Untuk Indonesiaku, Saya Percaya Kita Semua Masih Bisa Kembali Akur Seperti Dulu

photo credit: asiancorrespondent

Untuk Indonesiaku, Saya Percaya Kita Semua Masih Bisa Kembali Akur Seperti Dulu

338
Saya tidak akan memungkiri bahwa banyak sekali yang ingin memilikimu dan ada yang memilih berpisah denganmu. Banyak yang ingin menghancurkanmu dari dalam, terutama lewat isu-isu jahat untuk memecah-belah anak bangsa.

Dear Indonesia,

Banyak cerita yang ingin saya kisahkan padamu. Banyak juga kisahmu yang ingin saya ceritakan pada dunia. Namun, terlalu banyak peristiwa tidak enak yang terjadi akhir-akhir ini. Bahkan, banyak yang dipelintir sedemikian rupa sehingga terlalu penuh dengan sensasi.


Isu-isu yang membuat Indonesia terbelah

photo credit: huffingtonpost

Saya tidak akan memungkiri bahwa banyak sekali yang ingin memilikimu dan ada yang memilih berpisah denganmu. Banyak yang ingin menghancurkanmu dari dalam, terutama lewat isu-isu jahat untuk memecah-belah anak bangsa. Media sosial seolah dijadikan media untuk saling perang. Tidak heran jika kali ini saya sangat muak membaca semua yang ada di media sosial.


Perlahan berubah untuk Indonesia lebih baik

photo credit: bbc

Meskipun mungkin peran saya kecil, saya harus menjadi salah satu yang berusaha memperbaiki citramu yang sudah lama kepalang rusak di mata dunia. Ya, citramu yang rusak oleh korupsi, ketidakadilan, dan masih banyaknya kasus-kasus kekerasan yang menimpa mereka yang tidak berdaya.

Ada yang bilang kalau budaya susah berubah. Tapi, bukankah manusia sebagai pencipta budaya itu sendiri selalu punya pilihan? Bisa kan, kita tetap kekeluargaan tanpa saling menyepelekan? Bisa juga kok, kita berdebat tanpa perlu saling menghujat. Kita juga bisa saling peduli tanpa harus selalu ikut campur urusan pribadi. Tidak perlu saling menghina agama yang dianut atau ras yang menjadi bagian dari diri masing-masing. Tidak perlu merasa selalu paling benar dan bahkan memaksakan kebenaran itu sendiri kepada orang lain, apalagi dengan menggunakan kekerasan.


Mari kembali bersatu kembali di tengah banyak perbedaan

photo credit: kompasiana

Meski terdengar naif, saya percaya kita semua masih bisa kembali akur lagi seperti dulu. Kita sama-sama pernah merasakan indahnya hidup saling berdampingan dengan perbedaan yang ada. Momen idul fitri sudah selayaknya menjadi waktu yang tepat buat kita kembali memulai segalanya menjadi lebih baik.

BACA JUGA


Potret Salat Idul Fitri 1438 H. Melihat Indahnya Toleransi dan Kebersamaan Warga Indonesia Saat Hari Raya Ini Hati Jadi Adem

Potret Salat Idul Fitri 1438 H. Melihat Indahnya Toleransi dan Kebersamaan Warga Indonesia Saat Hari Raya Ini Hati Jadi Adem

Sejumlah gereja yang terletak berdekatan dengan masjid mengundurkan atau meniadakan jadwal ibadah pagi mereka demi kelancaran salat Id. ...

Read more..

Saya percaya bahwa Indonesia akan kembali seperti sedia kala. Saya yakin kedamaian dan kekeluargaan tetap akan melingkupi negara tercinta ini. Damailah, Indonesiaku!

#30DayWritingChallenge




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Untuk Indonesiaku, Saya Percaya Kita Semua Masih Bisa Kembali Akur Seperti Dulu". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Ruby Astari | @rubyastari

Penulis "Reva's Tale" terbitan Ice Cube Publisher, pengajar Bahasa Inggris, penerjemah lepas, dan penulis lepas di beberapa media lain. Blog pribadinya: ruangbenakruby.com

Silahkan login untuk memberi komentar

CREATE ARTICLE

Hey awesome, Join our TRIVIA community
"create articles and get the fans "

Most Views of This Week