Traveling pada Malam Hari dan Berburu Foto Milky Way? Berikut Tips yang Dapat Kamu Gunakan untuk Mendapat Foto yang Sempurna

Traveling pada Malam Hari dan Berburu Foto Milky Way? Berikut Tips yang Dapat Kamu Gunakan untuk Mendapat Foto yang Sempurna

1K
Kini kamu pun dapat mengabadikan pemandangan milky way yang tak kalah keren!

Traveling malam hari adalah suatu kegiatan yang anti-mainstream. Tapi, kegiatan ini cukup jarang dilakukan oleh kebanyakan orang. Apakah kalian pernah berpikir tentang traveling malam hari dan melihat bintang-bintang di angkasa sekaligus mengabadikannya? Pemandangan tersebut adalah galaksi bimasakti atau yang dikenal dengan milky way. Milky way yang terbelah di angkasa tersebut dapat dilihat oleh mata maupun bidikan kamera. Nah, kini Trivia akan memberi kamu tips cara menikmati milky way tersebut sekaligus cara mengabadikannya.


1. Timing yang pas

we heart it

Hal yang perlu kamu ketahui sebelum mencari milky way adalah menentukan waktu yang tepat. Tentukan waktu sekitar bulan Maret-Agustus karena galaksi tepat berada di atas angkasa. Nah, apabila kamu mengambil waktu sekitar bulan September-Februari, galaksi akan tepat berada dibawah garis horison bumi sehingga sangat sulit dilihat.


2. Tempat yang tepat

eventdeals

Nah, selain timing yang tepat, kamu juga harus menentukan tempat yang tepat untuk melihat dan mengabadikan milky way tersebut. Kamu harus mencari dataran tinggi seperti gunung atau bahkan dataran rendah seperti pantai karena kedua tempat tersebut sangat minim polusi cahaya. Polusi cahaya merupakan fenomena cahaya dari bumi disebabkan karena lampu-lampu pemukiman warga kemudian memantul ke angkasa yang menyebabkan visibilitas terganggu ketika melihat milky way.


3. Cuaca yang cerah

entertainment

Kecerahan langit adahal hal yang sangat krusial dalam hal ini. Kamu pasti akan merasa kecewa karena cuaca mendung atau bahkan hujan dan langit tertutup awan tebal. Milky way hanya dapat disaksikan pada kondisi cuaca cerah tanpa awan sedikit pun.


4. Alat yang disiapkan

shotkit

Nah, tidak lengkap rasanya jika kamu melewatkan momen tersebut tanpa mengabadikannya. Alat yang perlu kamu siapkan adalah kamera DSLR, tidak harus DSLR tetapi bisa juga dengan kamera digital yang dapat dikonfigurasi secara manual. Lalu, kalian dapat menggunakan lensa wide untuk hasil yang lebih maksimal dan mendapatkan sudut pandang yang luas. Jangan lupa siapkan tripod agar kamera tidak shake saat pengambilan gambar karena kamera akan mengedipkan rana atau shutter selama kurang lebih 30 detik.


5. Cara memotret yang tepat

digital-photography-school

Apabila kamu ingin mendapatkan hasil yang jernih dan tampak jelas, perhitungkanlah komposisi fotografi yang pas. Lalu, setting kamera dalam shutterspeed paling lambat sekitar 30 detik. Atur bukaan lensa sebesar mungkin kalian bisa menggunakan bukaan f 2.8. Tripod juga harus kokoh supaya hasil jepretan tetap terlihat tajam karena tidak ada shaky pada kamera. Hal terpenting adalah gunakan ISO paling tinggi pada kamera misal 3200 atau 6400 untuk menyesuaikan kondisi cahaya setempat.


6. Proses editing


Proses editing cukup mudah. Kamu dapat menggunakan software Adobe Photoshop untuk menghilangkan grain atau noise yang terdaat pada foto ketika dijepret menggunankan ISO yang tinggi.


7. Tips spesial

exposure guide

Nah, setelah membaca beberapa tips di atas tentunya ada tips yang tidak dapat kalian lewatkan satu ini untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Gunakan kamera yang mampu meng-handle ISO atau kepekaan cahaya yang tinggi seperti Sony a7s atau Canon 5D Mark IV. Dengan kamera tersebut apabila kalian menggunakan ISO setinggi mungkin dan noise yang dihasilkan sangat minim sehingga menghasilkan foto milky way yang sempurna dan eye-catching.

BACA JUGA


5 Handphone Murah Ini Punya Kameranya Kece Banget. Sahabat Trivia Berminat?

5 Handphone Murah Ini Punya Kameranya Kece Banget. Sahabat Trivia Berminat?

5 handphone murah yang bakal menandingi kamera iPhone. Mau ganti gadget? Simak artikel berikut ini

Read more..

Semoga tips tadi berguna banget buat kamu yang ingin melihat milky way secara langsung dan mengabadikannya. Selamat mencoba!





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Traveling pada Malam Hari dan Berburu Foto Milky Way? Berikut Tips yang Dapat Kamu Gunakan untuk Mendapat Foto yang Sempurna". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Zaky Faz | @zakyfaz

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week