T.O.P dan Para K-Pop Idol Sedang Wamil,  Inilah 7 Larangan Para Peserta Wajib Militer di Korea! Sudah Tahu Belum?

T.O.P dan Para K-Pop Idol Sedang Wamil, Inilah 7 Larangan Para Peserta Wajib Militer di Korea! Sudah Tahu Belum?

6.2K
Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu kewahjiban yang harus dipenuhi para remaja laki-laki di Korea Selatan adalah melaksanakan wajib militer atau wamil. Sahabat Trivia sudah tahu fakta apa saja tentang wamil di Korea Selatan?

Korea selatan merupakan salah satu negara yang memiliki tradisi wajib militer bagi para laki-lai berusia 20-30 tahun. Wajib militer di Korea Selatan sendiri bertujuan untuk mempersiapkan para pemuda Korea dengan teknik dasar militer sehingga suatu saat dibutuhkan jika terjadi serangan dari negara lain dan militer Korea kekurangan pasukan, para pemuda ini bisa dengan gagah bergabung dengan pasukan militer untuk membela negaranya. Wajib militer di Korea Selatan ini sendiri dijalankan, mengingat hubungan Korea Selatan dengan negara tetangganya, Korea Utara.

Bicara soal wajib militer, banyak juga selebriti Korea yang akhirnya tahun ini berkesempatan untuk melaksakan wajib militer. Seperti salah satunya T.O.P BingBang yang belum lama ini kabarnya terancam mendapatkan penalti karena mendapat kiriman makanan dari sang penggemar. Hal ini diungkapkan oleh sang kakak yang memohon kepada para fans T.O.P untuk tidak mengirimkan bingkisan atau makanan ke Byukjae, markas militernya kali ini. Agar sang adik tidak dikenakan penalti dari tempatnya melaksanakan wamil.

Tentu saja ada ketentuan-ketentuan yang mesti dijalankan dalam mengikuti program wajib militer di Korea Selatan. Tidak hanya dilarang membawakan makanan ke markas pelatihan para militer, berikut ini hal-hal lainnya yang tidak boleh dilakukan ketika sedang menjalani wajib militer.


1. Dilarang berkencan saat sedang menjalani wajib militer

photo credit: Bintang

Tentu saja berkencan sangat dilarang keras. Jangankan berkencan, bersentuhan dengan kehidupan di luar markas militer saja tidak di perbolehkan. Hal inilah yang dilakukan oleh aktor ganteng Rain saat melaksanakan wajib militernya. Ia nekat berkencan dengan Kim Tae Hee saat jam dinas tanpa menggunakan seragam militernya. Karena itulah Rain terancam menunda wamilnya. Namun, akhirnya Rain hanya diberi hukuman wajib menetap di barak militernya selama seminggu.


2. Harus terputus dengan dunia luar

Menjalani pelatihan militer membuat para pemuda yang terdaftar menjadi angotanya harus rela terputus dari dunia luar. Tidak boleh berhubungan dengan sanak saudara, teman, kekasih sampai kewajibannya menjalani pelatihan wamil terpenuhi. Maka tidak heran jika banyak dari pemuda Korea Selatan yang melakukan berbagai cara agar terhindar dari kewajibannya untuk melaksanakan wamil.


3. Sanksi penjara bagi mereka yang sengaja menghindar dari wajib militer

photo credit: Trivia

Salah satu sanksi yang akan didapatkan bagi pemuda Korea yang menghindar dari wamil dengan alasan yang dibuat-buat adalah hukuman penjara. Seperti yang dialami oleh MC. Mong yang nekat menyewa dokter gigi untuk mencabut dua giginya guna menunda kewajibannya. Akhirnya MC Mong dituntut 6 bulan penjara, masa percobaan satu tahun dan kerja sosial selama 120 jam. Karena kecerobohannya ini, karier MC. Mong juga terancam hancur.


4. Pada markas tertentu, tidak diperbolehkan untuk mengirimkan makanan kepada peserta wajib militer

photo credit: ShowBiz Liputan6

Inilah yang dialami oleh salah satu member BigBang yang saat ini sedang menjalani wajib militernya. T.O.P BigBang terancam mendapatkan sanksi penalti dari markas militer karena mendapatkan kiriman makanan dari seorang fans. Hal ini diutarakan oleh kakak T.O.P dalam akun instagramnya.

Ia mengutarakan permohonannya berdasarkan permintaan T.O.P bahwa saat ini adiknya telah menyelesaikan pelatihannya di Nonsan dan kini tengah berada di Byukjae untuk latihan tahap kedua. T.O.P menyampaikan kepada sang kakak, bahwa pusat pelatihan di Byukjae melarang pengiriman makanan, jadi jika dia mendapatkan kiriman, dia akan dihukum. Jadi fans T.O.P diharapkan benar-benar tidak bisa mengirim makanan atau apa pun, karena adiknya akan mendapatkan masalah jika dia dihukum.

Tidak lupa juga sang kakak mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para penggemar karena masih peduli terhadap T.O.P.


5. Tidak boleh memiliki tato dengan ukuran yang besar atau banyak

photo credit: By FT. Art - blogger

Negri gingseng, Korea Selatan memang tidak melarang para warganya untuk memiliki tato di tubuh mereka. Namun, jika para pemuda ini memiliki tato dalam ukuran yang besar atau dalam jumlah yang banyak. Mereka tidak diperbolehkan untuk mengikuti pelatihan wajib militer. Karena, seseorang yang memiliki tato banyak atau ukurannya besar, dianggap sebagai seorang kriminal. Dan kriminal tidak diperbolehkan melakukan wajib militer.


6. Bebohong agar digugurkan dari peserta wajib militer

photo credit: Duniaku Network

Banyak pemuda yang nyatanya tidak kuat menjalani pelatihan wajib militer yang begitu ketat. Sehingga mereka dengan nekat melakukan kebohongan atau melakukan pernyataan palsu seputar kesehatannya dan lain sebagainya.

Seperti yang dilakukan oleh Song Seungheon. Demi terhindar dari kewajibannya untuk melakukan wamil, ia nekat mengubah atau memalsukan hasil tes kesehatannya. Hasil tes kesehatan Song Seungheon menunjukan bahwa ia menderita penyakit diabetes dan darah tinggi.

Namun, pemerintah mengetahui pemalsuan tersebut, akhirnya Song Seungheon meminta maaf dan tetap menjalani wajib militernya pada 2006 lalu.


7. Gugur tes ujian sebelum wajib militer

photo credit: Life Viva

Untuk mengikuti pelatihan wajib militer, tentu saja ada tes yang harus dilakukan. Mulai tes secara tertulis hingga tes kesehatan. Mereka yang berhasil melewati tes tersebut, akan diperbolehkan untuk menjalankan kewajiban mereka sebagai warga negara yang baik, yaitu menjalani wamil dengan disiplin. Namun, mereka yang tidak lolos dalam tes, terpaksa harus menundanya.

BACA JUGA


Lee Min Ho dan 6 Aktor Korea Tampan Ini Akan Wamil di Tahun 2017.  Siap-Siap Histeris Yah Fans Oppa!

Lee Min Ho dan 6 Aktor Korea Tampan Ini Akan Wamil di Tahun 2017. Siap-Siap Histeris Yah Fans Oppa!

Setiap tahunnya pasti akan ada aktor Korea yang berangkat wamil. Tahun 2017 ini giliran siapa ya

Read more..

Meskipun program wajib militer ini memang menjadi salah satu hal yang bagi beberapa orang akan menjadi beban, namun para selebriti Korea Selatan ini akhirnya bisa menjalani wajib militer mereka dengan baik, bahkan banyak yang mendapat predikat anggota wajib militer terbaik.




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "T.O.P dan Para K-Pop Idol Sedang Wamil, Inilah 7 Larangan Para Peserta Wajib Militer di Korea! Sudah Tahu Belum?". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week