UN dan USBN Bikin Kamu Cemas? Tenang, Coba 7 Tips Ampuh Ini Biar Sukses Menghadapi Ujian!

Photo Credit: Infokampus

UN dan USBN Bikin Kamu Cemas? Tenang, Coba 7 Tips Ampuh Ini Biar Sukses Menghadapi Ujian!

1.8K
Setelah sempat tejadi pro dan kontra diadakan atau tidaknyanya UN, akhirnya pemerintah memutuskan untuk tetap mengadakan UN ditambah dengan USBN. Sudah siapkah Sahabat Trivia menjalani UN dan USBN?

Wah, saat ini sedang bulan-bulannya ujian nih bagi Sahabat Trivia yang masih duduk di bangku sekolah. Setelah sempat terjadi pro dan kontra soal diadakan atau tidak diadakannya Ujian Nasional, akhirnya, pemerintah memutuskan untuk tetap mengadakan Ujian Nasional atau UN. Eits, tapi tenang saja Sahabat Trivia, UN saat ini tidak lagi menjadi standar mutlak untuk kamu bisa lulus dari sekolah.

Seiring berjalannya waktu dan seiring berkembangnya teknologi, kini banyak lembaga pendidikan atau sekolah yang sudah menerapkan ujian dengan menggunakan komputer alias, UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer). Meski pemerintah sudah mencoba memanfaatkan kecanggihan teknologi saat ini, rasanya ujian dengan metode seperti ini perlu adanya perbaikan. Karena belum semua sekolah memiliki komputer, dan meski sudah memiliki komputer, jumlah komputer dibandingkan dengan siswanya masih sangat jauh perbadingannya, yakni 1:3. Tentu saja pemerintah harus lebih memperhatikan hal ini.

Selain itu, Sahabat Trivia juga pasti sudah tahu bahwa yang akan kamu hadapi bukan hanya UN, tapi juga USBN. Apasih USBN? USBN atau Ujian Sekolah Berstandar Nasional adalah ujian sekolah dengan mutu yang lebih baik alias berstandar nasional. Tentu saja USBN sistemnya agak berbeda dengan UN, mata pelajaran yang akan diujikan pun berbeda, diantaranya,


Untuk SMA, mata pelajaran ini yang akan diujikan

Photo Credit: youthmanual

Untuk SMK, mata pelajaran ini yang akan diujikan

Photo Credit: youthmanual

USBN sendiri akan diadakan pada bulan April 2017, dan soal yang diujikan juga beragam, ada essay ada juga pilihan ganda. Nah, Sahabat Trivia sudah siap belum menghadapi UN dan USBN yang sebentar lagi akan berlangsung ini? Agar persiapan UN dan USBN kamu semakin mantap, simak yuk, 7 tips anti mainstream hadapi UN dan USBN berikut ini.


1. Pelajari kisi-kisi UN 2017

Photo Credit: Youthmanual

Pelajari kisi-kisi yang direkomendasikan oleh guru kamu atau buku dan media mana saja yang menyediakan kisi-kisi tentang soal-soal yang akan diujikan di UN dan USBN. Dengan mencoba menyelesaikan soal kisi-kisi, kamu pasti akan mendapatkan gambaran soal apa yang bisa jadi akan keluar di ujian nanti. Jika merasa kesulitan dalam menyelesaikannya, jangan ragu untuk bertanya kepada guru dan jangan lupa juga untuk mengulangnya kembali. Hal pertama ini mungkin masih terbilang mainstream, namun sangat ampuh untuk menyegarkan otak guna menghadapi UN dan USBN loh!


2. Buat catatan semenarik mungkin agar kamu semangat membacanya

Photo Credit: MindMeister

Saat belajar, pastinya kamu mencatat materi yang sedang diutarakan oleh sang guru. Nah, untuk menyegarkan kembali pengetahuan kamu tentang pelajaran yang kamu catat, pastinya kamu berkewajiban untuk membaca ulang catatan kamu bukan? Salah satu trik agar kamu bisa semangat membuka kembali catatan kamu adalah dengan membuat catatan itu di tulis semenarik mungkin. Istilah ini juga biasa di sebut dengan mind mapping. Metode belajar mind mapping adalah dengan mencatat seunik dan sekreatif mungkin seperti diagram dengan memetakan pelajaran yang paling mudah kamu mengerti dan pahami.

Misalnya, saat kamu ingin belajar tentang rumus suatu bangun ruang. Kamu bisa menggambar bangun ruang di sebuah kertas, kemudian kamu bisa menarik beberapa garis untuk menuliskan rumus-rumus bangun ruang tersebut pada ujung garis-garis tersebut.

Kamu bisa lakukan hal ini pada semua mata pelajaran kok, sehingga kamu bisa dengan mudah menyerap seluruh peajaran yang akan diujian nanti.


3. Belajar bersama teman seperti bermain kuis

Photo Credit: Infokampus

Metode belajar seperti ini akan sangat seru jika kita dengan serius melakukannya. Mungkin terkadang saat berkumpul bersama teman-teman, niat belajar akan berubah menjadi berbincang-bincang atau bergodip soal cowok paling ganteng di kelas. Nah, tetapkan niatmu terlebih dahulu untuk benar-benar belajar ya, Sahabat Trivia. Lalu, bagaimana sih metode belajar seperti bermain kuis bersama teman ini?

Kamu bisa merangkum kira-kira materi apa yang akan muncul di ujian pada satu mata pelajaran tertentu, kemudian kalian bisa saling bertanya dan menjawab. Jika kamu atau teman kamu berhasil menjawab soal yang ditanyakan, beri ia hadiah, namun jika kamu atau temanmu kurang tepat dalam menjawab soal, kamu dan teman kamu bisa saling memberi hukuman. Cara ini cukup efektif agar kamu bisa mengingat soal dan jawabannya. Selain itu, belajar seperti ini juga sangat seru loh, Sahabat Trivia.


4. Mencatat materi di kertas kecil

Photo Credit: Life

Salah satu tips belajar yang praktis adalah dengan mencatat poin-poin materi ujian ke selembar kertas kecil yang bisa kamu bawa kemana-mana. tidak perlu terlalu banyak catatan, kamu bisa menuliskan poin-poin penting saja. Dengan begitu, kapan pun dan di mana pun kamu berada, kamu bisa tetap belajar melalui kertas-kertas ini. Eits, tapi jangan sampai kamu bawa saat ujian ya, bisa-bisa kamu didiskualifikasi dari peserta ujian.


5. Belajar melalui online

Photo Credit: Business Infotech

Beberapa orang mungkin malas untuk mengikuti bimbingan belajar di suatu lembaga tertentu. Cara mengatasi agar kamu tetap mendapatkan ilmu tambahan meski tidak mendapatkan bimbingan belajar lebih dari suatu lembaga yang menawarkan jasa tersebut, mungkin dengan belajar online. Untuk bisa belajar dengan metode seperti ini, yang kita perlukan adalah koneksi internet. Jadi, kapan saja dan di mana saja kita bisa belajar dan mengakses materi ujian melalui situs belajar online yang tersedia deh. Tidak perlu repot membawa banyak buku untuk bisa tetap belajar meski sedang berada jauh dari rumah.


6. Selain belajar, tentu saja kamu harus menjaga kondisi kesehatanmu agar tetap fit saat menghadapi ujian

Photo Credit: Klikdokter

Jadikan belajar dan beristirahat sebuah kegiatan yang saling berkesinambungan. Gunanya adalah, agar ketika datang hari ketika kamu harus menghadapi ujian, kondisi tubuh kamu akan fit alias tidak lemas bahkan sakit. Cara menjaga kondisi tubuh agar bisa fit saat menghadapi ujian adalah dengan beristirahat yang cukup, berolahraga dan menjaga asupan makanan yang sehat. Hal ini penting loh, Sahabat Trivia. Jangan sampai, kita keasyikan belajar dan menguras seluruh energi kita yang akhirnya membuat kita jatuh sakit. Wah, bisa berbaya loh.


7. Pastikan alat tempur ujian kamu sudah siap sedia saat hari ujian tiba

Photo Credit: greenbooks

Akan sangat merepotkan jika alat tempur ujian kamu ketinggalan atau kurang satu saja. Karena, biasanya sang pengawas tidak akan mengizinkan kamu untuk meminjam alat tulis dari teman kamu. Jadi, pastikan kamu sudah memiliki kelengkapan alat tempur dan jangan lupa membawanya saat ujian.

BACA JUGA


Pendaftaran SNMPTN 2017 Dimulai. Berikut Tips Sukses Menghadapi dan Lulus SNMPTN yang Harus Kamu Coba

Pendaftaran SNMPTN 2017 Dimulai. Berikut Tips Sukses Menghadapi dan Lulus SNMPTN yang Harus Kamu Coba

Tinggat kesulitan soal SNMPTN bisa dibilang 2-3 kali lipat dari soal unas. Jadi, buat kamu yang mau mengikuti pendaftaran SNMPTN, biar lulus ...

Read more..

Selamat menjalankan ujian ya, Sahabat Trivia. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan konsentrasi serta yang paling penting adalah berdoa. Semoga tip ini bisa bermanfaat untuk kamu ya. Selamat dan semangat menjalani UN dan USBN nanti ya, Sahabat Trivia. Oh iya, kalau kamu punya tips lain agar ujian bisa berjalan lancar selain yang ada di atas, boleh dong berbagi dengan kita.





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "UN dan USBN Bikin Kamu Cemas? Tenang, Coba 7 Tips Ampuh Ini Biar Sukses Menghadapi Ujian!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week