Urban Legend Surabaya Ini Tak Kalah Mengerikan dari Urban Legend yang Ada di Daerah Lainnya. Buat Kamu Nggak Bisa Tidur Semalaman!

Photo credit: Pabrik Padi Ketintang

Urban Legend Surabaya Ini Tak Kalah Mengerikan dari Urban Legend yang Ada di Daerah Lainnya. Buat Kamu Nggak Bisa Tidur Semalaman!

1.7K
Surabaya menjadi salah satu daerah yang tak kalah angker dari daerah lain di Indonesia.

Sesuatu yang terdengar angker atau bernuansa angker memang terkadang dianggap sudah menjadi budaya dari Indonesia. Beberapa daerah bahkan lokasi-lokasi terdekat kita mungkin tidak terlepas dari kisah mistisnya. Beberapa legenda yang memiliki kisah menakutkan atau bisa kita bilang dengan urban legend juga terjadi dan ada di Indonesia. Dan terkadang juga, hal ini justru sudah menjadi kepercayaan tersendiri bagi orang sekitarnya. Kalau kemarin dari ibu kota sudah pernah dibahas soal urban legendnya, kali ini justru datang dari kota Surabaya. Ternyata, sebagai kota besar yang ada di Jawa Timur, Surabaya tidak luput dari kisah mistis yang cukup membuat bulu kuduk kita menjadi berdiri.

Nah, Sahabat Trivia boleh percaya, boleh tidak. Berikut ini ada 7 wilayah angker yang ada di Surabaya. Jangan-jangan, kamu pernah melewati bahkan singgah ke salah satu lokasi ini nih!


1. Rumah Hantu Darmo


Sepertinya jika membahas soal lokasi angker di Surabaya, pasti orang-orang sudah langsung tertuju pada rumah hantu Darmo, sebuah urban legend paling tersohor di Surabaya. Lokasi ini juga biasa disingkat menjadi RHD yang terletak di Jalan Puncak Permai II no. 26, Sukomanunggal, Surabaya. Rumah yang sudah tidak pernah ditinggali selama 10 tahun ini memiliki kisah mistis, yakni kabar kalau sang pemilik rumah pernah memiliki perjanjian dengan ilmu hitam. Kemudian sering kali terdengar suara tangisan di tengah malam, hingga sosok setan yang kerap kali mengganggu warga sekitar.


2. Delta Plaza

Photo credit: Kumpulan Cerita Misterii

Mall yang megah ini ternyata memiliki kisah yang tak disangka-sangka sebelumnya. Pasalnya bangunan mall ini ternyata berdiri di atas bekas Rumah Sakit Sampingan. Pada tahun 90-an, rumah sakit Sampingan ini dikenal dengan legenda suster gepeng. Bahkan hingga kini gedungnya sudah berubah menjadi sebuah mall mewah, kisah si suster gepeng ini pun masih ada loh.


3. Kompleks Tugu Pahlawan

Photo credit: flickr

Arek-arek Surabaya pasti sudah tidak asing lagi dengan lokasi yang memang dianggap memiliki kisah mistis ini. Kisah mistis ini tepatnya datang dari salah satu gedung di sekitar tugu Pahlawan, yakni gedung tua Bank Indonesia, yang mana kerap kali ada sosok pendekar dengan busana khas Madura yang sering kali berkeliling di sekitaran kantor tersebut. Bahkan, pernah juga ada seorang petugas kebersihan yang dikejar-kejar oleh pocong. Berminat untuk uji nyali di sana, Sahabat Trivia?


4. Pantai Kenjeran

Photo credit: kelanakota

Selain sebagai tempat wisata, Pantai Kenjeran merupakan lokasi angker yang tidak asing juga bagi warga sekitarnya. Dianggap memiliki kekuatan mistis karena konon ada sebuah kerajaan ular di sana. Selain itu, Pantai Kenjeran juga dikenal dengan tikungan dari pantai lama menuju arah Nambangan yang dipercaya selalu memakan korban. Bahkan, terdapat data juga yang menyebutkan kalau sedikitnya 1 orang tewas setap tahunnya di sana.


5. Bekas Pabrik Padi Ketintang

Photo credit: Pabrik Padi Ketintang

Pabrik ini merupakan bekas parbik gula yang terkenal angker di Surabaya. Sosok misterius yang ada di lokasi ini kerap kali muncul secara tiba-tiba dan mengagetkan orang yang berada di sana. Bekas pabrik yang berada di kawasan Ketintang ini memang sangat gelap, tidak ada pencahayaan apapun dan masih terdapat mesin-mesin di dalamnya. Di bekas pabrik tersebut juga kerap muncul sosok Noni Belanda yang sepertinya memang penghuni tetap di lokasi tersebut.


6. Kampus ITS

Photo credit: Surabayadaily

Kamu yang saat ini terdaftar sebagai mahasiswa di kampus ITS, mungkin sudah tidak asing lagi dengan jalan kembar yang ada di depan kampus ITS. Konon, jalan ini dipercaya kerap kali muncul sosok kuntilanak pada malam hari sekitar pukul 10 malam. Meski ini jalan tersebut sudah tidak segelap dahulu karena sudah diberi penerangan yang cukup layak, namun kesan dan suasana seram akan kamu rasakan ketika kamu berjalan sendirian di sini. Selain itu, di dalam perpustakaan kampus ini juga konon pernah ada mahasiswa yang bunuh diri dengan cara menggantungkan dirinya.


7. Balai Pemuda

Photo credit: Kekunaan

Salah satu gedung yang dilindungi dan sangat dijaga oleh Pemerintah Kota Surabaya karena merupakan gedung yang bersejarah dan dijadikan sebagai cagar budaya. Letak gedung ini sangatlah strategis karena terletak tepat di jantung kota Surabaya dan menyimpan segudang sejarah tentang Arek-arek Surabaya. Kisah mistis ini datang dari sebuah pohon beringin yang kini sudah ditebang di samping balai kota. Tidak hanya itu, di dalam gedung sendiri juga sering kali terdengar suara alunan musik tradisional pada malam hari.

Makhluk gaib memang bisa berada di mana saja. Bisa jadi, ruangan yang kini kamu tempati juga terdapat makhluk gaib yang menemani kamu. Jadi, Sahabat Trivia pernah mampir ke salah satu tempat angker yang ada di atas nggak? Atau adakah tempat terangker di Surabaya yang kamu tahu selain 7 tempat di atas tadi?




Write for Us!

Kamu baru saja membaca artikel "Urban Legend Surabaya Ini Tak Kalah Mengerikan dari Urban Legend yang Ada di Daerah Lainnya. Buat Kamu Nggak Bisa Tidur Semalaman!". Kamu punya cerita yang ingin dibagikan juga?

Tulis ceritamu di sini !


Rezita Rani | @rezitarani

Silahkan login untuk memberi komentar