Untuk Kamu yang Masih Berusaha Mengobati Patah Hati

Untuk Kamu yang Masih Berusaha Mengobati Patah Hati

237K
Banyak orang melaluinya dengan berhasil dan justru menemukan hidup yang lebih baik. Berikut beberapa kisah beberapa orang yang pernah merasakan patah hati yang begitu mendalam, tetapi mereka berhasil melaluinya dan justru menghasilkan sesuatu yang positif dalam hidupnya.

Sebagian orang yang pernah merasakan jatuh cinta atau mencintai pastilah pernah mengalami patah hati. Patah hati bisa terjadi karena beberapa hal. Beberapa di antaranya adalah dikhianati, ditinggalkan, atau pun bertepuk sebelah tangan. Patah hati merupakan kondisi yang wajar dirasakan bila kita merasa kehingan seseorang yang sangat kita cintai atau pun berharga dalam hidup kita. Tetapi, rasa sakit itu sebaiknya jangan terlalu dipelihara. Terlalu menyimpan rasa sakit dalam diri dapat menimbulkan efek negatif dalam diri kita. Banyak orang melaluinya dengan berhasil dan justru menemukan hidup yang lebih baik. Berikut beberapa kisah beberapa orang yang pernah merasakan patah hati yang begitu mendalam, tetapi mereka berhasil melaluinya dan justru menghasilkan sesuatu yang positif dalam hidupnya.


1. Karaoke


Gambar diambil dari femina.in


Pengalaman saya dan teman-teman, karaoke menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk melepas gundah. Banyak yang sependapat jika karaoke itu terdiri dari 99% curhat dan 1%nya benar-benar menyanyi. Melalui lagu yang sesuai dengan perasaan hati dianggap ampuh menyalurkan gundah yang sedang menerpa hati. Perasaan puas setelah selesai menyanyi dianggap serupa dengan mengungkapkan perasaan hati melalui curahan hati ke orang lain.


2. Berkumpul Bersama Sahabat


Gambar diambil dari purwadi.com


Saya dan teman-teman percaya bahwa melalui perasaan patah hati seorang diri sangatlah berbahaya. Ketika sendiri, perasaan sedih justru makin terpelihara. Kamu pun bisa jadi merasa sedih karena merasa sendiri dan tak ada yang peduli atau menyayangi. Berkumpul bersama sahabat atau pun orang-orang tersayang sangat efektif untuk menghibur lara. Selain kamu bisa mencurahkan isi hati, perhatian dari mereka dan kebersamaan bersama mereka bisa membuat penghiburan bagi dirimu bahwa kamu masih memiliki orang-orang yang menyayangimu.


3. Melakukan Perjalanan



Gambar diambil dari oprah.com


Banyak orang memilih melakukan perjalanan ketika patah hati untuk menemukan penghiburan dan makna baru akan kehidupan. Elizabeth Gilbert, penulis buku Eat, Pray, Love melakukan perjalanan ke Italia, India, dan Indonesia untuk menemukan penghiburan, kebahagiaan, dan mencari makna lain tentang kahidupan. Dari perjalanannya ke banyak tempat di negara-negara tersebut, dia mampu bertemu banyak orang baru, belajar, dan menemukan makna baru bagi kehidupannya. Yang dia rangkum dalam tiga kata. Eat, pray, love.


4. Menulis



Gambar diambil dari ciputranews.com


Ilmu psikologi pun percaya bahwa menulis merupakan salah satu terapi jiwa. Sudah banyak orang yang membuktikannya dan berhasil melalui masa-masa kehilangan dengan menuliskannya. Beberapa di antara mereka yang berhasil melaluinya dengan menulis adalah B.J. Habibie dan J.K. Rowling. Di masa pasca meninggalnya Ainun Habibie, B.J. Habibie merasa seperti kehilangan jiwanya. Beliau sangat terpuruk. Dokternya pun memberinya pilihan untuk dirawat di rumah sakit atau melakukan terapi dengan menulis. Beliau pun memilih untuk menulis. Beliau menulis kisah awal bertemunya mereka sampai meninggalnya Ainun. Tulisan-tulisannya pun dijadikannya buku yang menjadi karya yang banyak dibicarakan orang pada saat itu, Ainun dan Habibie.

J.K. Rowling pun terinspirasi untuk menuliskan tokoh Harry Potter karena latar belakang kehilangan yang besar akan ibu tercintanya. Tokoh Harry Potter pun diciptakan kehilangan orang tuanya dan dengan mudah dia melukiskannya melalui tulisan karena dia tahu betul rasanya kehilangan seseorang yang begitu dicintainya.

Mereka tak hanya berhasil melalui masa-masa sulit pasca kehilangan, karya mereka pun menjadi inspirasi bagi orang lain.


5. Menciptakan Karya


Gambar diambil dari warningmagz.com


Selain tulisan, menciptakan lagu pun menjadi pilihan yang banyak dilakukan oleh orang-orang yang memiliki ketertarikan di bidang musik. Sebut saja Glenn Fredly, Anang Hermansyah, dan Adele. Seperti lagu ‘Someone Like You’ milik Adele, dan banyak lagu-lagu patah hati ciptaan Glenn dan Anang yang terinspirasi dari kisah hidup mereka sendiri. Ketika rasa patah hati melanda, banyak inspirasi yang datang dan mampu memberikan energi tersendiri bagi penciptanya untuk menghasilkan karya yang benar-benar dari dalam hati. Penikmat karya mereka pun juga akan merasakannya. Karena ada sebuah ungkapan bahwa karya yang dicipta melalui hati, akan mampu dinikmati dan diterima dari hati pula. Musik yang mereka ciptakan pun begitu banyak disukai dan dinikmati banyak orang. Tentunya, musik merupakan salah satu cara yang baik untuk mengekspresikan perasaan.

Wajar jika kamu merasakan patah hati. Tapi, jangan terlalu lama larut dalam kesedihan. Salurkan rasa itu untuk menghasilkan sesuatu yang positif. Langkahkan kakimu ke depan dan songsonglah hari yang baru.





Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Untuk Kamu yang Masih Berusaha Mengobati Patah Hati". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Resty Amalia | @restyamalia

Writer, Managing Editor of Trivia.id, teacher, reader, learner, Penikmat Seni, enjoy music, love Jazz, photography, cooking, traveling and day-dreaming. My blog: restyamalia.com

Silahkan login untuk memberi komentar