Urban Legend Bandung Ini Terkenal Banget Lho. Siapkan Keberanian Sebelum Membacanya Ya!

photo credit: Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Urban Legend Bandung Ini Terkenal Banget Lho. Siapkan Keberanian Sebelum Membacanya Ya!

5.1K
Setiap kota pastilah memiliki urban legend tersendiri. Begitupun dengan kota Bandung yang dikenal dengan orang-orangnya yang sangat ramah. Siap-siap merinding bacanya ya.

Kisah mistis pasti dimiliki oleh siapa saja. Tidak ubahnya kota-kota yang ada di Indonesia bahkan dunia. Setiap kota pastilah memiliki urban legend tersendiri. Begitupun dengan kota Bandung yang terkenal dengan penduduknya yang ramah. Ternyata tidak hanya orang-orangnya saja yang ramah, namun para makhluk astral penghuni kota Bandung ini juga ramah.

Mungkin kamu yang memang keturunan dari kota ini sudah tidak asing lagi dengan kisah-kisah mistis atau tempat-tempat yang memiliki cerita menyeramkan. Namun, bagi kamu yang belum tahu dan sudah dihantui rasa penasaran, berikut ini urban legend Bandung yang terkenal dan bahkan beberapanya pernah dijadikan film loh. Beranikan dirimu sebelum membacanya ya.


1. Jalan Tongkeng (Stadion Siliwangi)

photo credit: feed.merdeka

Stadion Siliwangi merupakan stadion yang sering kali terselenggara pertandingan sepak bola. Pada malam hari, suasana di daerah ini memang terbilang ramai. Namun, pada malam hari suasana seketika akan berubah menjadi angker.

Konon, di malam hari sering kali terlihat penampakan hantu prajurit Belanda tanpa kepala yang sedang menunggang kuda.


2. SMA 3 dan 5 Bandung

photo credit: nyeduhteh

Di Jakarta kita kenal ada destinasi wisata Kota Tua yang mana di daerah tersebut dikelilingi oleh bangunan-bangunan tua peninggalan jajahan Belanda. Nah, kalau di Bandung, salah satu bangunan tua yang terkenal adalah SMA 5 Bandung. Konon katanya, gedung sekolah yang dikenal juga dengan nama Hooge Burgere School ini pernah terjadi kasus bunuh diri.

Sekolah yang terletak di jalan Belitung no.8 ini terdapat 3 jendela yang tidak pernah tertutup.Banyak warga yang percaya kalau kita mengitari bangunan tersebut sebanyak 3 kali, kita akan melihat sosok hantu perempuan Belanda bernama Nancy dari jendela.

Tidak hanya itu, pada malam hari juga sering terdengar bunyi alunan nada dari piano klasik. Padahal tidak ada orang dalam gedung tersebut.


3. Ruang bawah tanah Museum KAA

photo credit: Pemerintah Provinsi Jawa Barat

Ruang bawah tanah memang salah satu lokasi yang digemari oleh makhluk-makhluk halus. Apalagi kalau ruangan itu terasa lembab atau banyak terdapat genangan air. Sama halnya ruang bawah tanah yang terdapat di Museum KAA, Bandung. Konon, pada zaman dahulu, museum ini dikenal sebagai tempat berkumpulnya orang-orang Eropa. Banyak sekali kejadian mistis yang terjadi dalam gedung museum ini. Mulai dari para wisatawan yang mengaku beberapa kali melihat sosok yang misterius, bahkan pernah mengambil foto lalu terdapat sosok astral dalam foto tersebut. Penjaga museum ini juga mengaku kerap kali dikerjai oleh para hantu.


4. Patung H.C. Verbraak di Taman Maluku

photo credit: Serba Bandung

H.C. Verbraak merpakan seorang pastor Belanda yang meninggal karena kecelakaan pesawat. Penduduk setempat percaya bahwa pusata H.C. Verbraak tepat berada di bawah patung dirinya. Dan pada malam hari, patung ini sering kali berubah posisi alias bergerak-gerak.


5. Gedung ITB

photo credit: Institut Teknologi Bandung

Gedung ITB merupakan salah satu bangunan tua yang ada di Bandung. Tidak heran jika banyak sekali kisah mistis yang terjadi di gedung ITB. Terang saja, gedung ITB ini emang dibangun sejak 3 Juli 1920. Para mahasiswa pun mengaku beberapa kali berhadapan atau melihat sosok hantu di sekitar gedung tersebut.


6. Hantu garasi di antara Jalan Dago-Dayang Sumbi

photo credit: Info Kepoo

Jika kamu sempat berkunjung ke Bandung dan melewati antara Jalan Dago dan Jalan Dayang Serambi, mungkin kamu juga melewati rumah tua yang terdapat garasi di sana. Konon, di dalam garasi tersebut tersimpan mobil antik milik mantan orang pertama Indonesia, Soekarno. Bukan mobil antik yang menyeramkan, namun di dalam garasi tersebut kerap terdengar suara anak kecil yang berlarian dan marah jika garasi itu tertutup. Jadi, garasi tersebut tidak pernah ditutup agar sang hantu kecil itu tidak marah-marah lagi.


7. Hantu boneka, di Jalan Babakan Siliwangi

photo credit: Dimensilain

Jalan Babakan Siliwangi ini menjadi angker karena pada tahun 1981 terdapat kecelakaan tragis yang menewaskan anak kecil bernama Uci tepat di depan pohon di Jalan Babakan tersebut. Para warga saat itu berinisiatif meletakan boneka milik korban di atas pohon dengan tujuan membuat arwah si anak bisa tenang. Namun, bukannya tenang, boneka itu justru menjadi media untuk memanggil sang arwah. Maka pada tengah malam, ada warga yan dibuat heran karena boneka di atas pohon tersebut melayang-layang. Gadis yang saat itu masih berumur 2 tahun meninggal karena ditabrak.

BACA JUGA


Wisata Alam Bandung Pilihan yang Wajib Dikunjungi Saat Kamu Berada di Bumi Pasundan Ini

Wisata Alam Bandung Pilihan yang Wajib Dikunjungi Saat Kamu Berada di Bumi Pasundan Ini

Selain coffee shop-nya yang kekinian, banyak juga lho tempat wisata alam di Bandung yang wajib banget kamu jadiin list untuk didatangi saat ...

Read more..

Jalan-jalan ke kota Bandung memang selalu menyenangkan dan selalu ada kesan serta cerita tersendiri bila habis berkunjung ke kota ini. Di samping kisah seru berwisata di kota Bandung, tidak dipungkiri juga kisah mistis di baliknya yang tidak kalah menyita perhatian dan berkesan. Tapi, ngomong-ngomong, Sahabat Trivia berani tidak berkunjung ke 7 lokasi mistis di atas?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Urban Legend Bandung Ini Terkenal Banget Lho. Siapkan Keberanian Sebelum Membacanya Ya!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar