapa pekerjaan sekaligus.

Jika dulu, pekerja lepas identik dengan kontraktor independen, kini, freelancer tidak lagi terbatas pada satu bidang tertentu dan bahkan sangat mungkin dilakukan dari jarak jauh. Memungkinkan kerja remote dari rumah ataupun coffee shop. Semua ini tentunya tidak lepas dari pengaruh teknologi.

Namun, walaupun jenis pekerjaan lepas ini banyak ragamnya, sebut saja jurnalis, penerjemah, desain grafis, dan lainnya, termasuk content writer, menjadi sukses dalam menjalankan usaha seperti ini boleh dibilang masih sulit dicapai.

Kenapa? Karena kamu tidak sendirian di dunia freelance ini. Banyak sekali saingan kamu dan bahkan banyak juga yang dari luar negeri berkat teknologi tersebut. Misalnya saja, kamu menjadi desain grafis, sainganmu itu bukan saja designer dari Indonesia, tapi juga dari US, Eropa, dan berbagai negara lainnya.

Berikut ini beberapa cara agar kamu bisa menjadi freelancer yang sukses.

photo credit: gettyimage

1. Kenali medan "peperangan" kamu

Know your battle ground - inside out.

Perang? Ya, kamu akan berperang ketika memutuskan memasuki dunia pekerja lepas (freelancer). Seperti yang saya tuliskan di atas, persaingannya cukup ketat dan global. Karenanya kamu harus tahu seperti apa medan perang yang akan kamu masuki.

Siapa sih yang paling tangguh, siapa yang kurang berhasil. Kenapa dia bisa berhasil dan kenapa yang satunya tidak berhasil. Pahami apa yang dicari oleh konsumen kamu dan apakah kamu bisa memberikan hal itu kepada mereka?


2. Tentukan siapa dirimu

Setelah mengenali medan yang akan kamu lewati, kamu harus menetapkan terlebih dahulu, siapa dirimu sebagai freelancer. Seperti apakah kamu ingin dikenal di antara semua saingan kamu itu. Setiap orang memiliki ciri khas - ini hal yang pasti. Dan kamu bisa memanfaatkan ciri khas kamu itu sebagai brand dirimu sebagai pekerja lepas.

Apa yang membedakan kamu dengan para pekerja lepas lainnya?


3. Pilih satu bidang dan kuasai

Ketika mulai bermain dalam dunia freelance tahun lalu, saya mengambil segala jenis pekerjaan lepas yang bisa saya pegang. Dan hasilnya, jangankan nomor 2 di atas - branding diri, bahkan untuk mendapatkan pekerjaan pun susah. Ketika kita tidak fokus, klien pun melihat ketidakseriusan kita dan akhirnya menjauh.

Janganlah gegabah dan mengambil segala jenis pekerjaan - terutama yang tidak pernah kamu jalankan sama sekali dan tidak paham. Perkenalkan dirimu dengan satu keahlian khusus yang akan membuatmu lebih dikenal.

Be a specialist, then generalist when you have team.


4. Promosikan dirimu lewat sosial media

Dengan kekuatan sosial media, kamu bisa melakukan promosi atas dirimu dan branding atas dirimu di semua sosial media yang kamu punya. Tapi, jangan selalu promosi atas dirimu saja, tulis juga beberapa tips dan trik atau informasi yang bagus untuk follower kamu.

Tapi....


5. Jangan terlalu menjual

Tidak sedikit yang oversell ketika mulai memasuki dunia freelance ini. Mereka mempromosikan diri sedemikian rupa agar dilirik oleh para calon klien. Namun, di saat klian memutuskan menggunakan jasa kamu, ternyata kamu tidaklah seperti yang kamu janjikan. Lakukan promosi atas dirimu dan keahlianmu, tapi jangan sekali-sekali berlebihan dalam mempromosikan dirimu.

You know who you really are and what you can do - Jangan lebay!

Jika kamu menulis kalau kamu bisa A, berikan bukti dengan portfolio yang pernah kamu lakukan terkait A ini.

photo credit: toptalent

6. Jalin hubungan dengan calon klien dan klien

Pekerjaan freelance, apapun bentuknya, sangat tergantung pada klien. Jangan menganggap remeh calon klien yang datang ataupun mengontakmu. Selalu jawab dengan cepat semua komunikasi dari mereka. Jika memang kamu terlambat membalas email, sampaikan maaf saat itu juga. Menjalin hubungan ini tidak hanya sebatas dalam periode proyek. Tetaplah jalin pertemanan, kamu tidak akan pernah tahu kan kalau klien yang puas akan mereferensikan ke temannya.

Dan menjalin hubungan dengan calon klien ataupun klien ini juga termasuk jangan merendahkan klien di depan klien lainnya. Kamu terkadang mungkin sering lupa membicarakan kekurangan orang ke orang lain. Hal ini harus sangat dihindari.


7. Kembangkan portfolio

Ibaratnya seorang model, freelancer juga perlu mengembangkan daftar portfolionya. Kembangkan hasil-hasil kerja yang baik dan juga dokumentasikan dengan baik. Portfolio ini bisa didokumentasikan secara offline ataupun online.

Misalnya, dengan mengupload hasil foto, bagi fotografer freelance, di Instagram yang dimiliki. Dengan demikian, kamu melakukan promosi di sosial media sekaligus mendokumentasikan portfolio kamu.


8. Belajar dan terus belajar

Jangan pernah berhenti belajar. Selalu upgrade diri dengan pengetahuan-pengetahuan baru. Apalagi kalau kamu memutuskan untuk menjadi freelancer di bidang yang cepat sekali pergerakannya. Seperti desain grafis, fotografi, dan dunia digital.

Kamu harus tahu perkembangan terbaru dari dunia yang menjadi fokusmu. Kenali dan pelajari. Walau belum tentu kamu gunakan dalam dunia freelance kamu, kamu setidaknya tahu apa yang terbaru.

photo credit: trrsf

9. Jangan pernah menyerah

Untuk yang baru terjun di dunia freelance, percayalah. Awalnya kamu akan menemukan kalau dunia ini berat dan susah banget. Sepertinya kamu sudah melakukan semua tapi tidak juga mendapatkan hasil yang kamu idamkan. Well, jangan pernah menyerah.

Jika memang dunia freelance ini mudah, semua orang akan ikut di dunia tenaga lepas seperti ini kan daripada bekerja 9 - 5. Ingat juga:

Kesuksesan adalah milik mereka yang berusaha.

BACA JUGA


Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sehabis Lulus Kuliah. Kamu yang Sarjana Muda, Wajib Baca Ini!

Hal-Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sehabis Lulus Kuliah. Kamu yang Sarjana Muda, Wajib Baca Ini!

Dengan segala kerumitan skripsi yang kamu hadapi, akhirnya kamu bisa memakai toga di hari kelulusanmu nanti. Euforia kebahagiaan masih ...

Read more..

Jadi, itu adalah tips agar menjadi tenaga lepas alias freelance yang sukses - apapun bidang yang kamu pilih untuk tekuni. Kamu ada tips lainnya? Share yuk di kolom komentar!




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Tips Sukses Jadi Freelancer. Baca Ini dan Lakukan! Kamu Akan Jadi Freelancer yang Kamu Impikan". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Febriyan Lukito | @febriyanlukito

Blogger Indonesia, content writer and life learning blogs: febriyanlukito.com - tulisanbloggerindonesia.com - tempatnongkrongseru.com - pikiranrandom.com

Silahkan login untuk memberi komentar